Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.446 views

Kazakhstan Umumkan Larangan Jilbab Di Sekolah

ALMATY, KAZAKHSTAN (voa-islam.com) - Pemerintah Kazakhstan telah melarang pemakaian jilbab bagi siswa dan guru di sekolah. Dalam sebuah pernyataan di situs pemerintah disebutkan bahwa larangan tersebut untuk melestarikan sekularisme, sementara itu beberapa anak perempuan putus sekolah sebagai bentuk protes.

“Persyaratan seragam sekolah melarang pemakaian jilbab, karena atribut, simbol, elemen apa pun dalam satu atau lain cara menyiratkan propaganda dogma yang terkait. Menjamin kesetaraan semua agama di depan hukum, prinsip-prinsip sekularisme melakukan tidak mengizinkan keuntungan dari agama apa pun,” demikian bunyi pernyataan di bagian “Untuk warga negara” di situs web pemerintah Kazakh, tertanggal 16 Oktober.

Pernyataan itu juga melarang hijab bagi guru sekolah. Namun dikatakan  bahwa larangan tersebut tidak berlaku di luar sekolah.

Pengumuman pemerintah Kazakh baru-baru ini tentang larangan mengenakan jilbab di lembaga-lembaga pendidikan telah memicu perdebatan sengit di negara tersebut.

Negara sekuler

Menurut angka resmi, hampir 70% penduduk Kazakhstan menganut agama Islam. Namun baik pendukung maupun penentang larangan tersebut dengan cepat menyatakan diri. Para pendukungnya menekankan bahwa Kazakhstan adalah negara sekuler dan oleh karena itu harus menghindari pengistimewaan terhadap agama tertentu. Namun para penentangnya percaya bahwa pembatasan tersebut melanggar prinsip kebebasan hati nurani, dan beberapa pihak telah mengambil tindakan ekstrim untuk memprotes larangan tersebut.

Menteri Pendidikan Kazakhstan Gani Beisembayev membenarkan bahwa di wilayah Atyrau saja, 150 anak perempuan putus sekolah sejak awal September karena larangan tersebut. Dan di wilayah Turkestan, dua pria dilaporkan memukuli seorang direktur sekolah setempat karena dia menolak mengizinkan anak perempuan berhijab menghadiri kelas.

Presiden Kazakh Kassym-Jomart Tokayev juga mengomentari masalah ini pada kongres guru nasional di ibu kota Astana, dengan mengatakan bahwa sekolah adalah lembaga pendidikan tempat orang datang untuk memperoleh pengetahuan, sedangkan keyakinan agama adalah urusan pribadi. “Kebebasan beragama dijamin oleh hukum di negara kami. Saya pikir adalah hak bagi anak-anak untuk memutuskan sendiri ketika mereka tumbuh dewasa dan mengembangkan pandangan dunia mereka sendiri,” klaim Tokayev, seraya menambahkan bahwa Kazakhstan dulu dan akan tetap menjadi negara sekuler.

'Bentuk segregasi tertentu'

Para penentang tetap bergeming. Flash mob sedang diorganisir di media sosial, di mana siswi membakar buku latihan mereka dan menuntut hak untuk mengenakan pakaian Muslim atau meminta teman-teman mereka untuk mencoba jilbab langsung di jalan. Mereka menekankan bahwa mereka “tidak akan menukar jilbab mereka dengan apa pun.” Tokoh masyarakat perempuan terkemuka juga bergabung dalam protes tersebut, menerbitkan foto-foto mereka yang mengenakan jilbab di jejaring sosial.

Di antara mereka yang mendukung protes tersebut adalah Togjan Qojaly, anggota dewan sosial Almaty yang mengatakan kepada DW bahwa dia yakin larangan tersebut ilegal.

“Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa hijab sebenarnya adalah jilbab yang menutupi anak perempuan di Kazakhstan sejak masa pubertas, yakni sejak usia 13 tahun. Tidak ada konotasi agama di sini. Kedua, undang-undang menjamin hak untuk berhijab dalam hal pendidikan, dan larangan yang diberlakukan merupakan hambatan palsu dalam menjalankan hak tersebut. Mengapa jilbab tiba-tiba menghalangi gadis-gadis Muslim untuk menjalani kehidupan sekuler? Tidak ada yang melarang penggunaan salib Kristen atau topi tubeteika. Faktanya, yang kita bicarakan adalah tentang suatu bentuk segregasi tertentu,” kata Qojaly.

Jika memang ada, hanya pakaian perempuan Muslim yang menutupi seluruh tubuh yang harus dilarang, katanya, seperti niqab, cadar dan burqa, yang menghalangi identifikasi pribadi.

Grand mufti menyarankan madrasah

Administrasi Spiritual Muslim Kazakhstan telah mengusulkan solusi. Menurut Mufti Tertinggi Kazakhstan, Nauryzbay Kazhy Taganuly, anak perempuan yang ingin berhijab harus diajar di madrasah, atau lembaga pendidikan Islam, mulai dari kelas 10 dan seterusnya.

“Kemungkinan seperti itu ada. Mata pelajaran agama dan sekuler diajarkan di sana sesuai dengan standar pendidikan tinggi Kementerian Pendidikan,” kata Grand Mufti. Sejauh ini pihak berwenang belum keberatan dengan saran tersebut, meski larangan berhijab berlaku di semua institusi pendidikan di Kazakhstan tanpa kecuali. (DW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X