Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.159 views

Memoar Singkat Sejarawan Rachmad Abdullah (Bagian ke-1)

Oleh: Tatang Hidayat (Pegiat Student Rihlah Indonesia)

Rachmad Abdullah bin Muharram dilahirkan di Bibis Kulon, Gilingan, Surakarta pada 18 Dzulqa’dah 1404 H / 15 Agustus 1984 M dan wafat hari Senin, 9 Dzulhijjah 1442 H / 19 Juli 2021 M di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Putra ke-2 dari pasangan Muharram dan Suweni, memiliki satu saudara bernama Rachmad Romadhoni.

Dari silsilah hubungan darah, penulis masih ada hubungan keluarga dengan KH. Abdul Mannan (Mbah Kaji Dul Manan), perintis Pondok Pesantren Al-Qur`an Al-Muayyad, Mangkuyudan, Surakarta, sekaligus salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) terkenal di Surakarta bahkan di Tanah Jawa. Ini karena nenek Rachmad Abdullah yang bernama Maemunah, merupakan putri dari KH. Thoyyib dan Muspingah (saudari KH. Abdul Manan). Rachmad Abdullah juga masih ada hubungan silsilah dengan Pakdhe Nidzham dan KH. Thoha, pengurus Masjid Al-Wustha Mangkunegaran, Surakarta.

Nyai Hj. Shofiyah binti KH. Abdul Mu’id bin KH. Muh. Thohir (kakak pertama KH. Muh. Idris, Jamsaren Solo), dinikahkan dengan KH. Abdul Mannan, saudara Muspingah. Sementara KH. Thoyyib dan Muspingah memiliki 5 anak, yaitu Salimah (Kartasura), Maemunah (Bibis Kulon, Solo), M. Bachrun (Bibis Kulon, Solo), M. Bakri (Medan, Sumatera), dan M. Badri (Magelang).

Pada 1 Syawal 1437 H (Agustus 2005), Rachmad Abdullah untuk kedua kalinya bersilaturrahmi ke Mbah Ummi Kulsum, utara Langgar Jenengan, 30 M timur laut dari SMA Al-Islam 1 Surakarta, untuk melacak silsilah beliau yang menurut informasi dari Bulek Nur Hayatun / Atun (Mangu) dari Mbah Kaji Thoyyib, masih keturunan Sultan Trenggono (Demak) yang berlanjut ke Pajang, Mataram Baru, Kartasura dan Surakarta. Saat itu bertemu pula dengan KH. Dian Nafi’, pengasuh Pondok Windan, Pajang.

Keterangan umumya, bahwa keluarga Mbah Kaji Thoyyib, dekat hubungannya dengan keluarga KH. Abdul Rozaq Shofawi, pengasuh Pondok Al-Muayyad yang pernah beliau temui tahun 2010 M silam. Banyak ulama (kyai) dan sultan di Jawa yang merupakan keturunan dari Sunan Giri (Walisongo) dan Sultan demak.

Rachmad Abdullah menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SDN Bibis Wetan lalu SDN Gambirsari Surakarta (1991-1996). Jenjang pendidikan Sekolah Menengah dilanjutkan di SMP N 16 Surakarta (1996-1999) lalu di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta (1999-2002). Pendidikan Tinggi ditempuh pada Jurusan Fisika FMIPA di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (2002). Semasa kuliah pernah bergabung dalam Lembaga Dakwah Kampus Universitas bernama Jama’ah Nurul Huda (LDK JN UKMI UNS).

Penggalian potensi di dunia jurnalistik diselami pada Majalah Azzam Syiar Kegiatan Islam (SKI) FMIPA UNS. Goresan penanya semakin dipertajam ketika aktif bersama Majalah PIJAR sebagai ketua redaksi dalam Departemen Dakwah dan Media bidang Humas JN UKMI UNS.

Pada tahun 2006, Rachmad Abdullah mendaftar ke Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Jenjang pendidikan yang setara dengan Program D-2 (2006-2008) ditempuhnya pada jurusan Bahasa Arab dan Studi Islam (al-Lughoh al-‘Arobiyyah wa ad-Dirosah al-Islamiyyah). Pada tahun 2008, berhasil meraih gelar Sarjana S-1 (Sains Fisika) dan lulus dari Ma’had Abu Bakar Ash-Shiddiq UMS Surakarta. Dalam tahun yang sama diterima mengajar IPA Fisika di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta (2008/2009).

Pada Tahun Pelajaran 2009/2010, Rachmad Abdullah pindah ke SMP Al-Islam 1 Surakarta dan mengajar IPA Fisika kemudian IPA Terpadu (Fisika dan Biologi). Pada tahun pertama tersebut bertepatan dengan ditetapkannya SMP Al-Islam 1 Surakarta sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Pada Juli 2009, beliau bersama 4 guru MIPA dan TIK ditugaskan Kepala SEkolah (Drs. Nur Rokhmat) untuk mengikuti Bimbingan Teknis Guru IPA dan TIK RSBI SMP di Hotel Sahid Raya Yogyakarta.

Untuk memenuhi tuntutan RSBI Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (20% S2), pada tahun 2010 studi lanjut S-2 penulis ambil pada Pendidikan Sains Minat Utama Fisika di Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Gelar Magister Pendidikan (M. Pd.) diraih pada tahun 2012 dengan tesis berjudul “Implementasi Aqidah Tauhid Dalam Pembelajaran IPA Fisika Dengan Metode Kooperatif Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Karakter Siswa.”

Pada Juli 2010, Rachmad Abdullah bersama guru MIPA dan TIK lainnya kembali ditugaskan mengikuti Bimbingan Teknis RSBI SMP di Hotel Sahid Jaya Surakarta. Dalam BIMTEK ke-2 ini Kemendikbud menyelenggarakan program Short Course bagi guru-guru RSBI yang terseleksi untuk belajar ke Australia dan Malaysia guna meningkatkan kemampuan MIPA dan Bahasa Inggris. Alhamdulillah, beliau berhasil lolos seleksi dan diberangkatkan atas nama SMP Al-Islam 1 Surakarta belajar ke luar negeri. Tepatnya di SEAMEO RECSAM, Pulau Penang, Malaysia selama 1 bulan (November 2010) bersama 63 guru RSBI SMP se-Indonesia angkatan ke-3.

Pada Juli 2014, Rachmad Abdullah diminta mengajar Fisika untuk kelas 10, 11 dan 12 di MA Nurul Iman Li Tahfizh Al-Quran (Hidayatullah) Karanganyar dan juga MA Al-Kahfi Surakarta mulai Juli 2016. Pada 14 September 2015 beliau diminta mengajar Mata Kuliah Logika di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Bimbingan Konseling Islam (BKI).

Mulai 14 Maret 2016, selain Logika juga diminta mengajar mata Kuliah Sejarah Dakwah Nusantara (SDN). Pada 26 September 2016 diberi amanah mengajar Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa untuk 7 kelas Bimbingan Konseling Islam (BKI) di FUD dan Sejarah Peradaban Islam (SPI) untuk 3 kelas jurusan Hukum Pidana Islam (HPI 1 A & 1 B) dan Manajemen Zakat & Wakaf. Bersambung...

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X