Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.831 views

Datangnya Cinta, Benarkah dari Mata Turun ke Hati?

 

Oleh: Widya Fauzi

Takkan habis kata bila berbicara tentang cinta. Banyak hal yang terbesit di pikiran saat memikirkan kata cinta. Dari persoalan sepasang dua sejoli  menjalani sebuah hubungan indah bersama, cinta tak berujung orangtua pada anaknya, hingga memikirkan begitu besar cinta Allah SWT pada setiap  makhlukNya.

Berbicara cinta, tidakkah kita terpikir darimana cinta itu terlahir? Banyak orang yang mengatakan "cinta datang dari mata turun ke hati". Tapi bagaimana dengan makna ungkapan "Jika wajah yang membuatmu jatuh cinta, bagaimana kau mencintai Allah yang tak berupa?"

Jika benar cinta datang dari mata turun ke hati, lalu bagaimana dengan maraknya kasus perceraian di kalangan para artis. Kurang tampan dan cantikkah mereka? Kurang menawankah mereka di mata pasangannya sehingga cinta yang awalnya ada di hati mudah terpatahkan karena satu dan lain hal hingga harus berakhir di meja sidang perceraian?

Bukankah cinta itu tulus, setulus kasih ibu pada anaknya. Walau rasa jengkel kerap hinggap di hatinya. Bukankah cinta itu abadi, seabadi cinta Allah pada makhlukNya. Bukankah karena kasihNya kita bisa menikmati apa yang ada di bumi dan di langit dari sejak terlahir ke dunia hingga akhir hayat kita?

Jika demikian, darimana sebenarnya cinta itu terlahir?

Dalam sebuah kajian bersama Ustadz Adriano Rusfi, beliau mengatakan cinta tidaklah lahir dari mata turun ke hati. Cinta sesungguhnya turun dari langit ke bumi karena sumber cinta yang hakiki adalah Allah. Allah adalah pemilik cinta tertinggi yang tidak ada habisnya. Cinta Allah adalah cinta yang murni sementara cinta pada selainNya penuh dengan syarat, pamrih dan berbatas waktu. Menurut Ustadz Aad, demikian beliau biasa disapa, cinta itu terlahir dari dua cara;

Pertamacinta lahir dari rasa syukur, baik sangka dan optimisme.

Syukur yang  bukan hanya sekadar ucapan, yang dengan  syukur itu ia kan mampu melahirkan optimisme dan prasangka baik. Ketika kita bersyukur maka kita akan memiliki banyak cinta dan kasih sayang. Syukur bermakna mengakui nikmat Allah serta mendayagunakannya untuk kemashlahatan yang sebesar-besarnya untuk umat. Jadi syukur adalah perbuatan untuk mendayagunakan nikmat yang Allah berikan agar nilai kebaikannya menjadi bertambah. Dengan bersyukur kita pun akan lebih jeli melihat sisi baik dari segala hal sehingga kita bisa mengutamakan prasangka baik.

Rasa syukur ini pula yang akan membuat kita memiliki jiwa yang lebih lapang mampu melihat perspektif lain yang penuh hikmah bahkan dari kesedihan musibah dan kemalangan. Kita perlu melihat sisi baik dari setiap hal yang terjadi. Sehingga rasa syukur kemudian akan melahirkan cinta, karena cinta tidak akan lahir dari yang kufur nikmat. Orang yang tidak bersyukur akan memiliki dada yang terasa sempit tidak nyaman dan mudah mencari sisi buruk dari dalam dirinya. Orang-orang yang kurang atau tanpa syukur akan kesulitan melahirkan rasa cinta dalam dirinya. 

Ternyata saat kita bersyukur, Allah akan melapangkan hati kita sehingga kita akan mampu menghadapi kehidupan dengan optimis. Maka jika boleh saya menyimpulkan; Syukur, baik sangka dan optimisme itu satu paket. Bermodalkan syukur orang akan berbaik sangka dan dengan bermodalkan baik sangka orang akan optimis.

Kedua, cinta lahir dari keindahan, kelembutan hati dan kebaikan.

Cinta datang dari keindahan. Maka kita perlu menghadirkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keindahan ke dalam diri kita, keluarga dan kehidupan kita. Dengan mentadaburi indahnya ciptaan Allah misalnya. Cinta juga datang dari kelemahlembutan dan kebaikan. Bukankah Allah tidak menyukai orang yang kasar? Rasulullah saw adalah sebaik-baik manusia dengan kelembutan hatinya. Menurut ust Adriano Rusfi, kita perlu melakukan banyak kebaikan. Karena kebaikan berbuah doa. Doa inilah yang kemudian akan melahirkan kelembutan, cinta dan kasih sayang.

Maka jika demikian semua hal ini (syukur, optimisme,  keindahan, kelembutan dan kebaikan) adalah penyebab-penyebab hadirnya cinta dalam kehidupan kita. Jangan tertipu pada propaganda cinta para kapitalis. Cinta yang hakiki bukanlah cinta semu yang hanya berpusat pada eksplorasi fisik semata lalu bermuara pada nestapa nafsu belaka. Namun, cinta yang hakiki akan melahirkan kenyamanan dan ketenangan hidup karena ia yakin Sang Maha Cinta telah menanti kembalinya jiwa-jiwa yang muthmainnah penuh cinta pada Rabb-Nya, sebagaimana firman Allah :

"Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Rabb-mu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Kemudian masuklah ke dalam (jamaah) hamba-hamba-Ku, Dan masuklah ke dalam surga-Ku!” (QS. Al-Fajr: 27-30).

Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X