Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.774 views

Harun, Jemaah Haji Tertua Indonesia Berusia 119 Tahun Tiba di Madinah

MADINAH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Jemaah haji tertua Indonesia, Harun bin Senar yang kini berusia 119 tahun tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AAMA) Madinah pada Jumat (26/5/2023). Pria asal Dusun Karang Duak, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa timur, itu datang bersama 449 jemaah lain yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) SUB-6.

Di usia senjanya, Harun masih terlihat sehat dan menjawab pertanyaan petugas dengan baik. Bahkan ketika ditanya mengenai kondisinya, dia langsung berdiri untuk menunjukkan masih kuat dan bisa berjalan.

Harun mendaftar haji pada 2017, dan dijadwalkan berangkat pada 2046. Namun karena terdapat kuota prioritas lansia pada 2024, dia pun bisa lebih cepat berangkat ke Tanah Suci dengan melunasi Bipih. Menjual tanah dan dua sapi betina miliknya, dia dan sang keponakan bisa menjalankan ibadah Haji.

Pria kelahiran 1 Juli 1904 itu mengenakan batik haji Indonesia warna hijau kombinasi ungu lengan panjang, berkopiah hitam kombinasi oranye, dan bersarung coklat tua kombinasi garis coklat muda. Faktor usia membuat pendengarannya sedikit terganggu. Komunikasinya juga hanya bisa menggunakan Bahasa Madura.

“Kakek Harun tidak bisa Bahasa Indonesia. Ngomongnya juga agak sedikit keras agar beliau dengar," ujar sang keponakan, Musdi yang Bahasa Indonesianya tidak terlalu lancar, Kamis, 25 Mei 2023.

Dia bercerita bahwa Harun kadang berjualan ayam di pasar. pada saat masih belum seusia sekarang, Harun ke pasar menggunakan sepeda kayuh, tetapi kini berjalan kaki.

Kepala Harun terus tertunduk ketika berbicara, hanya sesekali menghadap lawan bicaranya tapi tidak lama tertunduk lagi. Di jari tengah tangan kanannya melingkar tasbih digital berwarna putih kombinasi hitam.

Menurut dari data medis tim kesehatan, Harun terkonfirmasi dalam keadaan baik dan tak ada rekomendasi obat-obatan khusus yang harus dibawa, kecuali vitamin C beserta rekomendasi beristirahat yang cukup.

Begitu juga dari sisi makanan, Harun tidak merepotkan, yang terpenting ada sayur dan kuah. Sedangkan untuk minum, dia selalu minta air putih hangat, khususnya air putih hasil dimasak Akan tetapi, meski Harun dalam kondisi kesehatan yang baik, dia mendapatkan kursi roda setibanya di Bandara AMAA Madinah.

Selain menjadi bagian layanan Haji Ramah Lansia, fasilitas iTU bertujuan untuk mengantisipasi bila Mbah Harun lelah setelah perjalanan panjang.

Tiba di bandara setelah pemeriksaan di imigrasi, kesehatan Harun juga dicek oleh petugas dan dibantu menuju Bus.

“Panjenengan norok kauleh, Pak. Bisa? (Bapak ikut saya, bisa?)” ucap petugas haji dalam bahasa Madura, Jumat, 26 Mei 2023.

“Enggi, enggi, ngireng, ngireng. (Iya.. iya.. ayo..ayo..),” ujar Mbah Harun berbisik sambil mengikuti petugas.

Dari Madura ke Madinah

Pergi ke Mekkah dan Madinah adalah impian Harun sejak lama. Dia bercerita, sangat ingin menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima itu dengan keluarga, tetapi akdir berbicara lain.

Menjalani enam kali pernikahan, semua istri Harun sudah meninggal dunia terlebih dahulu. Baru pada beberapa tahun terakhir, dia bisa berkunjung ke Baitullah hanya didampingi sang keponakan.

"Saya menikahnya setelah istri meninggal dunia, enam kali. Anak-anak sudah keluarga semua, cucu, cicit juga. Ada yang sudah meninggal, ada yang masih ada," katanya.

Harun adalah anak keempat dari tujuh bersaudara. Kakak dan adiknya, semua juga sudah wafat. Di hadapan Ka'bah, dia ingin berdoa memohon kepada Allah SWT untuk selalu diberi keberkahan.

Tak lupa, dia akan mendoakan seluruh keluarga, kerabat, masyarakat Pamakesan, Jawa Timur, dan Bangsa Indonesia pada umumnya. Dia juga mendoakan agar seluruh masyarakat Tanah Air selalu sehat, diberi umur panjang, dan dilancarkan rezekinya. (PR/Ab) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X