Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.354 views

Penelitian Terbaru Sebut Antibiotik Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Peradangan Sendi

LONDON (voa-islam.com) - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa antibiotik dapat meningkatkan risiko rheumatoid arthritis dengan mengubah mikrobiota usus.

Sekitar 1,3 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan rheumatoid arthritis (RA), suatu kondisi autoimun yang menyebabkan peradangan sendi.

Para peneliti belum sepenuhnya memahami apa yang mendorong RA, meskipun mereka mencurigai kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Beberapa pemicu potensial untuk RA termasuk perubahan hormon dan paparan terhadap jenis debu atau serat tertentu, serta beberapa infeksi virus atau bakteri.

Lindsay Hall, pemimpin kelompok di Quadram Institute di Norwich Research Park di Inggris, adalah penulis studi yang terakhir dan sesuai, yang muncul dalam jurnal BMC Medicine.

Hall dan tim mulai dari pengamatan bahwa menurut penelitian sebelumnya, menggunakan antibiotik, terutama di masa kanak-kanak, secara signifikan meningkatkan risiko mengembangkan infeksi dan kondisi radang usus.

Studi yang lebih baru menunjukkan bahwa antibiotik juga dapat meningkatkan risiko kondisi autoimun seperti diabetes tipe 1, penyakit hati autoimun, dan rematik idiopatik bagi remaja.

Semua hal di atas menunjukkan bahwa mikrobiota memainkan peran penting dalam perkembangan kondisi peradangan ini. Jadi, Hall dan tim berangkat untuk "menyelidiki hubungan antara resep antibiotik dan timbulnya RA menggunakan dataset besar, berbasis di Inggris".

Memilah-milah data dari Clinical Practice Research Datalink, para peneliti menemukan 22.677 kasus RA, mencocokkannya dengan lebih dari 90.000 kontrol sehat, dan secara klinis mengikuti orang-orang ini selama rata-rata 10 tahun sebelum mereka menerima diagnosis RA.

Analisis mengungkapkan bahwa orang yang telah menerima satu atau lebih resep untuk antibiotik adalah 60% lebih mungkin untuk mengembangkan RA daripada mereka yang tidak menggunakan obat-obatan ini.

Kemungkinan RA lebih tinggi di antara orang-orang yang menggunakan lebih banyak perawatan antibiotik dan mereka yang telah menggunakan antibiotik baru-baru ini.

Jenis infeksi yang orang minum antibiotik juga mempengaruhi kemungkinan mengembangkan RA.

Antibiotik untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas memiliki hubungan yang lebih kuat dengan kasus RA. Namun, tim tidak mengidentifikasi hubungan ini dalam kasus yang tidak diobati, yang menunjukkan bahwa itu adalah antibiotik yang meningkatkan risiko.

"Resep antibiotik dikaitkan dengan risiko RA yang lebih tinggi," para penulis menyimpulkan. "Ini mungkin karena gangguan mikrobiota atau infeksi yang mendasari risiko yang terjadi," kata mereka.

Lindsay Hall menambahkan, "Semakin kita belajar tentang kompleksitas microbiome dan bagaimana faktor termasuk antibiotik berdampak pada ekosistem mikroba yang beragam ini, semakin banyak wawasan yang kita miliki tentang bagaimana hal ini dapat mengubah hasil kesehatan utama."

"Tantangannya sekarang adalah untuk membuka mekanisme yang menghubungkan mikroba dengan kondisi yang berbeda, termasuk RA, sehingga kita dapat mengembangkan terapi baru."[medicalnews/fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X