Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.397 views

Taliban: Belum Ada Kesepakatan Waktu Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Taliban mengatakan tidak ada kerangka waktu yang disepakati untuk penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan meskipun Washington sebelumnya berjanji untuk menarik setengah dari pasukannya dari negara yang dilanda perang tersebut.

Seorang pejabat Taliban pada hari Rabu (6/2/2019) mengatakan bahwa Amerika Serikat telah berjanji untuk menarik setengah dari pasukannya dari Afghanistan pada akhir April, tetapi AS mengatakan belum menetapkan kerangka waktu untuk itu.

"Orang Amerika mengatakan kepada kami (bulan lalu) bahwa mereka akan menarik setengah dari pasukan mereka dari awal Februari hingga akhir April," kata pejabat Taliban Abdul Salam Hanafi seperti dikutip oleh RIA.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington "tidak menyetujui jadwal waktu untuk kemungkinan penarikan pasukan.

Hanafi mengatakan Washington dan Taliban telah sepakat dalam pembicaraan bahwa semua pasukan asing pada akhirnya akan pergi, dan bahwa Afghanistan tidak akan pernah digunakan sebagai pangkalan untuk serangan ke Amerika Serikat.

"Garis waktu (penarikan) akan dibahas pada pertemuan mendatang," kata Hanafi.

Delegasi AS dan Taliban bertemu di Qatar pada Januari dan dijadwalkan bertemu lagi bulan ini.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Selasa pemerintahannya telah mempercepat perundingan untuk penyelesaian politik di Afghanistan dan akan dapat mengurangi pasukan AS di sana ketika negosiasi bergerak maju untuk mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Seorang pejabat AS mengatakan pada bulan Desember bahwa Trump berencana untuk menarik lebih dari 5.000 dari 14.000 tentara AS di Afghanistan.

Taliban tegaskan semua pasukan asing harus pergi

Trump pada hari Selasa menggunakan pidato kenegaraannya untuk menekankan pentingnya percepatan pembicaraan dengan Taliban untuk mengakhiri "perang tanpa akhir" terpanjang di Amerika.

Trump tidak memberikan rincian tentang kapan dia akan membawa pulang 14.000 tentara AS di Afghanistan tetapi mengatakan kemajuan dalam negosiasi dengan Taliban akan memungkinkan pengurangan pasukan dan "fokus pada kontra-terorisme".

Namun, Taliban menolak gagasan itu, dan pada Rabu menegaskan kembali permintaan lama mereka bahwa semua pasukan asing keluar dari Afghanistan.

Ditanya tentang pidato Trump, seorang pejabat Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa semua pasukan asing di Afghanistan harus pergi.

"Pada langkah pertama, kami ingin semua pasukan asing pergi dan mengakhiri kehadiran militer di negara kami," kata Sohail Shahin, juru bicara kantor Taliban di Qatar dan anggota tim Taliban yang bertemu dengan politisi oposisi Afghanistan di Moskow.

"Tetapi setelah mengakhiri kehadiran militer mereka, tim non-militer mereka dapat datang dan kami membutuhkan mereka juga, mereka dapat datang dan mengambil bagian dalam proses rekonstruksi dan pembangunan," katanya.

Perundingan Moskow 'sangat sukses'

Para pejabat Taliban berada di Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan para politisi oposisi Afghanistan, termasuk mantan Presiden Hamid Karzai.

Kelompok jihadis itu pada hari Rabu memuji perundingan dua hari yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan politisi Afghanistan, menyebutnya sebagai "sangat sukses", meskipun perbedaan pendapat tentang hak-hak perempuan dan tuntutannya untuk konstitusi Islam di negara yang dilanda perang itu.

Pertemuan luar biasa di ibukota Rusia adalah yang paling penting bagi Taliban dengan para politisi Afghanistan selama bertahun-tahun, dan berakhir dengan kedua belah pihak menyetujui pembicaraan di masa depan dan memastikan "perdamaian yang tahan lama dan bermartabat" bagi rakyat Afghanistan.

Sher Mohammad Abbas Stanikzai, kepala delegasi Taliban, membuat penampilan langka di depan media internasional bersama Karzai setelah pembicaraan.

"Pertemuan ini sangat sukses," kata pejabat Taliban itu kepada wartawan.

"Kami menyetujui banyak hal dan saya berharap bahwa di masa depan, kami dapat berhasil lebih jauh, dan akhirnya kami dapat mencapai solusi. Kami dapat menemukan kedamaian total di Afghanistan." (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X