Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.345 views

Ambang Batas Rasa Sakit dan Power of Illusion

 

Oleh: Sunarti

Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanaan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya." (HR. Bukhari)

Seorang muslim yang meyakini betul akan kehendak/ketentuan dari Allah akan berserah diri sepenuhnya lahir dan batin, termasuk saat mengalami sakit. Bahkan saat rasa sakit mencapai puncaknya, maka rasa itu tidak akan dirasakan olehnya. Itu karena keyakinan yang kuat bisa membentuk endorfin dalam otak yang membuat reseptor opioid secara alami.

Hal ini sebagaimana yang terjadi pada para sahabat Rasulullah di masanya. Mulai dari keluarga Sumayah dan Bilal sang budak yang disiksa, hingga menantu Rasulullah Ali bin Abi Thalib yang disiksa sedemikian rupa. Namun, mereka semua tetap dengan keteguhannya memegang Islam.

Bagaimana dengan kita? Jari teriris pisau dapur, mewek. Kuku jari kaki ketiban uleg, nangis. Dahi kejedot sudut meja, meringis. Apalagi melahirkan, meraung-raung. Perempuan, terbiasa mengekspresikan rasa sakit tersebut dengan sendirinya.

Perempuan juga mudah merasa sakit, mudah mengeluh ketika fisik terluka dan lelah. Apakah itu artinya perempuan terlalu peka? Perempuan juga mudah 'gupuh' jika terluka sedikit saja dan mudah pingsan ketika tingkat rasa sakit dirasakan luar biasa.

Bagaimana seorang bisa merasakan tidak sakit saat tubuhnya terluka?Bahkan nyatakah kondisi seperti yang dialami oleh para sahabat di atas?

Ternyata, dalam buku Cure, karya Jo Marchant ini ada penelitian yang menemukan adanya atensi/pengalihan perhatian (bisa juga ada peran visualisasi yang menyenangkan) dalam otak ketika tubuh merasakan sakit dan otak berusaha mengalihkan perhatian dari sumber sakit tersebut.

Dalam banyak penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata pengalihan perhatian, sangat bisa mengurangi rasa sakit. Jika kita fokus pada sumber sakit akan menimbulkan sensasi yang sangat menyakitkan. Bisa meningkat berkali-kali lipat. Tetapi jika kita memikirkan sesuatu yang lain, semisal sesuatu yang aman, menyenangkan, membahagiakan, maka rasa sakit yang kita rasakan berkurang, bisa sampai hilang.

Nah yang dilakukan para sahabat, adalah benar-benar memikirkan kebaikan yang datang dari Allah SWT. Dan Allah benar-benar angkat rasa sakit yang luar biasa tersebut. Bahkan ketika keyakinan kuat akan melihat surganya Allah, maka Allah benar-benar tunjukkan.

Opioid dalam Cengkeraman Kapitalisme

Peradaban kapitalisme telah mencengkeram sebegitu kuatnya. Pada kasus-kasus yang terjadi di berbagai tempat, justru opioid kimia menjamur. Pemanfaatan dalam dunia kesehatan menjadi peluang. Pengobatan terhadap rasa sakit, manjadi ajang perdagangan.

Bahkan, sampai pada syaraf otak manusia telah kebal terhadap efek opium pun, membuka kran-kran produksi obat nikmat ini. Sampailah otak gagal memproduksi endorfin alami yang berakibat ketergantungan. Kecanduan, lebih tepatnya.

Semakin hari dosis yang dibutuhkan pun, kian meningkat. Tidak bisa dielakkan lagi, jika kebutuhan opioid ini nantinya meningkat tajam. Karena otak kapitalis bermain di dalamnya, maka yang dipikirkan bukan mengatasi rasa ketergantungan (kecanduan). Akan tetapi ketika semakin banyak yang mengalami ketergantungan akan opioid ini, maka, produksi akan semakin meningkat. Itu artinya pundi-pundi materi bertambah.

Seperti yang dipaparkan gamblang dalam materi, bagaimana negara adidaya, AS bertekuk lutut di bawah pengaruh analgesik narkotik ini. Masalah pelik tak bisa dihindari di negeri pongah ini. Terdapat 5% populasi mengkonsumsi 80% pasokan obat opioid dunia.

