Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.635 views

Keutamaan Silaturahim Hari Jum’at

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam- dan keluarganya.

Al-Raghib al-Ashfahani rahimahullah menjelaskan makna Rahim dan Silaturahim. Menurut beliau, “Al-Rahim: rahimul Mar’ah (rahim wanita). . . dari sini kata al-rahim dipakai untuk kekerabatan (saudara kerabat) karena kalian keluar dari rahim yang satu.”

Maksud al-rahim di sini adalah para kerabat dari pihak laki-laki atau wanita dari jalur bapak dan ibu. Adapun makna silaturrahim adalah bersikap/berbuat baik kepada saudara  kerabat dengan perkataan dan perbuatan. Termasuk di dalamnya mengunjungi mereka, mengetahui kondisi mereka dan menanyakan kabar mereka, mengulurkan bantuan kepada orang yang kekurangan dari mereka.

Silaturahim memiliki kedudukan agung dalam Islam. Al-Qur’an dan sunnah benar-benar memerintahkan umat ini untuk menyambung tali kekerabatan (silaturahim) dan memuji pelakunya. Tidak cukup di situ, Al-Qur’an dan Sunnah juga sangat mencela pemutus silaturahim dan mengancamnya dengan neraka. Bahkan sejumlah ulama telah menukil kesepakatan umat atas wajibnya silaturahim dan haramnya memutus tali persaudaraan; seperti Imam al-Qurthubi, al-Qadhi ‘Iyadh, dan ulama lainnya.

[Baca: Bagaimana Cara Menyambung Silaturahim?]

Keutamaan Silaturahim

Banyak sekali keutamaan silaturahim yang telah dituturkan para ulama. Tentu keutamaan tersebut bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabawiyah. Di antaranya:

Pertama, silaturahim bagian dari Iman. Karenanya, siapa yang menghendaki kesempurnaan imannya, ia harus menyambung tali persuadaraan dengan kerabat-kerabatnya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya menyambung tali kekerabatannya (silaturahim).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kedua, silaturahim sebab keberkahan dalam rizki dan umur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ له فِي رِزْقِهِ، وأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ, فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Siapa yang suka agar dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan usianya hendaknya ia menyambung tali kekerabatan (silaturahim).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ketiga, silaturahim sebab Allah menyambung kepada hamba dan memuliakannya.

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu 'Anha, beliau berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

الرَّحمُ معلَّقةٌ بالعرش تقولُ: مَن وصلني وصله اللهُ، ومَن قطعني قطعه اللهُ

Ar-Rahim (kekerabatan) tergantung kepada 'Arsy. Ia berkata: barangsiapa menghubungkan aku, niscaya Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barangsiapa yang memutuskanku, niscaya Allah akan memutus hubungan dengannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kebahagiaan itu didapatkan apabila Allah menyambung hubungan dengannya. Siapa yang Allah sambung hubungan baik kepadanya maka ia akan beruntung di dunia dan akhirat.

Silaturahim paling utama adalah menyambung kembali hubungan kekeluargaan (kekerabatan) kepada orang yang memutuskannya. Inilah silaturahim paling besar keutamaan dan pahalanya. Karena pelakunya benar-benar menundukkan dirinya untuk mencari ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dari Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

ليس الواصِلُ بالمُكافِئ، ولكن الواصل الَّذي إذا قُطِعتْ رَحِمُه وصلَها

Orang yang menyambung silaturahim bukan orang yang membalas kebaikan orang. Tetapi penyambung silaturahim adalah orang menyambung hubungan baik kepada kerabatnya apabila hubungan itu diputus dari dirinya." (HR. Al-Bukhari)

Kendati membalas kebaikan kerabat dan saling mengunjungi tetaplah sebuah kebaikan yang besar nilainya. Menjaga silaturahim dan memperkuatnya tetap termasuk amal shalih yang sangat diridhai Allah Ta’ala.

Keempat, silaturahim salah satu sebab masuk surga.

Dari Abdullah bin Salam, berkisah tentang sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang pertama didengarnya saat beliau tiba di Madinah,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلَامَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, shalatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Al-Tirmidzi, Ibun Majah, Al-Hakim, dan selainnya)

Diriwayatkan dari Abu Ayyub al-Anshari Radhiyallahu 'Anhu bercerita, ada seseorang yang berkata, “wahai Rasulullah, beritahu aku tentang amal yang akan memasukkanku ke surga. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “engkau beribadah kepada Allah tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali kekerabatan.”

Ringkasnya, bahwa keutamaan silarahim ini sangat banyak dan besar; di dunia dan akhriat. Didunia, silaturahim akan memperkuat iman dan menyempurnakannya, Allah senantiasa membersamainya dan merahmatinya, mendangkan keberkahan pada rizki dan umur. Sedangkan di akhirat, silaturahim akan menjadi sebab masuk ke surga.

Apa hubungannya dengan hari Jum’at?

Hari Jum’at dalah hari agung dan istimewa di sisi Allah Ta’ala. Hari raya pekanan untuk umat Islam meningkatkan ibadah dan kedekatannya dengan Allah Ta’ala. Hari, di mana Allah curahkan rahmat untuk hamba-hamba Nya yang beriman; ada pahala berlimpah, ampunan dosa, dan ijabah atas doa-doa mereka.

Terdapat ibadah khusus dan sangat istimewa di hari Jum’at, seperti shalat Jum’at, membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak shalawat, dan berdoa di penghujung harinya.

[Baca: Hari Jum’at Tiba, Rasulullah Menunggu Shalawat Kita!]

