Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.335 views

Hey Kamu, Be Leader not Follower!

 

Oleh: Ashaima Va

Zaman sekarang ternyata jadi YouTuber atau celebgram lebih diminati kalangan muda ketimbang profesi lain. Siapa sih, yang nggak kenal sama PewDiePie. YouTuber berkebangsaan Swedia ini menempati posisi puncak sebagai akun dengan 99 juta subscribers. Nggak ketinggalan di dalam negeri ada Atta Halilintar dengan 18 juta subscribers.

Sebagai YouTuber dengan jutaan subscribers atau celebgram dengan jutaan follower penghasilan milyaran ada dalam genggaman. Tercatat PewDiePie saja berpenghasilan 114 Miliar per bulan. PewDiePie menduduki peringkat pertama dunia untuk YouTuber dengan penghasilan tetinggi dan Atta Halilintar menempati peringkat ke-8. Nggak hanya itu, popularitas pun pasti didapat. Banyak remaja mengidolakan, menantikan content yang akan diunggah nggak peduli kalau nyatanya unfaedah, sampai meneladani perilakunya.

Unggahan prank iseng berbalut kebohongan banjir like. Surprise party ke pacar mengundang banyak viewers. Bahkan foto vulgar pasangan tak halal lengkap dengan wine di tangan menuai pujian sebagai 'couple  goals banget'.

Sedihnya dari jutaan subscibers dan follower itu tidak sedikit dari kalangan remaja-remaja muslim. Mereka-mereka yang sedang galau dengan pencarian identitasnya. Remaja muslim yang akhirnya terjebak dengan gaya hidup Barat. Mereka memahami jika keren itu kalau fashion item-nya kekinian. Nge-hits itu kalau nggak norak dengan gaya gaul remaja lengkap dengan hobi party-nya. Dan epik itu kalau berani menantang arus sekalipun harus menantang aturan.

Yap, remaja muslim kini cenderung jadi follower bukan leader.

Follower adalah mereka yang tak memiliki pegangan. Apa yang sedang ngetren akan diikuti nggak peduli walau bertentangan dengan aqidah Islam. Follower juga mereka yang gamang, nggak pede dengan apa yang menjadi tuntunan Rasululullah hanya karena itu nggak musim.

Padahal remaja muslim semestinya remaja yang jadi leader. Berbekal tuntunan Rasul, remaja harusnya menghiasi diri dengan syakhsiyah Islamiyah atau kepribadian Islam. Kepribadian yang berkarakter. Tak latah dengan tren yang bertentangan dengan aturan Islam. Tak mengamini bahkan memuji gaul bebas ala pacaran. Kepribadian yang kokoh dalam menjalankan tuntunan Rasululullah. Kepribadian yang dimanapun berada akan memberi keteladanan dalam sikap dan ucapan.

Jauh-jauh hari Rasululullah sudah memperingatkan umatnya untuk jangan jadi follower dalam hal kebatilan melalui hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

“Jangan kalian menjadi imma’ah! Kalian mengatakan : ‘Jika manusia berbuat baik, kami pun akan berbuat baik; jika mereka berbuat kezaliman, kami juga akan berbuat zalim’. Akan tetapi, kokohkan diri kalian. Jika manusia berbuat baik, kalian juga berbuat baik, jika mereka berbuat buruk, maka jangan kalian berlaku zalim.” (HR. at-Tirmidzi)

Larangan menjadi imma'ah dalam hadist tersebut menjadi reminder buat para remaja agar teguh dalam berislam. Jangan menganggap seru suatu perbuatan batil bahkan sampai mengikutinya. Remaja Islam harus jadi pelopor dalam kebaikan. Pemimpin dalam ketaatan pada Allah.

Pemuda yang unggul dalam ketaatan adalah niscaya. Sejarah telah mencatat kegemilangannya. Bahkan pada rentang masa yang jauh dari era Rasululullah. Salah satunya adalah Muhammad Al Fatih 22 tahun, goresan sejarah mengukir namanya dengan epik. Saat itu dia berhasil menaklukkan Konstantinopel ibu kota Byzantium. Bisyarah atau kabar gembira dari Rasulullah yang terbukti pada era Al-Fatih.

Terdapat pula Abdurrahman An Nashir 21 tahun. Pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Kemajuan sains melesat di bawah kepemimpinannya. Berikutnya terdapat Muhammad Al Qasim, saat berusia 17 tahun sudah mampu membebaskan India dan menjadikannya sebagai bagian dari wilayah kaum muslimin.

Sungguh keteladanan hanyalah milik Rasululullah bukan milik manusia. Generasi semestinya diarahkan menjadi generasi leader yaitu generasi pemimpin yang memiliki kepribadian Islam yang istiqamah. Dengan begitulah peradaban Islam yang gemilang akan mampu tegak kembali. Wallahua'lam bi ash-shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X