Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.984 views

Prof Huzaemah Wafat, MUI: Kita Lanjutkan Kaderisasi Ulama Perempuan

JAKARTA (voa-islam.com)--Kabar duka kembali datang dari kalangan alim ulama. Kabar duka itu datang dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang fatwa, Prof Huzaemah Tahido Yanggo, sosok perempuan inspiratif yang telah melahirkan kader-kader terbaik di Indonesia wafat pada Jumat (23/7).

Takziyah secara virtual pun digelar Jumat malam dalam rangka mengenang sekaligus mengirimkan doa-doa pada Almarhumah Prof Huzaemah. Takziyah ini dihadiri para pengurus MUI. Salah satunya adalah Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar, yang turut memberi tausiyah dan sambutan dalam takziyah virtual tersebut.

“Sangat langka ada wanita yang ahli fikih dan madzhab perbandingan, kematian seorang yang alim, apalagi murabbi yg telah mencetak kader-kader terbaik tentu merupakan kehilangan yang mendalam,” kenang Kiai Mif, begitu akrab disapa, Jumat.

Kiai Mif memberikan tausiyahnya sekaligus renungan bahwasannya setiap insan tak luput dari kematian. Dalam hal ini, Kiai Miftah mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al Mushannaf dan Imam Ahmad yang termaktub dalam kitab Al-Zuhdu, singkatnya hadits ini menjelaskan di saat Allah menciptakan Nabi Adam dan dzuriyyah (keturunan)nya.

Hadits tersebut berisi tentang malaikat yang berkata kepada Allah, “Ya Allah kalau Engkau menciptakan sedemikian banyak Adam dan keturunannya, maka niscaya dunia ini tidak akan mencukupi.” Allah kemudian membalasnya, “Aku akan menjadikan sebuah kematian bagi Adam dan keturunannya.” Kemudian malaikat melanjutkan, “Kalau ada kematian, maka kehidupan Adam dan keturunannya tidak akan menjumpai ketenangan.” Lantas Allah menjawab, “Aku akan menghadirkan harapan serta angan-angan yang semuanya bersifat sementara untuk menutupi kematian yang menakutkan itu.”

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa tiap mahluk yang bernyawa memiliki batas hidupnya masing-masing di dunia. Kiai Mif mengajak pada segenap hadirin untuk mengambil hikmah di balik setiap kejadian duka ini. “Prof Huzaemah mungkin beberapa hari yang lalu sudah di tampakkan surganya, karena perjuangan beliau di jalan Allah, Kita harus bersedih ditinggalkan beliau, karena bumi ini ditinggalkan seorang yang alim maka kekuatan dan keberkahannya pun berkurang,” ujar Kiai Mif. “Sedih sunatullah tapi hakikat kehidupan memang seperti itu, tempat kita yg sesungguhnya adalah akhirat,” lanjutnya.

Kematian adalah awal mula sebuah kehidupan, bukan sebagai akhir dari sebuah hayat (hidup). Ada kehidupan di alam arwah, lalu kehidupan alam arham (rahim), kehidupan dunia, dan dilanjutkan di kehidupan alam barzah. Terakhir, sampailah kita ke kehidupan yang abadi. Kiai Miftah menceritakan bahwasannya para ulama dahulu mana kala memanggil teman karibnya adalah penduduk abadi. Hal tersebut karena manusia adalah penduduk abadi yang tidak diciptakan untuk sebuah kefanaan atau ketiadaan. Manusia diciptakan sebagai sebuah keabadian dan kelanggengan.

“Kita semua sedang dalam proses perpindahan dari desa ke desa. kehidupan desa arwah, arham, dunia, lalu barzakh hingga pada akhirnya sampailah kita ke darul baqa, yakni desa yang abadi,” pungkas Kiai Miftah.

Sayyidah Aisyah pernah menyatakan keengganannya terhadap kematian pada Rasulullah. Kemudian Rasul menjelaskan bahwasannya seorang mukmin yang berilmu atau berjasa manakala menghadapi kematian maka ditampakkan surganya di pelupuk matanya, sehingga yang tampak hanyalah kebahagiaan dan hatinya gandrung segera ingin menuju surga tersebut. Pada akhirnya yang ada hanyalah kecintaannya dan kerinduannya untuk bertemu Allah SWT. Dalam surah Al Mulk ayat dua yang berbunyi:

اۨلَّذِىۡ خَلَقَ الۡمَوۡتَ وَالۡحَيٰوةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ اَيُّكُمۡ اَحۡسَنُ عَمَلًا ؕ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡغَفُوۡرُۙ‏

“Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Mahapengampun.”

