Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.233 views

Kriminalitas Meningkat, Ada Apa dengan Anak Muda Zaman Now ?

 

Oleh: Dhiniaty Amandha

"Anak muda zaman now" tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun apa sebenarnya karakter yang dibangun dari prespektif istilah tersebut? Banyak sekali cuitan di media sosial meramaikan komentar dengan istilah ini. Zaman now artinya zaman sekarang, sehingga bisa diartikan anak muda zaman sekarang.

Fakta di masa pandemi Covid-19 yang menimpa dunia, kasus kriminalisasi yang dilakukan anak muda justru meningkat. Di Kabupaten Madiun kasus anak muda hamil duluan naik signifikan, lebih dari 100 % dibandingkan kasus serupa pada tahun sebelumnya. Konsumsi disertai pesta menggunakan miras oplosan dan narkoba oleh anak muda juga meningkat. Aksi pembegalan oleh anak muda juga marak. Termasuk meningkatnya anak muda yang terlibat dalam jaringan prostitusi online. Tentu yang terlibat adalah anak muda yang berada pada masa produktifitasnya. Masih banyak fakta lain yang mengungkap bahwa kasus kriminalitas anak muda saat ini sangat memprihatinkan, bahkan terjadi di lingkungan sekitar kita.

Sebenarnya apa yang menjadi pangkal sebab anak muda kian hari terperosok dan jauh dari harapan kebangkitan?  Apakah teknologi yang canggih masih belum memadai untuk menjadi sarana bagi anak bangsa dalam mencapai keemasannya?

Fakta yang terjadi justru kecanggihan teknologi menjadi ‘pembawa’ arus kerusakan anak muda. Anak menjadi lalai akan segala hal baik dan produktif yang harus dilakukannya. Bahkan tidak sedikit orangtua yang menyalahkan teknologi atas kerusakan pada anaknya. Menyalahkan teknologi, tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Karena teknologi hanya sarana. Bagaimanapun teknologi mempunyai dampak positif yang banyak bagi kehidupan manusia. Lalu apa yang harus kita benahi ?

Informasi. Secara tidak sadar pola pikir manusia tergantung atas informasi yang ia terima. Pola pikir itu membentuk menjadi sebuah persepsi. Dari persepsi inilah yang nantinya akan menentukan tindakan dan berakhirlah menjadi sebuah kebiasaan jika dilakukan terus menerus. Jika informasi yang disaring adalah informasi yang positif maka akan terbentuklah kebiasaan yang membawa anak pada hal yang positif, dan sebaliknya. Jika informasi yang diterima terus menerus adalah tentang musik, maka anak akan berpikir bahwa musik itu menyenangkan. Sehingga dalam tindakannya ia gemar bermain alat musik dan terbiasa memainkannya.

Jika menginginkan anak yang cerdas, taat kepada Allah, dan hal-hal baik lainnya maka gantilah informasi pada anak tersebut. Tentunya tidak semua anak muda pada zaman ini akan terlena oleh buaian dunia. Masih ada anak muda yang sangat perduli akan peradaban dunia.

Mengapa anak muda harus peduli dengan peradaban? Karena anak mudalah yang nantinya akan meneruskan apa-apa yang ada pada peradaban saat ini. Jika saat ini anak muda tidak mengambil peran, maka di masa yang akan datang merekalah yang akan mengemban kesengsaraannya. Tentu jika informasi yang diterima saat ini hanyalah kesenangan dunia semata, maka apa yang akan menjadi pencapaian? Tidak lain dan tidak bukan hanyalah materi dan kepuasan akan nafsu dunia.

Mari kita sedikit mengulik sejarah anak muda pada masanya. Mungkin cerita ini sudah sangatlah lampau. Ya, jika dibahas dari sisi teknologi tentulah tidak akan sama dengan apa yang ada di depan mata anak muda saat ini. Tapi ada hikmah dan pelajaran yang agung atas sejarah ini.

