Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.657 views

Rintis BUMJ, PP Persis Gelar Dauroh Ekonomi

BANDUNG (voa-islam.com) - Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP PERSIS) akan menggelar acara Dauroh Ekonomi dengan tema “Sinergitas Pemerintah, Ormas Islam dan Pengusaha dalam Mewujudkan Indonesia Pusat Ekonomi Syariah dan Produsen Halal Dunia Pada 2024”.

Bertempat di Hotel Horison Bandung pada Jumat dan Sabtu, 14-15 Januari 2022, kegiatan Dauroh Ekonomi ini diselenggarakan oleh Bidang Garapan Ekonomi dan Keuangan atau Bidang Maaliyah PP PERSIS.

"(Ini) Bertujuan untuk berkonsolidasi antara pengusaha dan jamiyyah dalam rangka memajukan ekonomi umat,” jelas Ketua Bidgar Ekonomi PP PERSIS Dr. Latief Awaludin, Rabu (12/01).

Lebih lanjut, Doktor ekonomi syariah ini menjelaskan bahwa kebutuhan saat ini, khususnya di jamiyya PERSIS adalah bagaimana mensinergikan antara jamaah, jamiyyah, dan pengusaha untuk membangun ekonomi keumatan, serta menghidupkan sektor tijaroh (perniagaan – red).

“Dauroh ekonomi ini akan melahirkan suatu konsep bisnis yang nantinya tertuang dalam bentuk Badan Usaha Milik Jamiyyah (BUMJ),” terang Latief.

Hal ini juga di dasarkan pada ekonomi dan bisnis syariah yang saat ini mulai diminati, dan tengah berkembang di Indonesia.

“Bahkan Indonesia akan menjadi pusat 10 industri halal. Mulai dari keuangan, makanan, fashion, pariwisata, pendidikan, farmasi, pengobatan, seni, dan budaya,” tutur Dr. Latief.

Dirinya berharap, dari sepuluh indusri halal yang berkembang saat ini, Indonesia harus masuk setidaknya dalam lima besar atau bahkan menjadi yang paling terdepan.

“Kesuksesan semua ini harus didukung oleh semua unsur, salah satunya adalah unsur kekuatan jamiyyah ormas Islam,” paparnya dalam rilis yang diterima voa-islam.com.

PERSIS yang mempunyai bibit ekonomi berbasis jamaah, kata dia, harus bisa mengambil peluang ini. Sehingga bisa ikut mengembangkan industri halal di Indonesia.

“Ini adalah tantangan, sehingga perlu ada suatu refleksi dan membangun strategi. Sehingga bisa di implementasikan di lingkungan jamiyyah,” imbuh Dr. Latief

Menurutnya, peluang dan aturan main kekuatan itu ada di jamiyyah yang digerakan oleh pengusaha yang didukung oleh pemeritah.

Oleh karena itu, BUMJ diharapkan bisa mengambil peluang dari pangsa pasar umat Islam dan tidak boleh terlewatkan agar dimanfaatkan oleh pengusaha PERSIS.

"Ada dua isu yang akan kita fokuskan, yang pertama bagaimana kita membangun bisnis peternakan sapi dan yang kedua adalah bisnis peternakan ayam. Tentunya ada bisnis-bisnis lainnya, tetapi kedua bisnis ini menjadi fokus utama di FGD (Forum Group Discussion)," tambahnya.

Terakhir, Dr. Latief mengapresiasi para pengusaha yang ada di internal PERSIS yang selama ini sudah berkiprah membantu jamiyyah, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan membuat kekuatan ekonomi baru.

Acara Dauroh Ekonomi ini digelar secara daring dan luring, serta akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PP PERSIS KH. Aceng Zakaria, dengan menghadirkan beberapa keynote speaker yang mumpuni di bidangnya, seperti Dr. Air Langga Hartato., H. Erick Thohir MBA., Dr. Sandiaga Uno MBA., Ahamd Najib Q., M. Arsjad Rasjiddan., dan Dr. H. Uyun Kamiludin. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Syariah Biz lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X