Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.932 views

Auranya Maghrib Banget, Body Shamming Gak sih?

 

Oleh: Aily Natasya

Pernah dengar ungkapan ‘Aura maghrib’, nggak? Ungkapan yang biasa dilontarkan kepada orang-orang yang memiliki kulit yang tan atau gelap. Yang mana, ungkapan tersebut merupakan bentuk ejekan bagi orang yang dituju. Tak hanya berhenti di situ, bagi yang kulitnya lebih hitam, diejeknya bukan lagi pakai ‘aura maghrib’, tapi ‘aura tahajjud’.

Ya, walau ada yang dengan bangga menggunakan ungkapan ini untuk memuji dirinya, bahwa dia bangga dengan kulitnya, tapi yang sedang mau kita bahas di sini adalah tentang orang-orang yang menggunakan konotasi tersebut ke hal yang negatif seperti body shamming terhadap orang lain.

Lagi-lagi tentang fisik. Jika dipikir-pikir, orang selalu punya cara baru, istilah baru, dan ungkapan baru demi mengejek fisik seseorang secara halus. Padahal, mau sehalus apa pun ungkapan tersebut dibuat, ejekan tetaplah ejekan. Dan orang yang mendapatkan ejekan tersebut berhak sakit hati. Orang yang awalnya tidak merasa buruk dengan tampilan fisiknya, kemudian jadi merasa malu dan buruk karena orang yang mengejeknya.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olokkan kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan), dan jangan pula wanita (yang mengolok-olokkan) wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Al-Hujurat: 11)

Selain menjadi ungkapan ejekan, sadarkah kita bahwa kita juga sedang membuat buruk citra tahajjud yang aslinya adalah mulia? Tahajjud itu salah satu bentuk kasih sayang Allah ke hamba-hambaNya, loh. Di waktu tahajjud itulah Allah datang langsung ke langit dunia demi melihat dan mendengar hambaNya beribadah dan berdoa. Eh, ini orang-orang malah membuat kata ‘tahajjud’ menjadi trauma bagi sebagian orang, bahkan dijadikan kata dengan konotasi yang negatif.  Duh, ulah oknum-oknum yang tidak memiliki rasa tanggung jawab selalu saja begini.

“Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Alllah berfirman, ‘Barangsiapa yang berdoa kepadaKu, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepadaKu, niscaya Aku ampuni.’” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808).

Jadi udah ya, jangan diterus-terusin atau pun dilestarikan ungkapan-ungkapan yang menjurus pada body shamming semacam itu. Karena seriusan deh, yang sedang kita olok-olok itu ciptaan Allah. Apa nggak malu, udahlah mengejek ciptaan Allah, ngejeknya pakai ibadah yang paling dimuliakan oleh Allah pula. Na’udzubillah.

Padahal Allah sudah menciptakan semua manusia itu beragam. Nggak ada yang jelek. Hanya mulut kita saja yang jelek. Ciptaan Allah itu sempurna. Yang cacat dan jelek itu cuman akhlak kita. Saking buruknya akhlak kita, kesempurnaan ciptaan Allah itu tak terlihat oleh kita. Astaghfirullah.

Jangan bawa-bawa bercanda terkait hal ini, karena sudah basi. Jangan lagi membela diri dengan mengatakan bahwa orang-orang aja yang mudah terbawa perasaan, padahal kita yang tidak memiliki adab. Nggak semua hal bisa dibercandain. Semua ada batasnya. Apalagi sebenarnya itu memang bukan lagi candaan, tapi memang penghinaan terhadap fisik. So, yuk, sebelum berbicara, komen, dipikir-pikir lagi. Apakah komenan kita ini bermutu atau tidak, apakah komenan kita bisa menzalimi orang atau tidak. Tidak mudah tentunya, tapi bukan berarti tidak bisa. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X