Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.712 views

Indonesia Butuh Regenerasi Ahli Tafsir Bahasa Inggris

Penulis: Irhamni Rofiun

Mungkin sebagian orang sudah tahu apa maksud dan tujuan diadakannya MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran), yang masih di bawah naungan LPTQ-Indonesia (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran), MTQ ini pun ada tingkatannya dari mulai kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional bahkan jika bagus bakal dikirim ke level internasional. Inti dari semua ini sebenarnya adalah untuk mensyiarkan kembali “Program Maghrib Mengaji” di Indonesia yang mulai surut karena berbagai alasan. Sebenarnya mudah saja mengatasi ini semua jika semua umat Islam mau bersatu, kembangkan saja mushala, surau dan masjid yang ada sebagai tempat mengaji dan mengkaji Alquran bagi seluruh masyarakat, buat skema program yang bisa diterima semua kalangan, satu lagi “Matikan Televisi Anda” menjelang maghrib sampai isya. Beres kan!

Namun kali ini saya tidak akan terlalu membahas permasalahan MTQ secara khusus, akan tetapi yang akan saya bahas adalah salah satu dari cabang MTQ tersebut, yaitu Tafsir Bahasa Inggris.

Saya mempunyai pengalaman tersendiri untuk cabang yang satu ini, awalnya pada tahun 2011, ketika saya sedang menikmati masa-masa awal magister saya di Darul Ulum, Universitas Cairo. Tiba-tiba ada panggilan dari suatu provinsi yang ada di Indonesia untuk mengikuti MTQ Cabang Tafsir Bahasa Inggris, awalnya saya rada asing untuk cabang yang satu ini, karena belum pernah mengikuti sebelumnya. Mungkin karena official itu tahu saya pernah menjuarai cerdas cermas bahas arab dan Inggris sewaktu di Mesir. Beliau mengira saya bisa mengasah dan mempelajari hal tersebut –tafsir bahasa Inggris-, padahal belum tentu juga.

Sebenarnya saya pun hendak menolaknya, tapi karena salah satu official tersebut memberitahukan dan memastikan bahwa lombanya pas dengan liburan musim dingin di Mesir, dan semua akomodasi ditanggung dari mulai tiket pulang-pergi, uang saku sampai uang untuk membeli referensi kitab-kitab tafsir yang dibutuhkan. Akhirnya saya pun meminta pendapat dan saran kepada kawan-kawan saya di kampus dan juga rekan-rekan dan para senior saya di Cairo, rata-rata mereka semua mendukungnya, selagi tidak mengganggu aktifitas kuliah, juga karena ada yang bilang kesempatan langka yang mungkin tidak akan terulang kedua kalinya.

Bersama para senior dan rekan di Cairo, setelah doa sebelum berangkat.

Saya hanya dikasih waktu satu bulan untuk melancarkan hafalan Alquran dan membaca referensi yang ada, sempat kebingungan dan kesulitan mencari referensi yang berbahasa Inggris, akhirnya secara perlahan saya mencoba untuk menerjemahkannya sendiri walaupun agak tersendat, ternyata setelah itu baru dikasih tahu kalau nanti di Indonesia akan ada Training Centre (pemusatan latihan) yang akan dilatih dan dibimbing langsung oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Perjalanan mengikuti perlombaan yang berkali-kali ini pun saya sangat menikmatinya, dari mulai sebagai penghias acara, sampai pernah meraih Terbaik III dan juga pernah merasakan Terbaik I. Jika sedang beruntung, hafalan Alquran dan penafsirannya bakal berjalan lancar dan terus melenggang ke babak final bahkan sampai juara, tapi jika nasib lagi kurang baik alias hafalan dan penafsirannya tersendat maka hasilnya –otomatis- hanya dijadikan sebagai pengalaman saja. Menang atau kalah sudah biasa dalam perlombaan dan kehidupan, yang pasti kita sudah berusaha untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, hasilnya pasti itu yang terbaik yang diberikan Tuhan kepada kita. Sebenarnya untuk meraih gelar terbaik, salah satu kuncinya adalah segala persiapan harus dimatangkan kembali dengan baik dan serius, insya Allah jika itu sudah dilakukan secara maksimal ke depannya bakal mudah dan mulus.