Benar, tidak boleh khususkan amal tertentu di malam atau siang hari Jum’at kecuali ada dalil khusus tentangnya. Sebagaimana sabdaRasulillah Shallallahu 'Alaihi Wasallam besabda,

لَا تَخُصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي ، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ ، إلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

Menghususkan malam Jum’at untuk mengerjakan shalat dari malam-malam lainnya, dan janganlah menghususkan siang hari Jum’at untuk mengerjakan puasa dari hari-hari lainnya, kecuali bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salah seorang kalian.” (HR. Muslim, al-Nasai, al-Baihaqi, dan Ahmad)

Namun, menjaga amal rutin harian dan meningkatkanya di hari Jum’at sangat di anjurkan, seperti sedekah, ziarah, silaturahim, dan selainnya. Maka berharap amal yang dicintai Allah dan Rasulnya ini bertambah besar pahalanya ketika dikerjakan di waktu mulia. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Latest News
Urgen, Mari Support Dakwah Media Voa Islam

Urgen, Mari Support Dakwah Media Voa Islam

Senin, 29 Nov 2021 04:06

Masjid Dinasti Umayyah Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Irak

Masjid Dinasti Umayyah Berusia 1.300 Tahun Ditemukan di Irak

Ahad, 28 Nov 2021 22:04

Partai Gelora Mulai Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Partai Gelora Mulai Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Ahad, 28 Nov 2021 16:52

MK Putuskan UU Ciptaker Inkonsitusional, PKS: Bukti Pemerintah Gegabah

MK Putuskan UU Ciptaker Inkonsitusional, PKS: Bukti Pemerintah Gegabah

Ahad, 28 Nov 2021 16:28

Family Festival 3 Persembahan Adara Resmi Digelar

Family Festival 3 Persembahan Adara Resmi Digelar

Ahad, 28 Nov 2021 16:06

Ustaz Zaitun Rasmin: Manhaj Wasathiyah Menolak Terorisme

Ustaz Zaitun Rasmin: Manhaj Wasathiyah Menolak Terorisme

Ahad, 28 Nov 2021 15:07

Mengapa Sebutan Teror Inggris Untuk Hamas Kontraproduktif

Mengapa Sebutan Teror Inggris Untuk Hamas Kontraproduktif

Sabtu, 27 Nov 2021 21:33

Inggris Resmi Larang Hamas, Sebut Sebagai 'Kelompok Teroris Islam'

Inggris Resmi Larang Hamas, Sebut Sebagai 'Kelompok Teroris Islam'

Sabtu, 27 Nov 2021 20:22

Muhyidin Junaidi: Moderasi Islam dan Moderasi Beragama itu Tidak Sama

Muhyidin Junaidi: Moderasi Islam dan Moderasi Beragama itu Tidak Sama

Sabtu, 27 Nov 2021 19:54

Terkait Putusan MK soal UU Ciptaker, HNW: Sejak RUU, PKS Mengkritisi dan Menolaknya

Terkait Putusan MK soal UU Ciptaker, HNW: Sejak RUU, PKS Mengkritisi dan Menolaknya

Sabtu, 27 Nov 2021 12:42

Aksi Umat Islam di Solo Minta Pembebasan Tiga Ulama

Aksi Umat Islam di Solo Minta Pembebasan Tiga Ulama

Sabtu, 27 Nov 2021 11:32

MK Minta UU Cipta Kerja Diperbaiki, Fahira Idris: Buka Partisipasi Publik Seluas-luasnya dan Kedepan

MK Minta UU Cipta Kerja Diperbaiki, Fahira Idris: Buka Partisipasi Publik Seluas-luasnya dan Kedepan

Sabtu, 27 Nov 2021 11:27

MK Sebut Pembentukan UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Netty: Kenapa Tetap Berlaku?

MK Sebut Pembentukan UU Cipta Kerja Inkonstitusional, Netty: Kenapa Tetap Berlaku?

Sabtu, 27 Nov 2021 10:19

Kader Muda MUI Kalimantan Deklarasi Siap Jadi Mujahid Digital

Kader Muda MUI Kalimantan Deklarasi Siap Jadi Mujahid Digital

Jum'at, 26 Nov 2021 22:28

Weleh, Prabowo Bertemu Itay Tagner

Weleh, Prabowo Bertemu Itay Tagner

Jum'at, 26 Nov 2021 21:25

Soal Permendikbud, Politisi: Tujuan Pendidikan Bukan untuk Merusak Moral

Soal Permendikbud, Politisi: Tujuan Pendidikan Bukan untuk Merusak Moral

Jum'at, 26 Nov 2021 17:20

Polisi Uzbekistan Paksa Pria Muslim Untuk Mencukur Jenggot

Polisi Uzbekistan Paksa Pria Muslim Untuk Mencukur Jenggot

Jum'at, 26 Nov 2021 17:15

Aliansi Cerahkan Negeri Kembali Melakukan Aksi Penolakan RUU TPKS di DPR

Aliansi Cerahkan Negeri Kembali Melakukan Aksi Penolakan RUU TPKS di DPR

Jum'at, 26 Nov 2021 16:54

Guru Wahdah Islamiyah Juara 1 Guru Inspiratif Kategori Non ASN

Guru Wahdah Islamiyah Juara 1 Guru Inspiratif Kategori Non ASN

Jum'at, 26 Nov 2021 16:41

Partai Gelora Ajak Semua Pihak Berkolaborasi Berikan Literasi Perubahan Iklim kepada Masyarakat

Partai Gelora Ajak Semua Pihak Berkolaborasi Berikan Literasi Perubahan Iklim kepada Masyarakat

Jum'at, 26 Nov 2021 16:29


MUI

Must Read!
X

Jum'at, 26/11/2021 21:25

Weleh, Prabowo Bertemu Itay Tagner