Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.773 views

HRW Sebut Israel Gunakan Senjata Terlarang Fosfor Putih Di Gaza

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Human Rights Watch telah memperingatkan bahwa Israel menggunakan fosfor putih “secara tidak sah” di Jalur Gaza dan Libanon, dengan alasan risiko yang ditimbulkannya terhadap warga sipil.

Kelompok hak asasi manusia itu mengatakan mereka telah memverifikasi rekaman yang diambil di kedua wilayah selama seminggu terakhir yang menunjukkan beberapa ledakan fosfor putih yang ditembakkan artileri di pelabuhan Kota Gaza, serta dua lokasi pedesaan di sepanjang perbatasan Israel-Libanon.

“Setiap kali fosfor putih digunakan di kawasan sipil yang ramai, hal itu menimbulkan risiko tinggi luka bakar yang menyiksa dan penderitaan seumur hidup,” kata Lama Fakih, direktur Human Rights Watch untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, dalam sebuah pernyataan.

Israel telah membom Jalur Gaza yang padat penduduknya setelah pejuang Palestina, yang dipimpin oleh Hamas, melancarkan serangan mendadak terhadap Israel mulai Sabtu, menewaskan sedikitnya 1.300 warga Israel dan menyandera ratusan warga Israel. Pemboman Israel terhadap Gaza sebagai balasannya telah menewaskan sedikitnya 1.500 warga Palestina, setengahnya adalah perempuan dan anak-anak.

“Fosfor putih tidak pandang bulu jika meledak di udara di wilayah perkotaan yang berpenduduk padat, karena dapat membakar rumah-rumah dan menyebabkan kerugian besar bagi warga sipil,” kata Fakih.

Human Rights Watch menyatakan mereka telah memverifikasi video yang diambil di Libanon dan Gaza pada 10 dan 11 Oktober 2023.

Fosfor putih adalah bahan kimia pembakar yang menyala ketika bersentuhan dengan udara dan dapat menyebabkan luka bakar parah pada orang atau bangunan yang bersentuhan dengannya.

“Jika bersentuhan, fosfor putih dapat membakar manusia, secara termal dan kimia, hingga ke tulang karena sangat larut dalam lemak dan juga dalam daging manusia. Fragmen fosfor putih dapat memperburuk luka bahkan setelah perawatan dan dapat memasuki aliran darah dan menyebabkan kegagalan banyak organ," menurut Human Rights Watch.

Angkatan udara Israel mengatakan pada Kamis (13/10/2023) sore bahwa mereka telah menjatuhkan 6.000 bom di Gaza sejak Sabtu dan menghantam 3.600 sasaran.

Pagi yang paling mematikan

Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 250 orang pada Kamis pagi saja, termasuk 44 anggota keluarga yang sama di Jabalia.

Pembantaian hari Kamis terjadi di dua wilayah, Jabalia, sekitar empat kilometer utara Kota Gaza, dan kamp al-Shati, di pantai timur Mediterania. Jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah karena sejumlah jenazah masih terjebak di bawah reruntuhan dan tidak ada sarana untuk mengevakuasinya.

Kamp Al-Shati, yang dibangun di atas lahan seluas hanya 0,52 kilometer persegi, merupakan salah satu kawasan terpadat di dunia. Banyak keluarga di Gaza telah melarikan diri dari kampanye pemboman Israel yang tiada henti ke kamp tersebut, yang sudah memiliki populasi 90.713 orang.

Warga yang dihubungi Middle East Eye mengatakan mereka belum menerima pemberitahuan dari tentara Israel untuk mengevakuasi daerah tersebut sebelum serangan terjadi. Beberapa ahli telah menyatakan bahwa meskipun pemberitahuan diberikan kepada penduduk, hal tersebut tidak menjadikan pengeboman tersebut sah berdasarkan hukum internasional, terutama jika sasarannya adalah kawasan perumahan atau bangunan.

Para saksi mengatakan kepada Middle East Eye bahwa setidaknya 10 gedung bertingkat rata dengan tanah dalam serangan terhadap al-Shati. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 17/09/2024 06:01

Bekerjalah dan Sholatlah