Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
120 views

Cinta Rasulullah Sepanjang Masa, Bagaimana dengan Cintamu?

 

Oleh: Umi Hanifah

Orang yang mencintai pasti akan melakukan apa saja demi yang dicintai. Manusia yang harus dicintai di muka bumi ini adalah Rosulullah SAW setelah mencintai Allah. Selanjutnya mencintai keluarga, saudara, sahabat, dan yang lain karena Allah.

Cinta menurut lmam Al-Baidowi dalam kitab min muqowimat cinta adalah keinginan untuk taat. Imam Al-Zujaj berkata, cintanya manusia kepada Allah dan Rasulullah adalah menaati keduanya dan rida terhadap segala perintah Allah dan segala ajaran yang dibawa Rasulullah saw. Inilah cinta yang mendatangkan kebaikan.

Cinta kepada Allah dan Rosulullah saw inilah yang diperlukan manusia, karena mencintai yang tepat dan pasti membawa pada kebahagiaan yang hakiki. Cinta yang tidak akan bertepuk sebelah tangan, karena tanda manusia dicintai Allah adalah mendapatkan ampunan, pahala, dan rida-Nya kepada hamba.

Siapa saja yang mencintai Rosulullah saw maka beliau teladan sepanjang masa. Artinya tidak ada teladan terbaik selain Beliau saw dalam setiap aspek, baik sebagai suami, sahabat, tetangga, anak, ayah, bahkan sebagai kepala negara di Madinah.

Sejarah mencatat, sebagai ayah Beliau saw menyayangi dan membimbing keluarganya untuk taat dan berbuat baik. Sebagai suami Beliau saw selalu ada waktu untuk bercengkerama dengan para istrinya meski ditengah kesibukan dakwahnya. Sebagai sahabat, Beliau saw tidak membedakan baik pada yang tua, muda, kaya, maupun yang papa. Semuanya dekat dengan Beliau saw. Sebagai kepala negara Beliau saw mampu mengubah manusia jahiliyah menjadi generasi terbaik, sehingga lslam tegak menjadi sebuah peradaban yang agung. Semua itu karena Beliau saw diutus untuk menebar rahmat ke semua alam.

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Artinya: Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS Al-Anbiya 107).

Hidup Beliau saw semata-mata untuk mengemban risalah lslam agar manusia bisa merasakan manisnya iman. Meskipun Beliau saw sudah dijamin masuk surga, namun aktivitas dakwah tiada lelah terus dilakukan sehingga Islam bisa menguasai jazirah Arab dan sekitarnya. Padahal tantangan yang dihadapi sampai mengancam jiwanya. Beliau saw dilempari batu hingga betisnya berdarah namun tak ada keluhan apalagi cacian, justru kalimat indah keluar dari lisannya yang mulia. Beliau ingin agar dari keturunan mereka menjadi pembela agama Allah, dan terbukti Allah mengabulkan doanya.

Hingga menjelang wafatnya yang Beliau saw kenang adalah umatnya, bukan keluarga dan yang lainnya. Beliau saw sangat ingin agar umatnya selamat dari jilatan api neraka. Sungguh cinta Beliau saw adalah cinta sejati. Lantas bagaimana dengan cinta kita kepada Beliau saw?

Sekali lagi cinta perlu bukti. Beliau saw melarang wanita membuka aurat di depan publik apalagi sengaja memamerkannya. Riba, membunuh, menipu, berzina, minum khamr, tidak berhukum pada aturan Allah, LGBT dan lainnya adalah hal-hal yang dibenci Beliau saw. Namun dalam sistem sekularisme hari ini hal itu dianggap lumrah jika dilakukan banyak orang, padahal mengaku mencintainya. Mereka mengaku beriman dan taat pada sebagian yang diperintahkan namun mengingkari sebagian yang lain. Mereka tidak takut ancaman siksa neraka, artinya cinta mereka palsu dan itulah orang yang sesungguhnya kafir.

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud memperbedakan antara Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan, "Kami beriman kepada sebagian (dari rasul-rasul itu), dan kami kafir terhadap sebagian (yang lain)," serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (lain) di antara yang demikian (iman atau kafir), merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. (TQS An-Nisa 150-151). Allahu a’lam. (rf/voa-islam.com)

ILustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X