Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.414 views

Penyadapan Pembicaraan 2 Pemimpin Al-Qaidah Picu Penutupan 19 Kedubes AS

WASHINGTON (voa-islam.com) - Sebuah penyadapan pesan rahasia antara pemimpin tertinggi Al-Qaidah Syaikh Ayman Al-Zawahri dan wakilnya di Yaman mengenai rencana serangan "teror" besar menjadi pemicu penutupan hampir dua lusin kedutaan besar AS di berbagai negara khususnya di Timut Tengah saat ini, dua pejabat mengatakan kepada The Associated Press pada hari Senin (5/8/2013).

Seorang pejabat intelijen AS dan seorang diplomat Timur Tengah mengatakan pesan Syaikh Al-Zawahri yang disadap beberapa pekan yang lalu dan tampaknya awalnya menargetkan kepentingan Yaman. Ancaman itu kemudian diperluas untuk mencakup warga Amerika atau tempat-tempat Barat lain di luar negeri, kata para pejabat, menunjukkan target bisa menjadi kedutaan, sejumlah pos diplomatik atau beberapa situs lainnya. DPR AS telah mengatakan itu adalah sebuah plot besar yang berada dalam tahap akhir, tetapi tidak menjelaskan secara spesifik.

Pejabat intelijen mengatakan pesan itu dikirim ke Nasser al-Wuhaishi, kepala organisasi jaringan pejuang Islam yang berbasis di Yaman, yang dikenal sebagai al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP). AQAP merupakan cabang Al-Qaidah yang paling berbahaya.

Kedua pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas isu sensitif publik.

Mata-mata Amerika dan analis intelijen hari Senin menjelajahi email, panggilan telepon dan komunikasi radio antara Al-Qaidah di Yaman dan para pemimpin senior organisasi tersebut untuk menentukan waktu dan target dari serangan yang direncanakan.

Panggilan dari Syaikh Ayman Al-Zawahri, yang mengambil alih Al-Qaidah setelah Syaikh Usamah Bin Ladin gugur dalam penyergapan US Navy SEAL pada  Mei 2011, membawa pemerintahan Obama untuk menutup pos-pos diplomatik mereka dari Mauritania di pantai barat Afrika melewati Timur Tengah ke Bangladesh, timur India, dan selatan jauh Madagaskar.

AS memutuskan untuk membuka kembali beberapa pos diplomatik pada hari Senin, termasuk kedutaan yang dijaga sangat ketat di Kabul, Afghanistan, dan Baghdad.

Sementara itu pihak berwenang di Yaman, mengumumkan nama 25 DPO Al-Qaidah dan mengatakan orang-orang tersebut telah merencanakan serangan "teroris" menargetkan "kantor-kantor dan organisasi asing dan instalasi-instalasi Yaman" di ibukota Sana'a dan kota-kota lain di seluruh negeri.

Pemerintah Yaman juga berada pada kewaspadaan tinggi pada Senin, meningkatkan keamanan di fasilitas pemerintah dan pos pemeriksaan.

Para pejabat di AS tidak mau mengatakan siapa menyadap komunikasi awal para tersangka - CIA, Badan Keamanan Nasional, Badan Intelijen Pertahanan atau salah satu dari badan-badan intelijen lain - yang memulai sweeping penutupan pre-emptive fasilitas AS. Namun seorang pejabat intelijen yang tidak mau disebut namanya mengatakan program kontroversial NSA yang mengumpulkan data tentang panggilan telepon warga Amerika atau melacak komunikasi internet dengan tersangka pejuang Islam tidak berperan dalam mendeteksi informasi awal.

Namun seorang pejabat AS yang akrab dengan informasi ancaman mengatakan keputusan untuk menutup kedutaan didasarkan pada petak yang luas dari informasi, bukan hanya hasil sadapan.

Pemerintahan Obama mengumumkan penutupan kedutaan satu hari setelah Presiden Barack Obama bertemu dengan Presiden Yaman Abdo Rabby Mansour Hadi. Seseorang yang akrab dengan pertemuan itu mengatakan Obama dan Hadi melakukan pembahasan mengenai Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP), tetapi pembicaraan mereka tidak langsung mengakibatkan penutupan kedutaan dan larangan perjalanan.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Ahad menutup total 19 pos diplomatik sampai Sabtu depan. Pos-pos diplomatik itu termasuk di Bangladesh dan di Afrika Utara dan Timur Tengah serta Afrika Timur, termasuk Madagaskar, Burundi, Rwanda dan Mauritius. Penutupan fasilitas Afrika datang hanya beberapa hari sebelum ulang tahun ke-15 pemboman Al-Qaidah terhadap misi diplomatik Amerika di Kenya dan Tanzania. Kedua kedutaan ditargetkan pada 7 Agustus 1998.

Kedutaan-kedutaan Inggris dan Jerman di Yaman juga ditutup. Kementerian Luar Negeri Norwegia, juga, membatasi akses publik pada 15 kedutaan besarnya di Timur Tengah dan Afrika, termasuk pos diplomatik di Arab Saudi. (st/AP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X