Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.862 views

Taliban: TTP Dan Pakistan Capai Kesepakatan Gencatan Senjata 'Tidak Terbatas'

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban Afghanistan pada hari Sabtu (18/6/2022) mengkonfirmasi bahwa pemerintah Pakistan dan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) telah mencapai kesepakatan tentang gencatan senjata "tidak terbatas" selama pembicaraan damai yang sedang berlangsung di Kabul.

Dalam tanggapan email atas pertanyaan dari sekelompok wartawan Pakistan, Wakil Menteri Penerangan sementara Afghanistan Zabihullah Mujahid mengharapkan "peluang cerah" bagi pembicaraan rapuh untuk berhasil.

Sejak 2007, Islamabad dan TTP, payung dari beberapa kelompok jihadis yang beroperasi di Pakistan, telah mengadakan banyak pembicaraan yang tidak membuahkan hasil.

Kedua belah pihak akan saling menyalahkan atas kegagalan pembicaraan setiap kali.

"Emirat Islam memainkan peran penengah dalam pembicaraan yang sedang berlangsung antara kedua belah pihak. Keinginan dan upaya terbesar kami adalah untuk mewujudkan perdamaian dan rekonsiliasi jangka panjang antara kedua belah pihak," Mujahid, yang juga menjabat sebagai juru bicara pemerintahan sementara Taliban, menyatakan.

Perang dan kekerasan, katanya, tidak hanya membawa kerugian manusia, sosial, dan ekonomi, tetapi juga mengundang "intervensi asing".

"Saya yakin kedua belah pihak telah memperhatikannya," menambahkan: "Adalah kepentingan terbaik kedua belah pihak untuk bergerak maju dengan tulus untuk mencapai tujuan perdamaian."

Menjawab pertanyaan tentang kondisi yang telah ditetapkan kedua belah pihak untuk perdamaian permanen, Mujahid mengatakan: "Kami tidak ada hubungannya dengan itu. Ini adalah masalah antara kedua belah pihak. Kami tidak ingin terlibat."

"Satu-satunya keinginan kami adalah kedua belah pihak menunjukkan fleksibilitas dan bergerak maju dengan tulus untuk memperpanjang gencatan senjata yang sedang berlangsung dan terus menghentikan serangan," tambahnya.

Menanggapi pertanyaan lain tentang apa yang akan terjadi jika pembicaraan kali ini gagal juga, Mujahid meyakinkan bahwa Taliban tidak akan mengizinkan "siapa pun" menggunakan tanah Afghanistan untuk melawan Pakistan.

Taliban telah menegaskan kembali jaminan serupa sejak mengambil alih Kabul pada Agustus tahun lalu, namun, Pakistan telah melihat lonjakan serangan jihadis, terutama di daerah perbatasan, sejak saat itu.

Juru bicara Taliban juga menegaskan bahwa delegasi pemimpin suku Pakistan baru-baru ini mengunjungi Kabul sehubungan dengan pembicaraan damai yang sedang berlangsung.

Kunjungan itu, tambahnya, membantu memperpanjang gencatan senjata.

Maulavi Naik Muhammad dari Waziristan Utara adalah yang pertama membentuk kelompok jihadis tersebut pada tahun 2004, sedangkan TTP secara resmi didirikan pada Juni 2007, dengan Baitullah Mehsud dari Waziristan Selatan sebagai pemimpinnya. Kelompok ini telah terlibat dalam berbagai serangan, termasuk bom jibaku di Pakistan.

Jaringan tersebut kemudian meningkatkan aktivitas di Waziristan Utara -- yang pernah dijuluki sebagai jantung militansi -- menyusul serangan gencar tentara di Waziristan Selatan pada 2010.

Operasi tentara skala besar lainnya pada tahun 2014 mendorong TTP ke negara tetangga Afghanistan dan Islamabad mengklaim jaringan itu kini telah mendirikan pangkalan di seberang perbatasan untuk menyerang pasukan keamanan Pakistan.

Syarat pembicaraan

Sebuah laporan baru-baru ini - berjudul Pakistan, TTP, dan Dorongan untuk Perdamaian Internal dan Eksternal - mendesak Islamabad untuk mendekati semua negosiasi dengan TTP dari "posisi yang kuat," dan memastikan bahwa semua kesepakatan sesuai dengan konstitusi negara.

Menurut laporan oleh lembaga think tank Tabadlab Center for Regional and Global Connectivity yang berbasis di Islamabad, tuntutan TTP termasuk membalikkan penggabungan daerah suku semi-otonom menjadi provinsi Khyber Pakhtunkhwa (KP) barat laut, menarik semua kehadiran militer dari wilayah suku, menegakkan Hukum Syariah di wilayah Malakand KP, membebaskan lebih dari 100 komandan dan pejuang, dan pengampunan presiden untuk dua komandan jihadis utama, dan kebebasan bergerak penuh bagi anggota TTP di wilayah Malakand.

Laporan tersebut menganggap tuntutan TTP tidak dapat dipertahankan karena sama saja dengan menyerahkan kedaulatan konstitusional di wilayah ini kepada jaringan jihadis.

Tuntutan pemerintah Pakistan termasuk pembubaran total TTP, pelepasan dari kelompok jihadis lainnya, penolakan aktivitas kekerasan, dan kemunculan kembali sebagai entitas politik yang sah dalam norma konstitusional negara itu, kata laporan itu.

Kesepakatan apa pun yang tidak menghasilkan pembubaran dan demiliterisasi TTP tidak dapat dianggap berhasil, tambahnya.

Laporan itu juga menyatakan bahwa Pakistan "memanfaatkan tekanan internal" di dalam TTP untuk memulangkan keluarga mereka yang saat ini terlantar di Afghanistan.

Islamabad harus menawarkan repatriasi damai dan bantuan kepada keluarga-keluarga ini sebagai imbalan atas pembubaran dan likuidasi TTP, tambahnya.

Kekuatan negosiasi kunci Pakistan, katanya, adalah "hubungan yang kuat" dengan Taliban Afghanistan.

Fokus negosiasi perdamaian harus tetap pada perluasan dialog yang hati-hati dan disengaja yang membangun momentum untuk perdamaian sementara tidak mengasingkan rezim sementara Taliban atau rakyat Afghanistan, tambah laporan itu. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 27/03/2024 07:22

Palestina Aman, Publik Dibohongi?