Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.031 views

Pasukan Keamanan Somalia Baku Tembak dengan Pejuang Al-Shabaab di Sebuah Hotel Mogadishu

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Sekelompok jihadis menyerbu sebuah hotel di ibukota Somalia, Mogadishu, yang populer di kalangan politisi dan perwira militer, kata polisi, Selasa (10/12/2019).

Serangan yang sedang berlangsung dimulai sekitar pukul 19.00 malam, ketika baku tembak meletus antara jihadis dan anggota pasukan keamanan yang menjaga pos-pos pemeriksaan yang mengarah ke istana presiden terdekat.

Beberapa sumber mengatakan kepada AFP bahwa para penyerang telah berhasil masuk ke dalam hotel SYL.

"Pasukan keamanan memerangi sejumlah pria bersenjata yang telah bersembunyi di dalam bangunan hotel, tetapi segera, mereka akan mengakhiri pengepungan," kata perwira polisi Ibrahim Mohamed.

"Kami belum memiliki jumlah pasti penyerang sejauh ini tetapi saya melihat mayat dua orang," tambahnya.

Beberapa saat sebelumnya, pejabat keamanan Abdirahman Adan melaporkan "baku tembak besar-besaran dan ledakan granat".

Kelompok pejuang Islam Al-Shabaab memposting pernyataan online Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan operasi "yang terjadi sesuai rencana". Mereka tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Beberapa saksi menggambarkan adegan panik ketika serangan itu terjadi.

Tembakan dan ledakan granat

"Masih ada tembakan di dalam gedung hotel dan kadang-kadang ledakan granat ...," kata seorang saksi mata, Ali Moalim Nur.

"Tiga teman saya ada di dalam hotel ketika serangan dimulai, tetapi untungnya mereka melarikan diri," tambahnya. Hanya satu dari mereka yang terluka, menderita patah tulang setelah melompat dari dinding, katanya.

Seorang saksi lain, Abdukadir Ahmed, mengatakan kepada AFP: "Saya dekat dengan hotel ketika tembakan meletus dan kami berhasil memutar kendaraan kami dengan cepat.

"Pasukan keamanan di sekitar pos-pos pemeriksaan istana menembakkan senapan mesin berat tetapi kami tidak tahu persis siapa yang bertempur dengan siapa," tambahnya.

Hotel SYL dekat dengan pintu masuk utama ke kompleks pemerintahan Villa Somalia, area dengan keamanan tungkat tinggi yang mencakup istana presiden, kantor perdana menteri, dan gedung-gedung pelayanan.

Hotel itu, yang populer di kalangan pejabat pemerintah, pebisnis, dan diplomat serta delegasi tamu, telah mengalami tiga serangan mematikan sebelumnya, semuanya diklaim oleh kelompok Al-Shabaab.

Yang pertama, pada Januari 2015, menewaskan lima orang ketika seorang pembom mobil jibaku menabrak gerbang hotel menjelang kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Pada Februari 2016, ledakan kembar terjadi dekat hotel dan Peace Garden di dekatnya menewaskan 14 orang.

Kemudian pada bulan Agustus tahun yang sama, serangan bom mobil jibaku di hotel menewaskan 15 orang dan menyebabkan kerusakan yang luas.

Serangan serupa pada bulan Juli tahun ini menewaskan warga sipil, termasuk walikota ibukota Somalia Mogadishu yang meninggal karena luka yang diderita dalam serangan pemboman jihadis di kantornya.

Walikota Abdirahman Omar Osman tewas ketika dokter merawat luka-lukanya di sebuah rumah sakit di Doha, seorang juru bicara kantor presiden Somalia mengatakan.

Enam orang tewas dan Osman pada awalnya terluka dalam serangan 24 Juli terhadap sebuah gedung pemerintah yang dikatakan oleh para Al-Shabaab sebagai sasaran utusan PBB.

Utusan khusus PBB James Swan telah menemui walikota dan pergi tepat sebelum ledakan di markas distrik Banadir.

Kelompok jihad Al-Shabaab terkait Al-Qaidah menyatakan bertanggung jawab atas "operasi yang dipersiapkan dengan baik", mengatakan mereka menargetkan Swan.

Sebuah sumber keamanan, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan seorang pembom jibaku telah memasuki aula tempat para pejabat bertemu dan meledakkan bom di dalam.

"Ledakan itu sangat besar, dan saya melihat orang-orang melarikan diri, beberapa dengan luka-luka pecahan bom, di luar markas pemerintahan Banadir," kata saksi mata Mohamud Shariif, merujuk pada kantor-kantor pemerintah daerah.

Dalam sebuah pernyataan, Al-Shabaab mengatakan mereka telah "membunuh banyak musuh".

Kelompok jihadis terkait Al-Al-Qaidah itu terpaksa keluar dari ibukota pada 2011.

Tetapi Al-Shabaab masih mengendalikan bagian-bagian pedesaan dan terus melancarkan serangan terhadap pemerintah, militer dan sasaran asing di Mogadishu, sering menyerang hotel dan restoran paling terkenal di kota itu. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X