Pada 2012, 15.000 orang Amerika meninggal setiap tahun akibat overdosis obat legal yang diresepkan, lebih banyak dari gabungan obat-obatan ilegal seperti heroin dan kokain. Pada tahun 2013, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut kecanduan obat penghilang rasa sakit merupakan epidemi obat terburuk dalam sejarah AS.

Melirik Sedikit tentang Opioid

Opioid adalah obat penghilang rasa sakit yang bekerja dengan reseptor opioid di dalam sel tubuh. Obat ini dibuat dari tanaman opium seperti morfin (Kadian, Ms Contin) atau disintesis di laboratorium seperti fentanil (Actiq, Duragesic).

Ketika opioid masuk dan mengalir di dalam darah, obat yang satu ini akan menempel pada reseptor opioid di sel-sel otak, sumsum tulang belakang, dan organ lain yang terlibat dalam rasa sakit dan senang. Sel kemudian melepaskan sinyal yang meredam rasa sakit dari otak ke tubuh dan melepaskan dopamin dalam jumlah besar ke seluruh tubuh dan menciptakan perasaan senang.

Golongan obat yang termasuk ke dalam opioid digunakan untuk mengurangi rasa nyeri sedang hingga berat. Misalnya untuk membantu mengendalikan rasa sakit pasca operasi (secara umum digunakan dengan dosis tertentu, pastinya).

Efek samping opioid diantaranya urtikaria, keringat dingin, sembelit, mual, muntah, dan mulut kering, mengantuk dan pusing, kholesterol menurun,  diorientasi hingga depresi.

Pada dosis yang lebih tinggi bisa memperlambat pernapasan dan detak jantung hingga apnea. Jika dibiarkan kondisi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

Selain efek yang merugikan di atas, ternyata opioid, memiliki efek yang membuat perasaan senang. Dalam pengaruh yang dihasilkan opioid ini yang memunculkan rasa ingin nambah lagi dan nambah lagi atau ketagihan. Ketika obat dihentikan, muncul rasa ketagihan.  

So, ketika tubuh sesungguhnya secara alami mampu membentuk opioid alami, secara otomatis mampu menahan rasa sakit secara alami pula. Caranya adalah diupayakan dengan mengalihkan kepada hal-hal yang menyenangkan, layaknya opioid kimia buatan yang menimbulkan rasa senang. Inilah yang disebut power of illusion.

Sebagai muslim, kekuatan ilusi/visualisasi bisa menghadirkan kekuatan keyakinan terhadap adanya pahala, surga dan kebaikan-kebaikan lain yang memang tak kasat mata. Ini semua tertancap kuat sebagai keimanan yang luar biasa. Kemampuan seperti inilah yang perlahan hilang dari kaum muslimin kecuali mereka yang kuat tertancap keimanan dalam dirinya. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Daerah Rawan Pemurtadan Garut ini Kesulitan Air. Ayo Wakaf Mata Air.!!

Selain jadi target pemurtadan misionaris, warga kesulitan air bersih untuk wudhu, mandi, minum, memasak, dll. Diperlukan dana 11 juta rupiah untuk pipanisasi penghubung sumber mata air ke masjid,...

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Pembangunan Terhenti, Mushalla di Pelosok Sambong ini Terbengkalai. Ayo Bantu.!!

Kondisi Mushalla Khoirussalam Sambong ini semrawut karena pembangunan berhenti terkendala dana. Dibutuhkan dana 15 juta rupiah untuk menuntaskan mushalla hingga layak dan nyaman. ...

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia  Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Ingin Jadi Guru dan Penghafal Al-Qur’an, Yatim Nurlia Butuh Biaya Sekolah, Ayo Bantu!!

Yatim berprestasi ini putus sekolah. Impian pendidikan pesantren untuk mewujudkan cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan guru agama Islam terkubur oleh kendala biaya....

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Latest News
Jokowi Teken Perpres 7/2021, Pengamat: Parameter apa yang Digunakan untuk Menilai Ekstrimisme?

