Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.766 views

Jejak Langkah Perempuan Indonesia

 

Oleh:

Diah Winarni, S.Kom

Praktisi Pendidikan

 

BERDASARKAN proyeksi pertumbuhan penduduk Badan Perencanaan Pembangunan Nasioal, Badan Pusat Statistik dan United Nations Population Fund jumlah penduduk Indonesia pada 2018 mencapai 265 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 131,88 juta jiwa berjenis kelamin perempuan. Menurut kelompok umur, jumlah populasi perempuan Indonesia yang berusia 0-19 tahun mencapai 45,31 juta jiwa. Kemudian yang berumur 20-64 tahun sebanyak 86,57 juta jiwa dan sisanya, yakni 8,3 juta jiwa berumur lanjut usia 65 tahun ke atas. (databoks.katadata.co.id)

Jumlah perempuan Indonesia melebihi jumlah laki-laki, disadari atau tidak oleh masyarakat, daya juang hidup perempuan Indonesia sungguh luar biasa. Kemampuan yang minim pun tak membuat mereka mati langkah, mereka mengerahkan segenap kemauannya untuk menjalani kehidupan.

Ingatkah kita bagaimana perjuangan RA Kartini saat mengukuhkan dirinya menjadi perempuan yang cerdas disaat beliau mengalami dilema tentang kondisi perempuan di tanah Jawa. Lupakah kita dengan Cut Tjak Dien, pahlawan perempuan dari Tanah Aceh, yang dengan kehebatannya memimpin pasukan melawan penjajah untuk kemerdekaan Indonesia.

Perempuan memanglah terlihat lemah, namun senjata keikhlasan dan kesabarannya tak mudah dikalahkan, dihatinya hanya ingin melihat kebahagiaan bukan buat dirinya sendiri namun untuk orang lain. Belum tentu kaum bapak bisa menandingi ketangguhannya.

Tahun berganti, zaman terus menggerus peredaran bumi. Kini  kondisi perempuan Indonesia begitu sangat terhimpit dan mengenaskan. Kehidupan dengan topangan ekonomi berbasis kapitalistik memaksa perempuan Indonesia harus keluar ke ranah publik. Seharusnya mereka nyaman berada di dalam rumah sebagai pendidik utama anak-anak mereka dan pengatur rumah tangganya, kini sebagiannya hanyalah sebuah harapan semu akibat kehidupan kapitalis. Mereka rela keluar rumah untuk menggantikan peran suami demi membantu perekonomian keluarga.

Kondisi ekonomi Indonesia yang carut marut akibat sistem kehidupan yang kapitalistik membuat sebagian besar lahan kerja para lelaki tergusur karena perusahaan gulung tikar alias mengalami kebangkrutan, PHK terjadi dimana mana secara massif, dan akhirnya para lelaki sulit mendapatkan pekerjaan. Tak ayal kondisi ini membuat para istri memutar otak mencoba membantu dan akhirnya menyebabkan berpindahnya peran pencari nafkah utama. Sungguh menyesakkan dada.

Jejak perempuan yang berkiprah di ranah publik lambat laun mulai bergesar, diawali niat membantu suami namun mereka asyik bergelut dalam kondisi kehidupan kapitalis sekuler. Mereka mulai melupakan kodrat mereka sebagai ibu rumah tangga, juga perannya sebagai istri, hingga kerap kali terjadi disharmoni di dalam rumah tangga akibat perempuan bekerja diluar rumah.

Belumlah lagi ide kesetaraan yang diusung para feminis, membuat para perempuan menjadi besar kepala, merasa mampu menafkahi dirinya serta keluarga membuat mereka nyaman berkiprah di publik. Ujung permasalahnya adalah tentang materialis yang didapat perempuan dengan bekerja sehingga mereka nyaman dengan kondisi yang ada.

Hampir seluruh pabrik, kantor-kantor didominasi  oleh perempuan bekerja karena secara nalurinya perempuan sanggup melakukan kerja apapun tanpa pilih-pilih. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan, karena sesungguhnya tempat yang paling aman bagi wanita adalah didalam rumahnya, mengurus buah hati dan kebutuhan suaminya. Sehingga mereka tidak akan terlibat kepada efek samping negatif dari wanita bekerja, seperti pelecehan seksual, dan perlakuan tidak senonoh dari majikan hingga kekerasan bagi perempuan kerap kali terjadi. Apakah ini yang disebut dengan kesetaraan yang diusung para feminis di negeri ini.

Bukan penghargaan yang didapat namun seringkali kekerasan bagi perempuan-perempuan tangguh ini. Ini bukan setara namanya, ini kedzaliman yang dapat menghancurkan eksistensi perempuan. Masihkah kita mau berharap dengan perjuangan semu mereka?

 

Islam Memuliakan Perempuan

RA Kartini menjadi sosok yang sholehah ketika Islam hadir secara nyata didalam kehidupannya, awal pemberontakan yang ada dihatinya atas ketidaksetaraan perlakuan lelaki dan perempuan jawa kala itu tidak serta merta menjadikan beliau keras, dengan mempelajari Islam, lambat laun RA Kartini memahami bahwa ternyata perempuan akan aman dan tenang jika berada dirumahnya. Islam telah merubah seluruh pemikirannya, namun tidak membuat beliau berdiam diri, ia tetap berkiprah mencerdaskan perempuan-perempuan jawa saat itu dengan mengajarkan tulis baca dan belajar Al Quran. Islam begitu sempurna menjaga kehormatan dan kemuliaan perempuan, karena darinya akan lahir generasi gemilang pembangun peradaban yang mulia.

“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An Nisa [4]: 19)

Islam hadir memberikan solusi bagi semua persoalan  yang mendera perempuan, salah satunya mengembalikan marwah mereka, memberikan tempat yang layak disisi suaminya. Suaminyalah yang akan bekerja memenuhi nafkah bagi mereka, karena sesungguhnya itulah yang menjadi kewajiban para suami untuk bekerja. Dan itulah taklif yang disampaikan kepada lelaki dimuka bumi ini, menjadi pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. Islam yang akan mengembalikan peran tersebut.

Allah subhanahu wa ta’ala juga berfirman, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS an-Nisaa’: 34)

Firman Allah subhanahu wa ta’ala (artinya), “Para suami memiliki kelebihan satu tingkatan di atas para istri.” (Al Baqarah: 228).

Kemudian Al-Imam Ibnu Katsir berkata dalam menafsirkan ayat di atas, “Para suami memiliki kelebihan satu tingkat di atas  para istri yaitu dalam keutamaan, dalam penciptaan, tabiat, kedudukan, keharusan menaati perintahnya (dari si istri selama tidak memerintahkan kepada kemungkaran), dalam memberikan infak/belanja.”

Takkan ada lagi perempuan-perempuan yang keluar rumah hanya untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya atau hanya sekadar menunjukkan eksistensinya, Islam hadir mengeliminir keinginan itu semua, dengan mengembalikan marwah wanita muslimah.

Sungguh mulia perempuan didalam Islam, maka mau mengambil contoh seperti apa lagi selain Ad Diin yang sempurna ini. Kembalilah wahai perempuan dalam dekapan Syariat Allah, disana antunna akan merasakan perlindungan yang sejati.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?