Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.836 views

Referendum Jawa Barat

Oleh: M Rizal Fadillah (Pemerhati Politik tinggal di Bandung)

Judul ini hanya menggambarkan betapa skeptisnya masalah Papua ditangani. Papua yang menjadi "mainan politik" hanya untuk berebut sejumput kekuasaan. Ketika manuver kepentingan pendek dilakukan maka kepentingan panjang akan menangkapnya.

Kerusuhan Papua seperti skim politik kerusuhan lain yang "dimainkan" semakin menggelinding serius dan dapat "out of control". Referendum pemisahan menjadi semakin besar gaungnya.

Mengingat di Papua kepentingan asing ikut menentukan, maka gerakan kemandirian akan meminta dukungan internasional. PBB pun ikut berbicara dan sangat mungkin "menekan Indonesia".

Nah jika referendum Papua diberikan sudah bisa dipastikan rakyat Papua akan lebih senang melepaskan diri dari Republik Indonesia. Emosi politik kekinian sangat mendukung untuk berpisahnya Papua dari Indonesia.

Kebijakan lemah yang didukung kewibawaan Presiden yang juga lemah mempercepat pencapaian tujuan. "Saya Pancasila saya Indonesia" lebih pada pernyataan daripada kemauan dan kemampuan. Kesibukan memikirkan "proyek" bisa melepas bagian dari negara. Proyek yang juga tidak jelas untuk kesejahteraan rakyat atau untuk keuntungan diri dan golongan. Bukan rahasia jika pada hutang, investasi, proposal proyek, serta penjualan aset itu ada komisi dan celah korupsi. Mentalitas jabatan tidak sejalan dengan pengabdian.

Pemindahan ibukota yang diributkan berbalas pada keributan Papua. Ada sinisme pindah saja ibu kota ke Papua atau Beijing sekalian. Memang Jokowi dinilai sebagai Presiden dengan kebijakan yang tidak ajeg dan "semau maunya". Keributan Papua ditangani dengan "semau maunya" karena jangan jangan itu pun adalah bagian dari proyek "semau maunya" juga. Bermain di arena yang berbahaya. NKRI taruhannya. Papua bisa lepas dengan mekanisme Referendum

Efek domino akan terjadi. Aceh atau Maluku atau lainnya akan mengikuti tuntutan kemandirian. Jawa Barat tidak terkecuali. Pada Propinsi yang Jokowi "dimenangkan" saja bisa terjadi seperti ini, apalagi pada Daerah dimana Jokowi "kalah" yang artinya "tidak dipercaya" apakah itu sebagian besar Sumatera ataukah Jawa Barat dan Banten.

Referendum Jawa Barat akan menjadi agenda respons cepat. Referendum bukan makar atau pemberontakan, tetapi kemauan rasional dan konstitusional dari rakyat dan masyarakat yang ingin berjalan mandiri dengan kepemimpinan yang kuat. Ada kekecewaan fundamental pada langkah atau kebijakan politik yang terjadi.

Apalagi jika dirasakan ada "perampokan" atas kedaulatan rakyat. Rasionalitas dan obyektivitas berdasarkan pertimbangan dan pertanyaan akan lebih maju bersama atau mandiri kah Jawa Barat. Tentu diawali diskursus dan dapat diakhiri dengan tuntutan.

Oleh karena itu, untuk menjaga tetap berada dalam NKRI maka penyikapan soal Papua mesti serius dan jangan jadikan sarana kasus ini untuk maksud "bagi bagi kursi" di Pemerintahan. Rakyat muak melihat permainan yang hanya mementingkan diri, kroni, dan partai semata.

Jangan sampai ada pemikiran jika Papua bisa merdeka, mengapa juga tidak dengan Aceh, Sumatera Barat atau Jawa Barat? Moga Jokowi dan lingkarannya lebih arif dan menjadi negarawan, bukan pemburu dan penikmat kursi.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X