Jokowi Teken Perpres 7/2021, Pengamat: Parameter apa yang Digunakan untuk Menilai Ekstrimisme?

Selasa, 19 Jan 2021 22:52

Penelitian Oxford: Inggris Miliki Tingkat Kematian Virus Corona Harian Tertinggi di Dunia

Penelitian Oxford: Inggris Miliki Tingkat Kematian Virus Corona Harian Tertinggi di Dunia

Selasa, 19 Jan 2021 22:30

Tingkatkan Imun Hadapi Covid-19, Ustaz Fadlan Kenalkan Terapi Ala Raja Papua

Tingkatkan Imun Hadapi Covid-19, Ustaz Fadlan Kenalkan Terapi Ala Raja Papua

Selasa, 19 Jan 2021 22:11

AS Tarik Pasukan Terakhir Dari Somalia

AS Tarik Pasukan Terakhir Dari Somalia

Selasa, 19 Jan 2021 22:00

Hillary Clinton dan Nancy Pelosi Serukan Penyelidikan Atas Peran Putin Dalam Penyerbuan Capitol AS

Hillary Clinton dan Nancy Pelosi Serukan Penyelidikan Atas Peran Putin Dalam Penyerbuan Capitol AS

Selasa, 19 Jan 2021 20:45

Bangladesh Bantah Tuduhan Ada Sel Al-Qaidah Di Negaranya

Bangladesh Bantah Tuduhan Ada Sel Al-Qaidah Di Negaranya

Selasa, 19 Jan 2021 18:15

Risma, Tahun Depan Pilgub DKI

Risma, Tahun Depan Pilgub DKI

Selasa, 19 Jan 2021 17:00

Gubernur Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Pengajian Warga Jakarta Secara Daring

Gubernur Anies Baswedan Hadiri Peluncuran Pengajian Warga Jakarta Secara Daring

Selasa, 19 Jan 2021 15:34

Mimpi Mati, Wanita Suka Dugem Ini Akhirnya Taubat

Mimpi Mati, Wanita Suka Dugem Ini Akhirnya Taubat

Selasa, 19 Jan 2021 14:43

Ikhwanul Muslimin Kecam Penyitaan Aset Para Pemimpin Mereka Oleh Pemerintah Mesir

Ikhwanul Muslimin Kecam Penyitaan Aset Para Pemimpin Mereka Oleh Pemerintah Mesir

Selasa, 19 Jan 2021 14:35

Dukun pun Dikriminalisasi

Dukun pun Dikriminalisasi

Selasa, 19 Jan 2021 12:55

Jokowi Bisa Dipidana Jika Suntik Vaksin Bohong

Jokowi Bisa Dipidana Jika Suntik Vaksin Bohong

Selasa, 19 Jan 2021 10:44

Renungan Dibalik Bencana

Renungan Dibalik Bencana

Selasa, 19 Jan 2021 08:10

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-100)

Ganasnya Sakit Qalbu (2): Ini Penyebab 350 Penyakit dari Hatimu (1-100)

Selasa, 19 Jan 2021 06:26

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Selasa, 19 Jan 2021 00:28

Pengamat Medsos: Perpres No 7 Tahun 2021 Berpotensi Picu Kegaduhan

Pengamat Medsos: Perpres No 7 Tahun 2021 Berpotensi Picu Kegaduhan

Senin, 18 Jan 2021 23:34

PD PII Kabupaten Bekasi Gelar Konferensi Daerah

PD PII Kabupaten Bekasi Gelar Konferensi Daerah

Senin, 18 Jan 2021 22:59

Film Nusa Rara Film Idaman, Tak Layak Dipermasalahkan

Film Nusa Rara Film Idaman, Tak Layak Dipermasalahkan

Senin, 18 Jan 2021 22:34

Anak Durhaka dan Komentar Netizen

Anak Durhaka dan Komentar Netizen

Senin, 18 Jan 2021 22:28

Wafatnya Ulama Penjaga Al-Qur’an

Wafatnya Ulama Penjaga Al-Qur’an

Senin, 18 Jan 2021 22:15


MUI

Must Read!
X