Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.647 views

Masjid Al-Lathiif Bandung: Tetap Aktif Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

BANDUNG (voa-islam.com) - Banyak aspek kehidupan yang terdampak akibat pengaruh dari wabah virus corona atau pandemi Covid-19. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini bukan menjadi alasan tidak dapat melakukan ibadah.

Hanya saja ibadah yang dilaksanakan di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, sedikit ada yang berbeda. Seperti salah satu masjid yang ada di kota Bandung, yaitu masjid Al-Lathiif yang berada di Jalan Saninten No.2, Cipahit, Kecamatan Bandung Wetan, Jawa barat.

Masjid Al-Lathiif tetap menjalankan ibadah shalat fardhu dan shalat Jumat berjamaah, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada awal pandemi, masjid Al-Lathiif ditutup dan semua kegiatan masjid sempat berhenti sekitar 3 bulan sampai akhir Ramadhan tahun 2020, sesuai dengan imbauan dari pemerintah untuk membatasi kegiatan di masjid. Kemudian pada bulan syawal kegiatan di masjid Al-Latif mulai aktif kembali, namun hanya menjalankan shalat fardhu berjamaah, shalat jumat berjamaah dan kajian subuh. 

Dalam melaksanakan shalat berjamaah, Masjid Al-Lathiif menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Yaitu para jamaah melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk masjid, memakai masker, kemudian shaf shalat antara satu jamaah dengan jamaah yang lainnya diberi jarak sekitar satu meter. 

Pada bulan Ramadhan kemarin masjid Al-Lathiif mengadakan shalat idul fitri secara berjamaah dengan kapasitas yang terbatas, kemudian juga ada pemotongan hewan qurban namun dengan tidak ada pembagian di tempat. 

"Jadi kita sudah mengatur schedule penyembelihannya, schedule pembagiannya, kemudian lokasi yang dituju nanti untuk dibagikan. Jadi biar tidak ada yang berkerumun di sini, hanya kita dari panitia saja. Itu pun jumlah panitianya sangat terbatas," katas ekretariat masjid Al-Lathiif Hasbi kepada voa-islam.com pada Kamis (17/06).

Hasbi juga menuturkan bahwa aktivitas yang masih berjalan di masjid Al-Lathiif sampai sekarang yaitu hanya ada 3 kegiatan, shalat fardhu, shalat jumat dan kajian subuh. Biasanya sebelum pandemi Covid-19, ada juga kajian malam.

Namun karena adanya pandemi ini, kemudian demi kemaslahatan bersama kajian malam akhirnya diberhentikan sementara, karena kebanyakan yang hadir di kajian malam adalah masyarakat dari luar lingkungan masjid. Sedangkan kajian subuh kenapa tetap diadakan, karena yang menghadiri hanya warga sekitar lingkungan masjid. 

Kemudian karena kapasitas masjid Al-Lathiif yang cukup luas, jadi untuk kuota jamaah yang dapat mengikuti kajian subuh, tidak ada batasan, selagi masih warga sekitar masjid dibolehkan untuk menghadiri.

Jadi protokol kesehatan yang diterapkan di masjid Al-Lathiif ini bisa dikatakan dijalankan dengan sangat ketat.

"Jadi untuk protokol kesehatan kita sangat menjalankan, dan diamanahkan juga dari orang tua-orang tua kita disini juga kan, rata-rata di lingkungan di sini kan kebanyakan yang sepuh. Jadi khawatir kalau yang udah sepuh kan punya sakit bawaan atau apa, takutnya kalau kena Covid langsung terjangkit dan berdampak, akhirnya bener-bener kita sangat ketat untuk tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan," pungkas Hasbi. 

Hasbi juga berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir, agar aktivitas-aktivitas sebelum pandemi bisa dilaksanakan kembali dan kegiatan kepemudaan di masjid Al-Lathiif dapat dihidupkan kembali. [zahra/rosdiyana/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X