Allah mendahulukan menyebut kata mati lebih dulu dari kata hayat, hal ini karena dalam kematian sesungguhnya ada sebuah kenikmatan atau regenerasi kehidupan. “Saya yakin almarhumah sudah paham akan ayat tersebut. langit dan bumi akan menangis karena wafatnya orang-orang saleh dan salehah,” ujar Kiai Mif.

Dalam surah Ad Duhkhan ayat 29 juga dijelaskan mengenai kepergian orang-orang yang saleh dapat membuat bumi dan langit menangis, sebaliknya bumi tidak akan menangisi kepergian orang-orang munafik atau kafir. Berikut adalah bunyi surahnya:

فَمَا بَكَتۡ عَلَيۡهِمُ السَّمَآءُ وَالۡاَرۡضُ وَمَا كَانُوۡا مُنۡظَرِيۡنَ

“Maka langit dan bumi tidak menangisi mereka dan mereka pun tidak diberi penangguhan waktu.”

Tafsir ayat ini menjelaskan bahwa langit dan bumi tidak menangisi kepergian dan kehancuran firaun dan kaumnya. Tidak sesuatu pun baik di langit maupun di bumi yang menghiraukan kematian firaun dan kaumnya yang jahat dan durjana itu. Mereka tidak mau bertaubat memperbaiki kesalahan-kesalahan mereka, oleh karenanya azab disegerakan tanpa ada penangguhan.

“Semoga di balik kabar duka wafatnya almarhumah Prof Huzaemah ini membuat generasi-generasi penerus sadar akan tugasnya untuk melanjutkan perjuangan beliau dalam syiar dan dakwah Islam,” ujar dia.

“Dengan ini saya Miftahul Akhyar mewakili belangsungkawa yang mendalam dari MUI pusat atas wafatnya beliau, semoga amal ibadahnya diterima Allah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya,” kata Kiai Mif mengakhiri tausiyahnya.* [Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Rabu, 22 Sep 2021 19:02

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Rabu, 22 Sep 2021 18:15

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Jangan Bernyanyi Di Panggung Yang Salah

Rabu, 22 Sep 2021 17:56

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Penyanyi Terkenal AS John Legend Kecam Israel Terkait Perlakuan Buruk Terhadap Tahanan Palestina

Rabu, 22 Sep 2021 17:30

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

BPIP Makin Boros: Bubarkan!

Rabu, 22 Sep 2021 17:23

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Jajak Pendapat: 80% Warga Palestina Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mengundurkan Diri

Rabu, 22 Sep 2021 16:21

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Sepuluh Tips Agar Anak Terbiasa Hidup Bersih

Rabu, 22 Sep 2021 13:21

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Pejabat Makin Makmur, Rakyat Gigit Jari

Rabu, 22 Sep 2021 12:48

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud,  Harus Tepat Sasaran

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud, Harus Tepat Sasaran

Rabu, 22 Sep 2021 10:36

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Kekerasan kepada Dai Kembali Terulang, Dewan Da'wah: Seperti Ada Pola Sistemik

Rabu, 22 Sep 2021 02:39

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Luhut Kembali Didapuk Tugas Baru, Bukhori: Presiden Kurang Percaya dengan Menteri dari Parpol

Selasa, 21 Sep 2021 23:51

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Islamic Center Persis

Selasa, 21 Sep 2021 23:28

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Stop Wasting Time, Berantas Separatisme Sekarang Juga!

Selasa, 21 Sep 2021 23:17

Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

Hampir 200 Organisasi HAM Desak Perlindungan Untuk 6 Pejuang Palestina Yang Ditangkap Kembali Israe

Selasa, 21 Sep 2021 22:29

Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte

Selasa, 21 Sep 2021 22:18

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

PON XX Dihelat di Papua, Legislator Minta Pemerintah Jamin Keamanan

Selasa, 21 Sep 2021 22:08

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Persis Minta Polisi Ungkap Tuntas Tewasnya Ustaz Usai Ditembak di Tangerang

Senin, 20 Sep 2021 22:20

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Anis Byarwati: Utang Pemerintah Akan Menjadi Beban Berat di Masa Mendatang

Senin, 20 Sep 2021 22:12

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Israel Pukuli Dan Siksa 2 Pelarian Palestina Terakhir Selama Penangkapan

Senin, 20 Sep 2021 20:30


MUI

Must Read!
X