Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
31.734 views

Impor Beras Makin Deras, dimana Pemerintah?

 

Oleh: Putri Ira

Kebijakan Impor beras kembali dilakukan. Pemerintah menilai Impor beras sudah tepat . Upaya ini dalam rangka memastikan ketersediaan cadangan beras. Selain itu, Jumlah Penduduk bertambah 4-4,5 juta setiap tahun.

Pemastian Impor beras telah disampaikan oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Satu juta ton beras akan diimpor dari India, dua juta ton dari Thailand. Impor beras yang akan disusul dengan Panen Raya tentu mesti disikapi dengan solusi yang tepat.

Mengapa Pemerintah lebih suka mengambil langkah Impor?  Sedangkan prediksi produksi beras pada 2024 akan naik sekitar 3-5 % dari tahun sebelumnya. Bukankah petani akan merugi jika kebijakan ini dipaksakan?

Impor menjadi andalan negara yang menerapkan tata kelola sekuler kapitalistik. Impor dianggap solusi pragmatis untuk menyediakan kebutuhan rakyat. Padahal seharusnya Pemerintah harus bertanggung jawab menyediakan kebutuhan rakyat. Apalagi kebutuhan pokok berupa beras.

Kebijakan seperti ini tidak akan terjadi , Jika Islam mengatur urusan umat. Impor boleh saja dilakukan, jika tidak ada solusi lainnya. Pemerintah harus berpikir keras mengatur urusan rakyatnya.

Pemerintah menjamin distribusi kebutuhan beras dari negara sampai ke tangan rakyat. Rakyat mendapatkannya dengan harga yang terjangkau. Tanpa ada permainan dari agen/tengkulak. Pemerintah mengatur secara langsung distribusi beras karena fungsi negara sebagai pengatur urusan rakyat.

Selain itu, Pemerintah mesti memastikan petani mendapatkan sarana produksi yang memadai  untuk menanam beras. Mulai dari pemberian lahan, bibit, pupuk, dan pestisida. Hingga mesin produksi . Jika memungkinkan negara akan memberikan secara gratis. Itu semua dilakukan untuk menumbuhkan iklim positif petani menanam beras.

Lahan pertanian akan dimanfaatkan fungsinya untuk produksi. Negara tidak akan mudah mengganti lahan pertanian menjadi lahan perumahan atau lainnya. Jika ada rakyat yang menghidupkan tanah mati, negara akan memberikan pengelolaan tanah bagi yang sanggup mengelola. Tanah tidak dibiarkan menganggur selama lebih dari 3 tahun.

Semua itu dilakukan oleh negara yang memahami kepemimpinan adalah amanah. Amanah dari Allah sebagai pemilik Alam semesta. Sudah selayaknya manusia kembali kepada aturan dari Allah SWT. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X