Dalam menjalani semua ini pun saya memiliki banyak pengalaman dan pelajaran yang sangat menyentuh dan membuat saya sadar arti dari kompetisi sehat yang sebenarnya. Dari MTQ ini juga saya mengenal berbagai macam karakter manusia, alhamdulillah kebanyakan dari mereka baik dan sopan, tentu karena gelar ahlul quran yang disandangnya, jika sedikit saja berbuat salah maka dengan sendirinya akan sadar dan malu sendiri serta segera merubahnya, intinya saya sangat bahagia bisa kenal mereka. Saya sendiri tidak mengkotak-kotakkan mereka, semuanya sama saja, baik yang usianya lebih muda maupun yang usianya jauh di atas saya, tentu yang membedakan adalah cara saya bergaul untuk masuk dalam komunitas mereka, saya memiliki cara tersendiri, kalau yang usianya lebih muda saya lebih mengikuti cara mereka, juga meyakinkan tidak ada senioritas di antara kami, karena bisa jadi ilmu dan prestasi mereka lebih banyak dari saya. Adapun jika berada di komunitas yang umurnya jauh di atas saya, saya berusaha jadi penyimak dan perekam sejati, karena saya paling suka mendengarkan nasihat dan pengalaman mereka, terkadang saya paling aktif bertanya dengan catatan jika kondisi mood memungkinkan.

Pose bersama anggota Junud [Pasukan] Daarul Quran di salah satu arena MTQ

Ada satu hal yang terbesit di dalam pikiran saya, karena melihat kondisi di lapangan dan merasa kekurangan penerus atau regenerasi peserta, sampai saya ini harus membuat rekaman video tentang kilasan persiapan dan penilaian dalam perlombaan Tafsir Bahasa Inggris tersebut, memang harus diakui jika kita sedang berada di level nasional, provinsi maupun kabupaten atau kota, pesertanya hampir tidak berubah, alias yang ikut Tafsir Bahasa Inggris orangnya sama, dan juaranya pun kadang bergantian, tergantung keberuntungan saja, kalau kata orang betawi, “ah masa harus ketemu ente lagi sih, dunia sempit banget”, jika pun ada peserta baru dapat dipastikan –kebanyakan- mereka hanya sebagai penghias saja, jarang ada yang beruntung, karena kurangnya pengalaman, saya pun sadar dari para peserta yang sering ikut lomba saya yang merasa paling muda, karena hampir rata-rata umur mereka di atas saya, bahkan kebanyakan mereka sudah menikah dan punya anak. Memang tidak ada masalah, yang dipermasalahkan adalah kurangnya regenerasi.

Jika boleh saya meneliti berdasarkan sedikit pengalaman, saya memberikan kesimpulan sementara bahwa kurangnya regenerasi dalam lomba tafsir bahasa Inggris ini disebabkan karena banyak yang kurang menguasai dua penilaian inti dalam lomba ini (hafalan Alquran dan tafsir), ada yang sudah hafal Alquran tapi bahasa Inggrisnya lemah bahkan tidak paham sama sekali karena hampir rata-rata yang hafal Alquran kebanyakan dari tingkat ekonominya menengah ke bawah atau bahkan kurang mampu, mereka menghafal Alquran karena memiliki azam dan keinginan niat masing-masing, ada pula yang bisa bahkan mahir dalam bahasa Inggris tapi hafalan Alqurannya lemah, ada kemungkinan karena merasa sudah mampu dalam urusan duniawi dan menomerkan duakan hafalan Alquran bahkan melupakan urusan menghafal Alquran. Padahal jika mereka semua mau belajar dan berusaha untuk menghafal Alquran dan mempelajari bahasa Inggris tidak ada yang tidak mungkin, jika Allah berkehendak dia bisa, pasti bisa. Tinggal azam dan keinginannya saja yang harus diperkuat kembali.

