Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.718 views

Alumni IIUM Aceh Mengadakan Halal Bihalal

BANDA ACEH (voa-islam.com) -  Alumni International Islamic University Malaysia (IIUM) asal Aceh mengadakan Halal Bihalal sesama alumni dari Aceh di rumah Prof. Dr. M. Sabri Abd Majid, SE., M.Ec., di Darussalam Banda Aceh, pada hari Ahad (29/05) yang lalu.

Acara Halal Bihalal sekaligus reuni ini dihadiri oleh puluhan alumni. Acara ini merupakan pertemuan kedua alumni Aceh setelah reuni pertama diadakan tahun 2008 di aula Pasca sarjana IAIN Ar-Raniry (sekarang UIN Ar-Raniry) Darussalam Banda Aceh.

Agenda utama Halal Bihalal dan sekaligus reuni kali ini yaitu ceramah, silaturrahmi para alumni dan pembentukan Ikatan Alumni IIUM Chapter Aceh beserta pemilihan ketuanya.

Acara ini diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Dr. Israk Ahmadsyah, B.Ec., M.Ec., M.Sc. (S1 Fakultas Ekonomi tahun 1992-1997) mewakili seluruh alumni IIUM dari Aceh.

Dalam kata sambutannya, Israk yang juga sebagai Dosen FEBI UIN Ar-Raniry ini dan Wakil Ketua Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) Aceh menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan mengharapkan alumni bisa berkontribusi untuk agama, umat dan bangsa.

"Ucapan terima kasih kepada adik-adik panitia yang diketuai oleh Rahmad Hidayatullah yang sudah berupaya melaksanakan acara Halal Bihalal dan reuni ini yang seyogianya dilaksanakan di River Side Lhok Nga Aceh Besar, tapi berhubung cuaca hujan maka acara dipindahkan ke rumah Prof. Sabri."

"Mewakili alumni, tentu kami sangat senang bertemu kembali dengan rekan-rekan alumni dalam satu wadah, yang selama ini masih terpisah. Mudah-mudahan , dengan adanya ikatan alumni ini, kita bisa memberikan manfaat bukan saja untuk sesama alumni, tapi juga untuk kemaslahatan ummat," ujar Israk.

Berikutnya, sesi ceramah disampaikan oleh Ustaz Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA. (S2 Fiqh and Ushul Fiqh Fakultas Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences (IRKHS) tahun 2003-2008 dan S3 Fiqh and Ushul Fiqh tahun 2009-2017).

Ustaz Yusran yang juga sebagai dosen Pasca sarjana UIN Ar-Raniry menyampaikan ceramahya di hadapan para alumni dengan topik "Kewajiban Menjaga Ukhuwwah islamiyah" selama kurang lebih 25 menit.

Dalam ceramahnya, Ustaz Yusran menjelaskan makna Ukhuwwah islamiyah dan hukum menjaga Ukhuwwah islamiyah.

"Di antara ajaran Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah perintah mewujudkan dan menjaga ukhuwwah islamiyah dan larangan melakukan segala perbuatan dan perkataan yang dapat merusaknya. Maka, umat Islam sesama Ahlussunnah wal Jama’ah wajib menjaga ukhuwwah islamiyah dan haram merusaknya. Merusak ukhuwwah islamiyah berarti pelanggaran syariat dan perbuatan maksiat."

Di samping itu, dipilih juga para anggota tim formatur selain ketua terpilih untuk membantu ketua menyusun kepengurusan lengkap yaitu Dr. Hafas Furqani, M.Ec (Dosen UIN Ar-Raniry), Dr. Edi Gunawan, M.Ec, (Dosen Unsyiah), Taufik, SE.Ak., M.Ed. (Dosen UIN Ar-Raniry) Rahmat Hidayatullah, MA, Bima Riski Saputra, Asma Budi Aswadi, Fitrianti Abubakar, dan Rizka Rivensky.

Turut hadir Prof. Dr. Sabri Abd Majid, SE, M.Ec. (Dosen Unsyiah) beserta istri Farhati, M.HSc, Psy, Dr. Ridwan Nurdin, MCL (dosen UIN Ar-Raniry), Drs. Ridhwan Daud, M.Ed. (dosen UIN Ar-Raniry), Zubaidah, M.Ed. (dosen UIN Ar-Raniry), Chamisah, SAg, M.Ed. (dosen UIN Ar-Raniry), Nursan Junita, B.HSc., MA, Psicolog (dosen UNIMAL), Laila Fajriah, B.HSc., M.Lis. (guru SMK Banda Aceh), Dr. Ratna Mulyani, B.Ec., M.Ec. (dosen Unsyiah), Dr. Muhammad Dayyan, M.Ec. (dosen IAIN Cot Kala Langsa), Mukhtar M.Lis. (dosen UIN Ar-Raniry), dan alumni lainnya. [ril/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X