Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.241 views

Amal Usaha Muhammadiyah Bukan Semata-mata Bisnis, Tapi Memperjuangkan Nilai Islam

JAKARTA (voa-islam.com) – Bagi masyarakat awam, gerakan Muhammadiyah lebih dikenal melalui apa yang dinamakan sebagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Misalnya aset-aset rumah sakit, panti asuhan dan lembaga pendidikan di bawah kendali Muhammadiyah.

Pengertian Amal Usaha Muhammadiyah sendiri sejatinya adalah ikhtiar amal saleh dan kemanfaatan yang bentuknya tidak semata-mata materi atau bendawi saja (tangible). Tetapi bisa juga dalam bentuk program-program non-fisik (intangible).

“Nah inilah yang kemudian harus kita siapkan dengan sebaik-baiknya agar jangan sampai kemudian dalam pengembangan amal usahanya, Muhammadiyah terjebak sebagai organisasi (pengelola) amal usaha. Ini yang kadang-kadanng menjadi kritik bagi kita sendiri, jangan sampai amal usaha-amal usaha (tangible) itu menjadi satu-satunya cara dari usaha Muhammadiyah,” himbau Budi Setiawan, Ketua MDMC PP Muhammadiyah. 

Dalam forum Pengajian Buka Puasa Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jepang, Senin (25/4), Budi menyampaikan bahwa hakikat dari AUM adalah media untuk memudahkan Persyarikatan dalam mencapai tujuannya, yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Kronik sejarah menurut Budi mencatat bahwa pendirian AUM berawal dari tantangan Kiai Ahmad Dahlan kepada murid-muridnya untuk mengamalkan Surat Al-Ma’un yang diawali dengan pendirian Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Islamiyah di Kauman pada 1 Desember 1911. Karena itu, fondasi mendasar dan jiwa di dalam gerakan AUM adalah tujuh Pokok Pikiran di dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah. 

“Maka dalam menjalankan amal usahanya berpegang teguh berdasarkan ajaran Allah dan Rasul-Nya dan bergerak dengan membangun di segenap bidang dan lapangan dengan menggunakan cara serta menempuh jalan yang diridhai-Nya,” kata Budi.

Dalam perjalanan strategis AUM, Budi lalu mengutip pendapat dari Ketua PP Muhammadiyah, Hadjriyanto Y. Thohari yang pernah menyampaikan terkait tiga trisula Amal Usaha Muhammadiyah pada Muktamar ke-46 di Yogyakarta tahun 2010.

Pada kesempatan itu, Hadjriyanto menyebut Trisula AUM di abad pertama Muhammadiyah adalah bidang pendidikan (lembaga pendidikan), sosial (panti), dan kesehatan (rumah sakit). Sementara itu di abad kedua, Trisula AUM berupa bidang kebencanaan (MDMC), pemberdayaan masyarakat (MPM), dan pengelolaan dana umat (Lazismu). 

Penekanan latar belakang inilah yang membuat AUM tidak sekadar perhitungan duniawi semata dan tidak semata-mata usaha yang berwujud atau tangible. Karenanya, Budi berharap para pegiat Persyarikatan memahami sisi pembeda ini. 

“Maka kita bisa melihat bahwa gerakan Muhammadiyah dalam amal usaha itu adalah proses serius dari pemikiran yang mempunyai dasar sehingga usaha-usaha Amal Usaha Muhammadiyah itu tidak boleh kehilangan akarnya sebagai gerakan agama,” tegas Budi. [syahid/voa-islam.com]

sumber: muhammadiyah.or.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X

Kamis, 24/11/2022 18:13

2 Rakaat Suami Istri di Malam Pertama