Perlu digarisbawahi kalimat saya di atas yang mengatakan hampir rata-rata, bukan berarti orang yang kondisi ekonominya lemah tidak ada yang mahir berbahasa Inggris atau sebaliknya orang yang ekonominya mampu tidak ada yang menjadi hafidz atau penghafal Alquran, saya tidak bermaksud untuk berkata demikian, karena saya yakin pasti ada, malahan ada yang kedua-keduanya menguasai, akan tetapi hal itu jarang sekali ditemukan, kalaupun ada mereka tergolong orang-orang hebat yang berpikiran maju dan mau bangkit dari ketertinggalan.

Sebenarnya saya pun sadar kalau hafalan Alquran dan bahasa Inggris saya masih sangat lemah, banyak yang harus diperbaiki dari segi fashahah dan tajwid bahkan dari segi kelancarannya juga harus sering-sering muraja’ah (mengulang-ngulang hafalan yang sudah ada, agar tidak cepat lupa bahkan hilang, wal’iyadzu billah), atau dari segi pemahaman tafsir dan grammer -termasuk speaking- harus lebih rajin membaca dan berlatih kembali.

Intinya saya ingin mengajak anda yang sudah hafal Alquran atau bahkan sudah mahir dalam bahasa Inggris untuk mempelajari sedikit cara atau persiapan dan penilaian MTQ cabang Tafsir Bahasa Inggris yang sedang saya bahas ini, karena jujur saya juga tidak mau selalu terjun di dalam dunia per-MTQ-an, saya mau fokus kembali dengan urusan kuliah saya. Meski saya sudah dapat panggilan kembali untuk mengikuti pemusatan latihan awal dari salah satu provinsi untuk mengikuti MTQ Nasional cabang Tafsir Bahasa Inggris di Batam, Kepulauan Riau. Tapi rasanya saya harus berpikir ulang untuk mengikutinya, karena saya harus memilih mana yang harus diprioritaskan lebih awal.

Untuk memberikan stimulan kepada anda, bahwa jika memenangkan lomba ini maka anda akan mendapatkan hadiah dan bonus sampai puluhan juta atau bahkan sampai ratusan juta dan dapat hadiah umrah atau haji, tergantung di level mana anda memenangkan perlombaan ini, anggap saja hadiah dan bonus itu sebagai semangat untuk berlomba, tidak untuk maksud yang kurang baik. Tentu tujuan utamanya adalah mensyiarkan Islam di setiap pelosok, terkhusus dengan program “Maghrib Mengaji”, saya paham betul anda lebih paham daripada saya, karena saya tahu setiap orang memiliki cara berpikir masing-masing, semoga saja ada yang berkeinginan mengikuti lomba ini, tentunya selain mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman juga insya Allah akan berdatangan kebaikan yang lain –rezeki-. Semoga ajakan ini termasuk dari provokasi yang baik.

Berikut saya terangkan apa saja persiapan dan penilaian dalam Musabaqah Tilawatil Quran cabang tafsir bahasa Inggris, persiapan yang paling utama adalah ketenangan dan hafalan Alquran yang sudah matang, kemudian kitab-kitab referensi dalam bidang tafsir, kebetulan saya mempunyai referensi tersendiri, langsung beli dari Cairo ketika masih berada di Mesir. Di antaranya, al-Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj karangan Prof. Dr. Wahbah al-Zuhaili, Tafsir al-Quran al-‘Adzim karangan Abul Fida ‘Imaduddin Ismail bin Umar bin Katsir al-Qurasyi al-Bushrawi al-Dimasyqi, yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir, Al-Jaami’ li Ahkaam al-Quran karangan Imam Al-Qurthubi, Aysarut Tafaasir li Kalaamil ‘Aliyyil Kabiir karangan Abu Bakar Jabir al-Jazaairi, Shafwah al-Tafaasir karangan Muhammad ‘Ali al-Shaabuuni.

