Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.156 views

Lagi-lagi Anies Tutup Diskotik

 

Oleh:

Tony Rosyid

Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

 

SETALAH Alexis dan Tiga Spa di Pondok Indah ditutup, kita giliran diskotik yang ditutup. Namanya Golden Crown.

Kamis (6/2) dini hari, 107 pengunjung diskotik Golden Crown positif narkoba. Laporan disampaikan BNNP ke pemprov DKI. Setelah dikaji dan valid, maka hari itu juga Anies minta diskotik di Mall Glodok Jakarta Barat yang ramai pengunjung itu ditutup. Closed! Gak ada ampun. Kerja BNNP DKI dan sikap tegas Anies layak diapresiasi. Dapat sepeda…. Hus!

Pemprov DKI secara resmi membuat surat pencabutan ijin diskotik Golden Crown. Surat keputusan No 10/2020. Kamis, hari itu juga diproses administrasinya, dan jumat resmi penutupan. Ijin dicabut, gedung disegel.

Langkah cepat dan tegas. Anies gak pernah main-main soal narkoba dan penyalahgunaan dunia hiburan. Hanya butuh satu bukti pelanggaran, tutup. Komitmen tegakkan aturan. Gak pakai marah-marah. No gebrak meja. Tak perlu panggil kamera. Sebab, marah, gebrak meja dan shoot kamera bukan indikator ketegasan. Ketegasan itu ada pada sikap dan keputusan. Tutup Alexis, itu baru tegas. Segel reklamasi, itu bernyali. Beli Rumah Sakit Sumber Waras, itu bukan ketegasan bro! Apalagi makian kepada seorang ibu miskin. No! Itu sama sekali gak ada hubungannya dengan urusan ketegasan. Penjarakan orang yang ngebully? Kalau ini, No komen!

Kenapa Golden Crown ditutup? Karena melanggar aturan. Aturan yang dilanggar adalah Pergub No 18 Tahun 2018. Diantaranya pasal 38 yang berbunyi bahwa setiap pengusaha pariwisata wajib mengawasi dan melaporkan apabila terjadi transaksi dan atau menggunakan/konsumsi narkotika dan zat psikotropika lainnya di lingkungan. Dan pasal 56 terkait pelanggaran terhadap penyalahgunaan dan pembiaran penggunaan narkotika pada pengunjung di tempat usaha.

Anies memang cerdas. Terbitkan pergub dulu untuk memulai langkah tertibkan dunia hiburan malam. Berbasis aturan ini, Anies melangkah secara terencana, terstruktur dan sistematis. Ternyata, bukan hanya pelanggaran pemilu saja yang terstruktur dan sistematis bro?!

Langkah Anies tepat. Mengingat Indonesia termasuk pasar narkoba yang cukup besar di dunia. Tahun 2014 saja, 219,44 ton sabu beredar di negeri ini. 158,52 ton ganja dikonsumsi. Belum narkoba jenis baru yang terus muncul. Ada minimal 74 jenis narkotika. Sekitar 63 triliun kerugian akibat narkotika. Wajar jika BNN bilang bahwa Indonesia darurat narkoba.

Bahaya narkoba lebih dahsyat dari virus corona. 40-50 orang per hari mati karena narkoba, kata BNN. Sementara akibat virus corona? Lebih kecil dari narkoba. Virus Corona membuat dunia geger. Kenapa serangan virus narkoba membuat masyarakat tetap tenang? Kecuali pihak keluarga yang anggotanya kecanduan. Pusing sendirian!

Peredaran narkoba masif. Laris manis. Tidak saja di kalangan artis, tapi juga kalangan orang kere. Tidak saja orang dewasa, tapi juga anak-anak SD. 2,3 juta pelajar dan mahasiswa menikmati narkoba (survei BNN-LIPI). Juga 1,5 juta pekerja. Total, tak kurang dari 3,6 juta masyarakat Indonesia konsumsi narkoba. Itu yang terdeteksi BNN. Yang gak terdeteksi? KPAI malah punya data bahwa 5,9 juta anak-anak di bawah usia 18 Tahun konsumsi narkoba. Ini bukti bahwa pengedar sangat kreatif dalam memasarkan barang haram ini. Modusnya pun beragam dan terus berkembang. Selalu membuka dan memperluas wilayah pemasarannya.

Memang, peredaran uang di bisnis narkoba luar biasa besar. Satu kilogram narkoba dibeli dari produsen luar negeri seharga 50 juta rupiah. Masuk ke Indonesia via kapal laut jadi 375 juta rupiah. Beredar dan dibeli bandar di darat bisa miliaran rupiah. Lalu diecer per gram. Ini beredar di semua wilayah Indonesia. Tidak hanya di kota-kota, tapi sudah masuk ke desa-desa. Tidak saja di tempat terbuka, bahkan juga di lapas (penjara). Banyak napi pun jualan narkoba. Apalagi ongkos sewa kamar dan hidup di penjara makin mahal. Tak kalah mahal dengan Di luar penjara. Jualan narkoba akhirnya jadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup di dalam lapas. Begitu cerita kawan saya di BNN.

Dengan uang besar, pengedar narkoba bisa membeli peralatan IT paling canggih, bahkan lebih canggih dari kemampuan IT milik BNN. Belum lagi kemampuan mereka menyogok para pejabat dan oknum aparat.

Seorang anggota BNN cerita ke saya. Mereka bekerja diantara dua pilihan di depan: surga atau neraka. Kuat-kuatkan iman, katanya. Pengakuan ini seolah membuka begitu hebatnya lobi dan strategi para pengedar narkoba dalam menggoda oknum aparat. Kalau duit bicara, siapa yang gak bersujud bung… Bukan hanya iblis, agamawan pun rela ngecer ayat suci… Dan hakim akan gunakan pasal hukum untuk bertransaksi. Maksudnya oknum hakim. Harus ada kata “oknum”. Ini penting bro.

Saatnya Indonesia lebih serius memasifkan perang melawan narkoba. Tidak saja masif, tapi harus lebih agresif. Bukan hanya melawan para pengedar, tapi juga para oknum aparat dan pejabat yang terlibat dan mendukung peredaran narkoba. Harus ada tindakan “tanpa ampun”.

Apa yang dilakukan Anies menutup Golden Crown harus jadi trigger untuk menumbuhkan sikap lebih tegas, masif dan agresif melawan bisnis yang melanggar aturan, termasuk peredaran narkoba. Langgar hukum, sikat! Gak peduli milik siapa, dan berapa setorannya. Sikat!*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X