Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.130 views

Saudi Bebaskan Peziarah Iran Yang Ditangkap Saat Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lalu

RIYADH, ARAB SUDI (voa-islam.com) - Seorang peziarah Iran yang ditangkap oleh otoritas Saudi selama pelaksanaan ibadah haji pada bulan Juli telah dibebaskan oleh Riyadh setelah mediasi oleh Irak dan Oman, Anadolu Agency melaporkan.

Berita itu disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian oleh rekan-rekannya dari Irak dan Oman dalam panggilan terpisah pada hari Sabtu, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri pada hari Ahad (2/10/2022).

Seorang warga negara Iran, Khalil Dardmand, ditangkap pada pertengahan Juli karena diduga men-tweet gambar komandan militer Syi'ah Iran yang terbunuh Qassem Soleimani di dekat Ka'bah.

Gambar itu di-tweet pada 30 Juni. Tweet terakhirnya, pada 13 Juli, menunjukkan para jamaah mengelilingi Ka'bah.

Namun, tidak ada komentar resmi dari otoritas Saudi tentang penangkapan warga negara Iran itu, meskipun Teheran berulang kali meminta pembebasannya.

Pada tanggal 5 Agustus, hampir tiga minggu setelah penangkapan, diplomat tingkat atas Iran Amir-Abdollahian meminta rekannya dari Irak, Fuad Hussein, untuk menengahi masalah tersebut.

Irak telah menjadi tuan rumah pembicaraan pelonggaran ketegangan antara dua tetangga Teluk yang terasing sejak April tahun lalu, dengan lima putaran pembicaraan sejauh ini menghasilkan hasil yang signifikan.

Pada 18 Agustus, menteri luar negeri Iran juga mengangkat masalah ini dengan timpalannya dari Oman, Sayyid Badr al-Busaidi, mendesaknya untuk menekan otoritas Saudi agar peziarah tersebut dibebaskan.

Oman adalah salah satu sekutu Iran di segala keadaan di kawasan itu dan di masa lalu menjadi penengah dalam perselisihan antara Teheran dan negara-negara lain, termasuk AS dan Inggris.

Masalah itu dalam beberapa bulan terakhir menimbulkan kecaman luar biasa di Iran, dengan salah satu anggota parlemen teratas mengancam akan melakukan "tindakan balasan" jika peziarah itu tidak dibebaskan.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran setelah misi diplomatik Saudi di kota-kota Iran di Teheran dan Mashhad diserang oleh massa yang marah pada Januari 2016 atas eksekusi ulama Syi'ah terkemuka di Arab Saudi, Sheikh Nimr al-Nimr.

Belakangan tahun itu, Iran menolak mengirim peziarahnya untuk ibadah haji tahunan, menuduh Arab Saudi melakukan "sabotase."

Beberapa putaran terakhir pembicaraan, yang ditengahi oleh Baghdad, telah meredakan ketegangan antara kedua negara, dengan Amir-Abdollahian pada bulan Juli mengisyaratkan bahwa pembicaraan akan maju dari keamanan ke tingkat politik.

Spekulasi telah tersebar luas tentang kemungkinan pertemuan di tingkat menteri luar negeri. Namun, belum ada pihak yang mengonfirmasinya.

Iran baru-baru ini melanjutkan hubungan diplomatik dengan UEA dan Kuwait, dua sekutu dekat Saudi yang telah memutuskan hubungan dengan Teheran setelah serangan terhadap misi diplomatik Saudi pada 2016, dalam solidaritas dengan Riyadh. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X