Muhammad al-Fatih salah satu dari banyaknya pejuang Islam. Beliau dijuluki seorang penakluk. Sejarah mencatat dalam usianya yang masih terbilang sangat muda yaitu 12 tahun, Beliau sudah diangkat menjadi Sultan Turki Ustmani (30 Maret 1432 - 3 Mei 1481). Pada usia ke 21 tahun, Muhammad al-Fatih berhasil menaklukkan konstantinopel, ibukota dari negara super power. Kota ini memiliki benteng legendaris yang tidak pernah tertembus musuh sebelumnya. Tapi apa nyatanya? Kota tersebut jatuh ke tangan Islam.

Muhammad al-Fatih juga mempunyai penguasaan dalam bidang ketentaraan, sains dan matematika. Bahkan beliau mampu menguasai 6 bahasa. Berkat karakter kepemimpinan yang ditanamkan sejak kecil, Muhammad al-Fatih membuat banyak kawan dan lawan kagum atas kepemimpinannya. Belum lagi kecerdasan taktik dan strateginya dalam berperang.  Tentunya semua itu adalah hasil dari motivasi dan didikan dari orangtua dan guru yang sangat luar biasa.

Masih banyak lagi inspirasi yang dapat diambil dari kisah Muhammad al-Fatih. Akan sangat panjang jika harus menguraikannya pada tulisan ini. Namun dengan sepenggal cerita di atas, muncul sebuah pertanyaan, "Apa yang membuat Muhammad al-Fatih begitu bersemangat dalam menggapai keinginannya?"

Tentu bukan harta ataupun tahta, apalagi wanita. Akan tetapi ketakwaanlah yang menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah yang tertera pada hadistnya. “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR Ahmad bin Hanval Al Musnad).

Muhammad al-Fatih sangat yakin bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam tidak pernah berbohong. Muhammad al-Fatih ingin memenuhi perkataan Rasulullah tersebut atas cintanya kepada Rasulullah dan agama yang dibawanya.

Kembali kepada point informasi, tentu informasi yang diterima oleh Muhammad al-Fatih dari sejak kecil bukanlah informasi yang membawanya akan kesenangan dunia. Karena beliau tahu bahwasanya ketika kita berjuang untuk akhirat, maka dunia dan seisinya akan di tangan.

Anak muda seharusnya tidak buta akan sejarah kebangkitan. Bagaimanapun Islam pernah berada pada masa keemasannya. Tidakkah kita ingin membangun peradaban ini dengan belajar dari sejarah kebangkitannya? Mari ubah informasi berawal dari diri sendiri! (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Rumah Dakwah Ustadz Sukarman Reyot Terancam Roboh, Ayo Bantu!

Sungguh prihatin kondisi rumah Ustadz Ahmad Sukarman ini. Rumah tinggal yang difungsikan sebagai markas pengajian ini sangat tidak layak, rapuh dan reyot terancam roboh....

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Aktivis Masjid Butuh Kaki Palsu dan Gerobak untuk Hidup Mandiri, Ayo Bantu..!!

Bermodal kaki palsu Abu Rahman keliling Kota Solo menjajakan minuman 'es kapal' untuk menafkahi keluarga. Kini ia tak bisa bekerja lagi karena kaki palsunya jebol tak bisa diperbaiki.Ayo Bantu.!!...

Latest News
Legalisasi Investasi Miras Mengundang Murka Allah?

Legalisasi Investasi Miras Mengundang Murka Allah?

Rabu, 03 Mar 2021 12:36

Ke mana Ya Pak Kai Ma'ruf Amin?

Ke mana Ya Pak Kai Ma'ruf Amin?

Rabu, 03 Mar 2021 12:00

Fraksi PKS Apresiasi Pembatalan Aturan Legalisasi Industri Miras

Fraksi PKS Apresiasi Pembatalan Aturan Legalisasi Industri Miras

Rabu, 03 Mar 2021 07:46

Lampiran Perpres Miras Dicabut, MUI: Momentum Kaji Ulang Seluruh Regulasi yang Destruksi

Lampiran Perpres Miras Dicabut, MUI: Momentum Kaji Ulang Seluruh Regulasi yang Destruksi

