Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.978 views

Mali Perintahkan Seluruh Tentara Asing Termasuk Pasukan PBB Untuk Pergi

BAMAKO, MALI (voa-islam.com) - Mali telah memerintahkan sebuah maskapai penerbangan swasta untuk mengusir tentara asing, termasuk pasukan PBB, dari pangkalan bandara Bamako menyusul penangkapan bulan lalu terhadap 49 tentara Pantai Gading di sana.

Semua "pasukan asing" harus meninggalkan pangkalan Sahel Aviation Services (SAS) di bandara Bamako "dalam waktu 72 jam" mulai Selasa, kata kepala divisi bandara Kementerian Perhubungan dalam sebuah surat kepada SAS yang dilihat AFP.

Dikatakan "akomodasi dan penerimaan" tentara asing oleh perusahaan swasta "menghasilkan risiko bagi keamanan internal dan eksternal" Mali, dan tidak diizinkan berdasarkan perjanjian yang ditandatangani perusahaan pada 2018 untuk menggunakan pangkalan itu.

SAS tidak menanggapi permintaan komentar dari AFP.

Berita itu menyusul penahanan terhadap 49 tentara Pantai Gading di bandara Bamako pada 10 Juli, yang memicu krisis diplomatik antara Mali, Pantai Gading dan PBB.

Mali menyebut pasukan itu "tentara bayaran", tetapi Pantai Gading mengatakan mereka dikirim untuk memberikan tugas cadangan bagi misi penjaga perdamaian PBB di Mali, MINUSMA.

Bamako kemudian mengusir juru bicara MINUSMA setelah menuduhnya menerbitkan "informasi palsu" tentang perselisihan itu dalam serangkaian tweet 11 Juli.

Hub bandara SAS berfungsi sebagai "pangkalan logistik" untuk beberapa mitra internasional Mali, termasuk tentara Pantai Gading serta pasukan Jerman, Austria, Belgia, Swedia dan Pakistan yang dikerahkan dalam misi internasional, yaitu dengan PBB, kata militer Pantai Gading menyusul serangan penahanan tersebut.

Kementerian pertahanan Jerman bulan lalu mengatakan kepada AFP bahwa tentara Pantai Gading memberikan keamanan di pangkalan bandara SAS.

Peran pasti dari 49 tentara Pantai Gading yang ditangkap masih belum jelas.

Abidjan mengatakan mereka adalah "elemen pendukung nasional" (NSE), personel eksternal yang disewa untuk memberikan dukungan logistik kepada misi penjaga perdamaian PBB.

Togo telah menengahi perselisihan tersebut.

Mali sedang berjuang dengan pemberontakan panjang jihadis yang telah merenggut ribuan nyawa dan memaksa ratusan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Itu juga dalam cengkeraman pergolakan politik menyusul kudeta militer pada Agustus 2020 dan Mei 2021. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X