Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.879 views

Born To Be Leader, DNA Remaja Muslim

 

Oleh:

Qayyum AzZahra

Aktivis Dakwah Millenial, Siswi SMP

 

KRISIS kepemimpinan dan calon pemimpin tengah melanda negeri khatulistiwa.Generasi muda yang seharusnya memegang tongkat estafet kepemimpinan, masih banyak yang tak mempersiapkan diri, masih banyak yang ogah – ogahan asyik dengan dunianya sendiri. Berselancar di dunia maya, sibuk ngurusin sosial media atau hanyut dalam cerita cinta drama Korea.

Apa kabar generasi muslim kita hari ini? Sepertinya tak jauh beda kondisinya. Kebanyakan dari yang berkiblat pada kehidupan barat. Dari mulai gaya hidup “semau gua” (liberal), cara berbusana yang pamer aurat hingga urusan agama yang dipisahkan dari kesehariannya. Padahal sejatinya, Remaja Muslim itu seorang Leader bukan Follower!

 

#IstimewaSejakLahir

Sebelum kita gede, pasti kita semua pada pernah jadi bayi bahkan embrio. Semuanya berawal dari pembuahan sperma dan sel telur. Ada jutaan sperma yang saling berperang agar bisa masuk ke sel telur. Kamu bersaing dengan ratusan juta benih yang juga ingin lahir ke dunia. Berkompetisi berjuang antara hidup dan mati. Itulah kenapa kita sudah ditakdirkan istimewa sejak lahir.

 

#HidupSebagaiSeorangPemimpin

Sebagai seorang muslim, kita lahir bukan tanpa tujuan. Ada misi yang kita emban dari sang pencipta. Misi ini yang jarang kita sadari. Padahal Allah sudah mengingatkan kita dalam firmannya “ Dan aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaku “ (Qs. Adz Dzariyat : 56).

Jadi misi hakiki kita adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Berlomba – lomba meraih ridhonya dalam setiap perbuatan kita dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Di akhir hidup kita nanti bakal kembali kepadanya dan di mintai pertanggung jawab atas apa yang telah kita perbuat di dunia.

Itu artinya, selama hidup kita di biasakan memikul tanggung jawab. Inilah modal dasar karakter seorang pemimpin dalam Islam yang menyadari hidupnya nggak cuma di dunia, tapi juga di akhirat saat kita di kumpulkan pada hari perhitungan. Dan nggak mikirin dirinya sendiri alias Individualis.

Tanggung jawab yang kita pikul sebagai seorang muslim mencakup beberapa hal, diantaranya:

Pertama, bertanggung jawab kepada diri sendiri. Kita akan mempertanggung jawabkan atas semua perbuatan yang telah kita lakum. Ini yang nanti di pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Karena itu pilihan ada di tangan kita mau ambil yang baik atau yang buruk. Kita memimpin diri kita agar mampu menundukkan nafsu syahwat yang bisa menjerumuskan pada maksiat.

Kedua, bertanggung jawab kepada keluarga. Sebagai kepala keluarga memiliki tanggung jawab yang besar, menjaga semua anggota keluarganya supaya nggak kepeleset dalam lubang dosa bin maksiat.

Ketiga, bertanggung jawab terhadap masyarakat. Sebagai bagian dari masyarakat, Islam mengajarkan kita  agar terhindar dari sikap individualis. Sebaliknya kita diwajibkan untuk peduli lingkungan dan bertanggung jawab menjaga masyarakat dari kemaksiatan yang semakin hari semakin merajalela.

Dari Abu Sa’id Al – Khudri R.A. berkata “ aku mendengar Rasulullah SAW. Bersabda, “barang siapa Siantar kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan linsannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah – lemah Iman.” (HR. Muslim).

Karakter pimpin dalam Islam dibangun dari kekuatan aqidah. Sehingga nggak mudah untuk menyerah dan mentalnya anti melehoy letoy. Sudah seharusnya menjadi remaja muslim, pemegang tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya kita memantaskan diri dengan menempa diri dengan tsaqofah Islam, memiliki jiwa pantang menyerah dan gigih berjuang, memiliki mental berkontribusi dakwah bukan berdiam diri dan yang terpenting adalah menyadari bahwa kita terikat dengan hukum syara’, maka tunduk pada syariat adalah sebuah keharusan bukan pilihan.

Sudah bawaan dari lahir dan keimanan yang menjadikan kita sebagai pemimpin. Sebagaimana yang ditegaskan Rasulullah dalam sabda nya,”kalian semua adalah pemimpin dan seluruh kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin. Penguasa adalah pemimpin dan seorang laki-laki adalah pemimpin, wanita juga adalah pemimpin atas rumah dan anak suaminya. Sehingga seluruh kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpin.” (Muttafaqun Alaihi).

Kini saatnya kita segera bergerak memantaskan diri menjadi bagian dari generasi cemerlang yang menjadi ujung tombak perubahan ke arah yang lebih baik sebagai Agen Of Change. Mari kita hiasi hari-hari kita dengan aktivitas gaji dan dakwah. Agar hidup makin berarti dan penuh berkah. Karena kita dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Born To Be Leader. Berangkat!*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X