Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.003 views

Tata Cara dan Adab Shalat Iedul Adha

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segalapujimilik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Shalat Ied merupakan bagian Syi’ar Islam yang agung. Awal disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah. Sunnahnya dikerjakan di tanah lapang dan terbuka, kecuali dan udzur seperti hujan, angin kencang, salju dan semisalnya, maka boleh dikerjakan di masjid.

Shalat Ied dilaksanakan dengan berjamaah, diawali dengan shalat dua rakaat dan dilanjutkan khutbah. Tidak ada shalat sunnah lain sebelumnya maupun sesudahnya.

Waktu pelaksanaanya apabila matahari sudah naik setinggi satu tombak (masuk waktu Dhuha) sampai mata hari tergelincir, yakni beberapa saat sebelum masuk waktu dzuhur.

Dalam shalat ‘Idul Adha disunnahkan agar disegerakan atau lebih pagi. Tujuannya, memberi kesempatan kepada kaum muslimin untuk segera menyembelih hewan kurban dan menikmatinya.

Sebelum pelaksanaan shalat terdapat beberapa aturan dan adab berkaitan dengannya. Berikut ini aturan dan adab-adab tersebut:

1. Bersuci dengan mandi besar (janabah) sebelum berangkat ke tempat shalat.

2. Memakai pakaian terbaik, parfum dan wewangian.

3. Tidak makan atau minum (berpuasa kecil) sebelum berangkat ke tempat shalat Idul Adha. Karena hari itu adalah hari penyembelihan hewan kurban sehingga ia sarapan dari daging hewan kurbannya.

4. Berjalan ke tempat shalat sambil mengumandangkan takbir dan mengeraskannya.

5. Semua wanita –hingga wanita yang sedang haid- dan anak-anak ikut keluar.

6. Mengambil jalan yang berbeda saat berangkat ke tempat shalat dan pulang ke rumahnya.

7. Dianjurkan berjalan kaki ke tempat shalat dan tidak naik kendaraan agar mendapat banyak pahala melalui langkah ke tempat shalat.

8. Melaksanakan shalat Ied di tanah lapang dan terbuka, bukan di masjid.

9. Tidak ada shalat sunnah sebelumnya maupun sesudahnya.

10. Shalat tidak diawali adzan dan iqomah.

11. Shalat dilaksanakan sebelum khutbah Iedul Adha.

Tata Cara Shalat Ied

Shalat Ied berjumlah dua rakaat. Pelaksanaanya seperti shalat-shalat lainnya, hanya terdapat tambahan takbir pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali setelah takbiratul ihram (di sana ada pendapat lain, 7 takbir sudah termasuk takbiratul ihram); dan lima kali takbir pada rakaat kedua setelah takbir bangkit ke rakaat kedua.

Berikut ini tata cara pelaksanaanya:

1. Memulai rakaat pertama dengan takbiratul ihram, seperti shalat-shalat lainnya.

2. Sesudah itu bertakbir sebanyak tujuh kali sebelum memulai bacaan Al-Fatihah. Tidak ada riwayat shahih dari Nabi Shallallahu 'Alaihi bahwa beliau bertakbir sambil mengangkat tangan. Tetapi Ibnul Qayyim mengatakan, “Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhu -yang dikenal sebagai orang paling komitmen mengikuti sunnah- mengangkat kedua tangannya pada tiap-tiap takbir.”

3. Dibolehkan membaca tahmid dan pujian untuk Allah di antara takbir-takbir tersebut sebagaimana yang dinukil dari Ibnu Mas’ud.

4. Membaca surat Al-Fatihah dan diikuti membaca surat lain dari Al-Qur'an. Dianjurkan untuk membaca surat Qaaf pada rakaat pertama; pada rakaat kedua membaca surat Al-Sajdah. Atau membaca surat Al-A’la pada rakaat pertama dan Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.

5. Setelah itu ia laksanakan rukun-rukun shalat lainnya dari ruku, bangkit darinya (I’tidal), sujud, duduk dua sujud, sujud, dan berdiri ke rakaat kedua.

6. Bertakbir untuk bangkit dari rakaat pertama ke rakaat kedua.

7. Lalu bertakbir sebanyak lima kali sebelum membaca Al-Fatihah dengan cara yang sudah disebutkan di atas.

8. Membaca surat Al-Fatihah dan diikuti membaca surat lain dari Al-Qur'an. Seperti yang sudah disebutkan di atas.

9. Kemudian menyempurnakan rukun dan gerakan shalat lainnya sampai salam.

10. Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah Iedul Adha yang berisi nasihat kepada kaum muslimin dan para wanita, mengajarkan mereka hukum-hukum Islam, mengingatkan kewajiban mereka dan menganjurkan mereka untuk bersedekah.

Tatacara ini adalah pendapat mayoritas ulama dari kalangan sahabat dan para pengikut mereka, yang didasarkan kepada sunnah-sunnah shahihah tentang shalat hari raya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Ibadah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X