Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.376 views

Mantan Perdana Menteri Ahmet Dovutoglu Akui Turki Kirim Pengungsi Muslim Uighur Kembali ke Cina

ARDAHAN, TURKI (voa-islam.com) - Mantan perdana menteri Turki mengakui bahwa pemerintah mengirim pengungsi Muslim Uighur kembali ke Cina dalam pidatonya pada hari Selasa, menyusul laporan yang mengarah pada kritik terhadap Ankara karena memfasilitasi penganiayaan Beijing terhadap warga Uighur di Beijing.

Ahmet Davutoglu, yang sebelumnya merupakan bagian dari partai AKP Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang berkuasa, menyebutkan kebijakan tersebut dalam konteks politik domestik Turki selama pidato di kota Ardahan di timur.

Davutoglu mempertanyakan aliansi Partai Gerakan Nasionalis (MHP) dengan pemerintah Erdogan, mengatakan bahwa MHP tidak dapat mendamaikan nasionalisme mereka dengan kebijakan mendeportasi warga Uighur, yang oleh banyak orang Turki dianggap sebagai saudara etnis dan agama.

“Pendukung MHP yang tulus ..., ketika dihadapkan dengan kekejaman Cina ini, tidak dapat menyetujui kebijakan ini yang mengirim orang Uighur ke Cina secara tidak langsung. Mereka seharusnya tidak menyetujuinya, "katanya.

Muslim Uighur di Turki beresiko dideportasi ke Cina

Pertama kali dilaporkan pada hari Ahad bahwa Turki mengirim pengungsi Uighur kembali ke Cina, di mana mereka menghadapi hukuman penjara dan penganiayaan, melalui negara ketiga seperti Tajikistan.

Erdogan "membantu Cina memulangkan para pembangkang Muslim dengan mengirim mereka ke negara ketiga sebelum mereka kembali [ke Cina]," Telegraph melaporkan.

Selama beberapa dekade, umat Muslim Uighur mencari perlindungan di Turki dari penindasan di Cina, yang telah menahan satu juta warga Uighur di “kamp pendidikan ulang” yang dilaporkan memaksa mereka untuk melepaskan identitas agama mereka.

Pemerintah Cina menunguh banyak orang Uighur sebagai ekstrimis dan mengklaim mereka berbahaya bagi keamanan nasional China.

Uighur di Turki

Dengan perkiraan 30.000 warga Uighur di Turki, setidaknya dua wanita dari komunitas tersebut, dan anak-anak mereka, telah dideportasi oleh pejabat Turki tahun lalu dan dikirim ke Cina melalui Tajikistan, Telegraph melaporkan.

Di masa lalu, Erdogan menyebut tindakan Cina terhadap Muslim Uighur di Cina sebagai "genosida."

Tetapi baru-baru ini pemerintahnya telah berhenti berbicara menentang perlakuan Cina terhadap Uighur, suatu langkah yang menurut Telegraph kemungkinan bermotivasi ekonomi dan berasal dari keinginan Ankara untuk investasi Cina di Turki.

Laporan bahwa pemerintah Turki mengirim pencari suaka Uighur ke Cina melalui negara ketiga "sesuai dengan pola keseluruhan yang kita lihat dengan kebijakan Cina Erdogan," menurut mantan anggota parlemen Turki Aykan Erdemir.

"Kepatuhan Erdogan terhadap tuntutan Beijing didorong oleh kebutuhannya yang meningkat akan modal Cina pada saat modal Barat melarikan diri dari pasar Turki," klaim Erdemir, yang sekarang adalah Direktur Senior Program Turki di Yayasan Pertahanan Demokrasi, dalam sebuah wawancara dengan Al Arabiya Berbahasa Arab.

"Cina telah menemukan bahwa relatif murah untuk membeli kebisuan Erdogan tentang masalah Uighur," tambahnya.

Erdogan vs Davutoglu

Pernyataan Davutoglu muncul setelah sebuah universitas yang ia bantu mendirikan ditutup oleh Erdogan bulan lalu.

Penutupan itu terjadi setelah Davutoglu menyatakan kesediaannya untuk bekerja sama dengan partai-partai oposisi untuk menentang AKP, menurut Al Arabiya.

Davutoglu dulunya adalah sekutu dekat Erdogan sebelum ia melepaskan diri dari AKP tahun lalu dan mendirikan partai politiknya sendiri, Partai Masa Depan, untuk menantang pemerintahan presiden Turki saat ini.

Dia menjabat sebagai perdana menteri dari 2014 hingga 2016. Sejak meninggalkan posisinya, dia menuduh AKP melanggar kebebasan berbicara dan kebebasan dasar lainnya. (Aby)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X