Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.956 views

Warga Kashmir Takut UU Domisili Baru India Jadikan Wilayah Mereka Palestina Lain

SRINAGAR, KASHMIR (voa-islam.com) - Kurang dari satu tahun pencabutan otonomi Kashmir yang dikelola India, New Delhi telah mulai mengeluarkan sertifikat 'domisili' kepada warganya di wilayah Himalaya yang disengketakan, sebuah langkah yang dikhawatirkan warga asli adalah upaya untuk merekayasa perubahan demografis di provinsi berpenduduk mayoritas Muslim tersebut.

Lebih dari 25.000 sertifikat domisili telah diberikan berdasarkan undang-undang baru yang memungkinkan warga negara India untuk memperoleh tempat tinggal permanen dan pekerjaan pemerintah di wilayah yang dilanda konflik yang diperebutkan antara India dan Pakistan.

Hingga Agustus tahun lalu, ketika India mencabut Pasal 370, penduduk setempat memiliki tanah eksklusif dan hak-hak pekerjaan yang dijamin berdasarkan konstitusi India.

Sesuai aturan baru, semua warga negara India yang telah tinggal di Kashmir selama 15 tahun sekarang berhak untuk mendapatkan sertifikat domisili dan menjadi penduduk tetap.

Undang-undang ini juga memperluas kependudukan bagi mereka yang telah belajar selama tujuh tahun atau mengikuti ujian kelas 10 dan 12 di lembaga-lembaga lokal, serta anak-anak pegawai pemerintah India yang telah bekerja di negara bagian selama lebih dari 10 tahun.

Migran dan anak-anak mereka yang terdaftar di pemerintah negara bagian juga dapat memperoleh sertifikat domisili.

Para ahli khawatir aturan baru itu ditujukan untuk mencabut hak pilih dan melemahkan orang-orang Kashmir - yang telah berjuang untuk mewujudkan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri selama tujuh dekade.

"Orang-orang Kashmir merasa takut mereka akan kehilangan tempat tinggal di dalam rumah mereka sendiri," Profesor Sheikh Showkat Hussain, seorang analis politik terkemuka dan sarjana hukum internasional di Kashmir, mengatakan kepada The New Arab. "Aturan baru akan memungkinkan orang luar untuk membeli properti dan menetap di sini. Ini adalah Palestina baru yang sedang dalam pembuatan."

Perubahan demografis pelacakan cepat

Pihak berwenang di Kashmir yang dikelola India juga mengancam denda sebesar 50.000 rupee ($ 700) untuk para pejabat yang gagal menerbitkan sertifikat domisili dalam jangka waktu yang ditentukan.

"Ini sedang dilakukan untuk mempercepat proses penyelesaian orang luar dan karenanya mempercepat perubahan demografis besar-besaran," Faizaan Bhat, seorang peneliti independen dari Kashmir yang berbasis di New Delhi, mengatakan kepada The New Arab.

"Pada titik ini, ketika ada darurat kesehatan global dan kami sedang berjuang untuk menangani pandemi, mereka telah menemukan waktu yang tepat untuk mengusir dan mempermalukan warga Kashmir," tambah Bhat.

Pekan lalu, gambar sertifikat domisili yang diberikan kepada seorang birokrat senior India, Navin Kumar Choudhary, menjadi viral di media sosial, yang menyebabkan keributan di antara para netizen Kashmir.

Choudhary, berasal dari negara bagian Bihar di India timur, diyakini sebagai pejabat pertama dari Layanan Administratif India yang menjadi penduduk tetap Jammu dan Kashmir.

"Mengapa seorang birokrat India dengan banyak uang dan sumber daya perlu menetap di tempat seperti Kashmir yang penuh dengan konflik dan kekerasan? Ini hanyalah sebuah taktik untuk mengubah karakter mayoritas Muslim di provinsi itu, yang telah menjadi agenda utama (India). ) Bharatiya Janata Party (BJP) yang berkuasa, "seorang penduduk lokal dari Srinagar, kota utama Kashmir, mengatakan kepada The New Arab.

Sensus terakhir yang dilakukan di wilayah tersebut pada tahun 2011 menemukan bahwa Muslim membentuk mayoritas dengna jumlah 68 persen dari populasi, dengan Hindu merupakan sekitar 28 persen dari penduduk.

Juru bicara nasional Partai Hindu nasionalis Bharatiya Janata yang berkuasa, GVL Narasimha Rao, menolak berkomentar tentang tuduhan rencana pemerintahnya untuk mengubah demografi negara mayoritas Muslim itu. "Saya pikir pertanyaan itu tidak pantas ditanggapi," katanya kepada The New Arab. Juru bicara BJP lainnya, Nalin Kohli, juga menolak permintaan komentar The New Arab.

Pengambilan Hak Warga Kashmir

Selain sertifikat domisili pelacakan cepat, para ahli juga memperingatkan tentang kemungkinan pencabutan hak tinggal penduduk asli negara itu - sebuah taktik yang digunakan oleh Israel sebagai tindakan hukuman terhadap warga Palestina.

"Ancaman paling menonjol adalah untuk orang-orang Kashmir yang tidak memiliki dokumentasi yang diperlukan untuk menjadikan diri mereka sebagai penduduk tetap. Banyak komunitas rentan seperti pengembara tidak memiliki dokumen untuk menetapkan status mereka," Mirza Saaib Beg, seorang pengacara Kashmir yang saat ini menjadi Cendekiawan Weidenfeld-Hoffmann dan kandidat MPP di University of Oxford, mengatakan kepada The New Arab.

"Di bawah struktur yang ada, siapa pun yang gagal memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk sertifikat domisili tidak akan memenuhi syarat untuk pekerjaan dan penerimaan di lembaga pendidikan. Oleh karena itu, orang perlu pindah ke tempat lain untuk mencari pekerjaan dan pendidikan," tambahnya.

Sementara perubahan demografis muncul dalam waktu dekat dan ditakuti secara luas oleh penduduk setempat, warga Kashmir hanya memiliki sedikit jalan lain untuk keadilan - baik secara domestik maupun internasional - untuk menantang kebijakan India secara sepihak.

Mahkamah Agung India telah secara teratur menunda petisi yang menantang keabsahan konstitusional dari keputusan pemerintah untuk mencabut 'status khusus' Kashmir tahun lalu - yang pada akhirnya meletakkan dasar bagi perubahan demografis. Pilihan internasional, sementara itu, juga sangat sedikit.

"Lembaga-lembaga seperti Mahkamah Internasional (ICJ) dapat menjalankan yurisdiksi atas hal-hal yang dirujuk oleh Majelis Umum PBB dan hal-hal yang melibatkan negara, atau negara yang diakui, yang telah menerima yurisdiksi pengadilan. Kashmir bukan negara berdaulat , jadi itu juga tidak membantu, "kata Beg.

"Selain itu, India belum memberikan yurisdiksi atas perselisihan yang berkaitan dengan atau terkait dengan fakta atau situasi permusuhan atau konflik bersenjata." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?