Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.079 views

CIA Ungkap Model Rumah Tempat Persembunyian Pemimpin Al-Qaidah Syaikh Al-Zawahiri Di Afghanistan

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - CIA telah mengungkapkan model rumah persembunyian Syaikh Ayman Al-Zawahri, yang digunakan untuk memberi tahu Presiden Joe Biden tentang keberadaan pemimpin Al-Qaidah tersebut sebelum badan mata-mata AS itu membunuhnya dalam serangan pesawat tak berawak di Afghanistan.

Tak lama setelah kematian Al-Zawahri, pejabat Gedung Putih merilis foto yang menunjukkan Biden berbicara dengan Direktur CIA William Burns dengan sebuah kotak kayu tertutup di atas meja di depan mereka. Sekarang, isi kotak tersebut - model yang menggambarkan rumah berdinding putih dengan setidaknya lima lantai dan tiga balkon yang sebagian tertutup - dipajang di Museum CIA di dalam markas besar badan intelijen itu di Virginia.

Museum ini tertutup untuk umum dan akses umumnya terbatas pada karyawan dan tamu agensi. CIA mengizinkan jurnalis untuk mengunjungi museum, yang baru saja direnovasi pada saat peringatan 75 tahun badan tersebut, sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk menampilkan sejarah dan pencapaiannya.

Sebagian besar pameran membutuhkan waktu bertahun-tahun atau dekade untuk dideklasifikasi. Rumah model Syaikh Al-Zawahri adalah artefak langka yang telah digunakan oleh petugas intelijen hanya beberapa minggu sebelumnya.

Syaikh Al-Zawahri gugur pada akhir Juli, hampir setahun setelah penarikan AS dari Afghanistan mengakhiri perang dua dekade di mana CIA memiliki peran sentral. Badan tersebut mengirim pasukan Amerika pertama dua minggu setelah serangan 11 September 2001. Dua dekade kemudian, mereka menarik aset intelijen dan membantu evakuasi ribuan sekutu Amerika dan Afghanistan yang kacau balau.

Pemerintahan Biden mengklaim serangan itu menunjukkan bahwa mereka mempertahankan apa yang disebutnya kapasitas kontra jihadis "di luar cakrawala" di Afghanistan. Penentang pemerintah dan beberapa analis mempertanyakan apakah kehadiran Al-Zawahri di lingkungan Kabul menunjukkan kelompok-kelompok jihadis seperti Al-Qaidah atau Islamic State (IS) tumbuh lebih kuat di bawah Taliban, yang sekarang memerintah negara itu.

Serangan itu sangat berarti bagi CIA, yang kehilangan tujuh karyawannya dalam upaya menemukan Syaikh Al-Zawahri, tersangka komplotan utama serangan 11 September yang saat itu merupakan komandan kedua Al-Qaidah.

Para agen CIA itu tewas ketika seorang dokter Yordania yang berpura-pura memiliki informasi tentang Syaikh Al-Zawahri melakukan bom jibaku tahun 2009 di sebuah pangkalan di Khost, Afghanistan. Dokter itu bekerja untuk Al-Qaidah.

Dipajang di dekat model rumah Al-Zawahri adalah tujuh bintang untuk menghormati para agen CIA yang tewas di Khost. Bintang-bintang itu sebelumnya merupakan bagian dari tugu peringatan di Afghanistan yang diturunkan saat AS mundur.

Artefak lain yang baru terungkap termasuk gambar konsep untuk film palsu yang dibuat sebagai bagian dari operasi tahun 1980 untuk menyelamatkan diplomat Amerika dari Iran, subjek film "Argo" 2012 yang dibintangi Ben Affleck. Ada juga seragam kru dan barang-barang lainnya dari Glomar Explorer, kapal buatan Howard Hughes yang berfungsi sebagai cover untuk misi tahun 1970-an ke permukaan kapal selam Soviet yang tenggelam yang membawa rudal balistik bersenjata nuklir.(Cerita di halaman depan Los Angeles Times yang mengungkap operasi tersebut direproduksi di dinding museum terdekat.)

Museum ini juga mencakup beberapa informasi tentang saat-saat gelap badan tersebut, termasuk perannya dalam pernyataan yang pada akhirnya salah bahwa Irak memiliki senjata pemusnah massal sebelum invasi AS tahun 2003, serta pengungkapan dan eksekusi beberapa mata-mata kunci AS di Uni Soviet.

Janelle Neises, wakil direktur museum, mengatakan lelucon agensi tentang koleksi tersebut adalah bagi kebanyakan orang, itu adalah "museum terbesar yang tidak akan pernah Anda lihat."

CIA ingin menggunakan sejarahnya untuk terlibat lebih banyak dengan publik, meskipun dalam arti sempit yang mungkin diharapkan dari sebuah dinas intelijen. Jumlah pengunjung tahunan museum, misalnya, diklasifikasikan. Di antara tamu yang diketahui adalah anggota parlemen AS, petugas dari badan penegak hukum dan intelijen lainnya, dan pejabat asing. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X