Rabu, 03 Mar 2021 07:12

Masalah Pengelolaan Wakaf dari Berbagai Negara

Masalah Pengelolaan Wakaf dari Berbagai Negara

Rabu, 03 Mar 2021 07:04

Kementerian Kesehatan Saudi: Umat Islam Yang Ingin Menunaikan Haji Tahun Ini Harus Divaksin COVID-19

Kementerian Kesehatan Saudi: Umat Islam Yang Ingin Menunaikan Haji Tahun Ini Harus Divaksin COVID-19

Selasa, 02 Mar 2021 19:05

Turki Buka Kembali Sebagian Besar Restoran dan Sekolah

Turki Buka Kembali Sebagian Besar Restoran dan Sekolah

Selasa, 02 Mar 2021 18:35

279 Siswi Nigeria Yang Diculik 'Bandit' Dari Sekolah Asrama Di Zamfara Telah Dibebaskan

279 Siswi Nigeria Yang Diculik 'Bandit' Dari Sekolah Asrama Di Zamfara Telah Dibebaskan

Selasa, 02 Mar 2021 17:45

Rusia Tarik Pasukan Dari Kota Saraqib Untuk Lindungi Tentaranya Dari Serangan Jihadis

Rusia Tarik Pasukan Dari Kota Saraqib Untuk Lindungi Tentaranya Dari Serangan Jihadis

Selasa, 02 Mar 2021 17:05

Pembunuhan Khashoggi Halangi Jalan Mohammed Bin Salman Menuju Tahta Kerajaan Saudi

Pembunuhan Khashoggi Halangi Jalan Mohammed Bin Salman Menuju Tahta Kerajaan Saudi

Selasa, 02 Mar 2021 16:35

Legalisasi Miras: Apa Kabar Kiyai Ma’ruf Amin?

Legalisasi Miras: Apa Kabar Kiyai Ma’ruf Amin?

Selasa, 02 Mar 2021 07:48

Abdul Mu'ti Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat yang Keberatan dengan Perpres Miras

Abdul Mu'ti Minta Pemerintah Dengarkan Aspirasi Masyarakat yang Keberatan dengan Perpres Miras

Selasa, 02 Mar 2021 07:11

Pilpres 2024, Antara yang Muda dan yang Tua

Pilpres 2024, Antara yang Muda dan yang Tua

Selasa, 02 Mar 2021 06:54

Perpres Produksi Miras, Presiden Jokowi Mikir Apa Tidak Ya?

Perpres Produksi Miras, Presiden Jokowi Mikir Apa Tidak Ya?

Selasa, 02 Mar 2021 06:39

Laporan: 3 Nama Secara Misterius Dihapus Dari Laporan AS Tentang Pembunuhan Khashoggi

Laporan: 3 Nama Secara Misterius Dihapus Dari Laporan AS Tentang Pembunuhan Khashoggi

Senin, 01 Mar 2021 20:35

Badan Amal Turki Akan Bangun Kota Untuk Para Pengungsi Di Azaz Barat Laut Suriah

Badan Amal Turki Akan Bangun Kota Untuk Para Pengungsi Di Azaz Barat Laut Suriah

Senin, 01 Mar 2021 20:01

Taliban Serukan AS Patuhi Perjanjian Damai Yang Ditandatangani Tahun Lalu Di Qatar

Taliban Serukan AS Patuhi Perjanjian Damai Yang Ditandatangani Tahun Lalu Di Qatar

Senin, 01 Mar 2021 17:03

Politik Mabuk Jokowi

Politik Mabuk Jokowi

Senin, 01 Mar 2021 14:54

Forum Jurnalis Muslim Tetapkan Dudy Sya'bani Takdir sebagai Ketum Periode 2021-2024

Forum Jurnalis Muslim Tetapkan Dudy Sya'bani Takdir sebagai Ketum Periode 2021-2024

Senin, 01 Mar 2021 14:28

281 Anak dari 19 Provinsi Ikuti Lomba Tahfidz Nasional yang Diadakan Masjid Astra

281 Anak dari 19 Provinsi Ikuti Lomba Tahfidz Nasional yang Diadakan Masjid Astra

Senin, 01 Mar 2021 13:48


MUI

Must Read!
X