Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.467 views

Khutbah Jumat: Tanda Sukses Ramadhan Kita

 

Oleh: Ustaz Bachtiar Nasir

 

MAQASHID syariah atau tujuan terbesar Lembaga Ramadhan disediakan Allah adalah untuk mebina diri agar menjadi orang bertaqwa, sekarang inilah saatnya membuktikan kesuksesan Ramadhan kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ [البقرة : 183]

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (Al Baqarah: 183).

Ramadhan telah berganti dengan Syawwal, namun rahmat Ramadhan masih memberikan dampak besar bagi mereka yang berjuang membuktikan Ramadhannya menjadi sepanjang tahun. Diantaranya adalah lewat menggandengkan shiyam Ramadhan dengan shiyam 6 hari di bulan Syawwal.

مَن صامَ رمضانَ، وسِتًّا من شوَّالٍ، فكأنَّما صامَ السَّنةَ كلَّها.

الراوي : جابر بن عبدالله | المحدث : شعيب الأرناؤوط | المصدر : تخريج المسند
الصفحة أو الرقم : 14477 | أحاديث مشابهة | خلاصة حكم المحدث : صحيح لغيره

Diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa shiyam Ramadhan dan shiyam 6 hari di bulan syawwal seakan-akan telah berpuasa selama sepanjang tahun."

Allah yang Maha Rahman di bulan Ramadhan adalah Allah Yang Maha Rahman juga di bulan Syawwal, Zulqa'dah, Zulhijjah dst. Seorang yang telah bermakrifat kepada Allah Yang Maha Rahman pastilah akan berharap dan bergantung selalu kepada rahmat Arrahman disetiap waktu, tempat dan semua keadaannya. Dan jika sekejap saja dia lalai dari mengingat Arrahman dalam hatinya maka syaitanlah yang akan menjadi teman hidupnya.

وَمَن يَعْشُ عَن ذِكْرِ الرَّحْمَٰنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ [الزخرف : 36]

"Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya." (Az Zukhruf: 36)

Diantara bukti orang yang sukses Ramadhannya adalah yang merindukan kembali Ramadhan berikutnya dengan membuktikan hasil Ramdhannya saat ini hingga datang Ramadhan yang akan datang. Orang sukses yang demikian akan senantiasa mendapat ampunan Allah sepanjang tahunnya sampai datang Ramadhan berikutnya.

الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ، وَالْجُمْعَةُ إلى الجُمْعَةِ، وَرَمَضَانُ إلى رَمَضَانَ، مُكَفِّرَاتٌ ما بيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الكَبَائِرَ

الراوي : أبو هريرة | المحدث : مسلم | المصدر : صحيح مسلم
الصفحة أو الرقم: 233 | خلاصة حكم المحدث : [صحيح]

Shalat-shalat yang lima dan dari Jumat ke Jumat, dan dari Ramadhan ke Ramadhan, ada penggugur dosa diantara keduanya dengan catatan, jika ditinggalkan perbuatan dosa besar.

Beribadah adalah tujuan semua penciptaan, terutama penciptaan manusia, demi kebahagiaan, kesejahteraan dan kemuliaan seorang hamba itu sendiri, karenanya beribadah bukanlah semusim saja. Semangat menghamba kepada Allah hendaklah konsisten sepanjang hayat hingga ke liang lahat. Jangan menjadi Ramadhaniyyun yaitu pelaku ibadah semusim Ramadhan saja.

Semoga Allah mengabulkan semua ibadah shalat kita, shiyam kita, qiyam kita, ruku'-ruku' kita, sujud-sujud kita, tilawah dan tadabbur kita, khusyu' kita dan semua ibadah-ibadah kita. Aamiin.

Washallallahu ala nabiyyina Muhammad.

Makkah Al Mukarramah, Jumat, 6 Mei 2022

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X