Beberapa kitab referensi tafsir Alquran

Pada cabang musabaqah tilawatil quran, khususnya cabang tafsir bahasa Inggris ada dua penilaian inti:

Pertama, hifzul quran (hafalan Alquran), anda akan di tes sejauhmana kelancaran hafalan Alquran anda dalam menjawab tiga sampai empat soal tahfidz yang diuji langsung oleh dewan hakim. Dalam penilaian ini yang dinilai adalah kelancaran hafalan, fashahah dan tajwid.

Kedua, anda akan diuji pada bidang tafsir Alquran. Pada penilaian kedua ini ada tujuh cabang penilaian:

1. Membaca ayat Alquran, anda akan disuruh membaca tiga ayat atau lebih dari Alquran dengan nada murattal. Anda harus menyiapkan -untuk tahun ini, karena setiap tahun akan berubah- lebih fokus ke juz tujuh, maka matangkanlah semua yang berkaitan dengannya.

2. Mufradat, sebelum ke inti penilaian, anda akan ditanya terlebih dahulu mufrodat dari ayat-ayat yang anda baca, biasanya anda akan ditanya lima kata atau lebih.

3. Terjemah ayat, anda akan disuruh menerjemahkan ayat-ayat yang anda baca, biasanya dewan hakim lebih suka terjemah perkalimat, artinya tidak langsung dibaca semua.

4. Asbabun nuzul, jika dalam ayat yang anda baca terdapat asbabun nuzul (kisah atau sebab turunnya ayat) maka anda harus membacakan asbabun nuzul tersebut.

5. Munasabatul Ayat, anda harus menjelaskan korelasi ayat-ayat yang anda baca dengan ayat yang sebelumnya, apakah ada keterkaitan satu sama lain.

6. Tafsir, dalam penilaian inipun anda akan disuruh menjelaskan kalimat perkalimat dari ayat-ayat yang anda baca, tidak langsung semua. Setelah itu akan ada tanya jawab antara anda dan dewan hakim, di sinilah terlihat pengetahuan anda dalam bidang tafsir dan tsaqafah islamiyah terlebih kefasihan pelafalan “pronounciation” anda dalam mengucapkan kalimat perkalimat dalam bahasa Inggris.

7. Hidayatul ayat, sebelum mengakhiri semua, maka anda harus menjelaskan pelajaran atau hikmah apa saja yang terkandung dalam ayat-ayat yang anda baca. Selesai.

Salah satu potret para dewan hakim dari mulai bidang tahfidz: fashahah dan tajdwid dan bidang tafsir yang siap menilai dan menguji peserta

Berikut saya bagikan video –model saya sendiri- kilasan tentang contoh MTQ cabang Tafsir Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Segmen I:   http://www.youtube.com/watch?v=nWQXedkW5oQ (Preview)

Part I: Memorizing verses of Alquran, Surah An-Nuur: 23-40

Segmen II:  http://www.youtube.com/watch?v=PfaYjPJMA5w (Preview)

Part I (Memorizing of Quran)

Section II: An-Nisaa: 126-134

Part II (Interpretation of Quran)

Section I: Reading of Quran, Al-Maidah: 106-108

Section II: Vocabulary

Segmen III:  http://www.youtube.com/watch?v=BXRdB38QZfs (Preview)

Part II (Interpretation of Quran):

Section III: Translation

Section IV: The Historical of Verse

Section V: Correlation and Occasion Verses As Before

Segmen IV (Akhir):  http://www.youtube.com/watch?v=VvKMDCP5Ft8 (Preview)

Part II (Interpretation of Quran):

Section VI: Interpretation of Verses

Section VII: Summary.

And the last, say: Alhamdulillah.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

'Israel' Derita Lebih Dari 3.600 Korban Tewas Atau Terluka Sejak Dimulainya Perang Di Gaza

Senin, 25 Mar 2024 12:34

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Tentara Zionis Israel Perkosa Wanita Palestina Di Rumah Sakit Al-Shifa Sebelum Bunuh Mereka

Senin, 25 Mar 2024 09:43

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Turunnya Angka Pernikahan, Tanda Masyarakat Makin Cerdas?

Senin, 25 Mar 2024 02:20

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Kota Layak Anak, benarkah Solusi Persoalan Anak?

Senin, 25 Mar 2024 02:01


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X