Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.752 views

Perempuan Berdaya dengan Islam

 

Oleh: Gayuh Rahayu Utami

Kondisi perempuan di negeri ini jauh dari kesejahteraan yang hakiki. Berbagai kasus yang dialami di antaranya, kasus pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, kemiskinan, angka kematian ibu juga tidak kalah mengkhawatirkan. Namun ide kesetaraan gender terus digaungkan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh perempuan.

Tahun 2024, komitmen KemenPPPA untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak akan terus ditingkatkan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menambahkan pihaknya akan berfokus pada penguatan kelembagaan dan perbaikan pelayanan publik, terutama terkait lima arahan prioritas Presiden dengan mengedepankan sinergi dan kolaborasi lintas sektor mulai dari pemerintah pusat dan daerah, masyarakat, dunia usaha, dan media.

Program indeks pembangunan gender mulai digaungkan tahun ini dengan tujuan untuk menyelesaikan berbagai problematika yang menimpa pada diri perempuan yang hari ini jauh dari kata ketentraman baik dari segi fisik maupun batin. Namun seiring waktu berjalan untuk mengatasi persoalan pada perempuan masih jauh dari panggang api. Pada program ini makna berdaya adalah perempuan berkiprah di dunia kerja dan dunia parlemen. Kemudian perempuan harus bisa mencetak uang dan berpenghasilan agar kedudukannya sama dengan laki-laki.

Memang, program ini seolah-olah bagus dan solutif. Namun pada faktanya, solusi seperti ini adalah solusi tambal sulam. Pandangan kapitalisme bahwa perempuan dianggap tidak mengikuti zaman jika tidak bekerja dan menghasilkan uang. Perempuan dalam kehidupan kapitalisme dipaksa untuk mencari nafkah untuk memenuhi anggota keluarganya. Bahkan tidak sedikit yang berangkat pagi pulang malam tidak bisa mendampingi dan mendidik anak-anaknya dengan maksimal. Lowongan kerja untuk laki-laki sedikit. Lebih banyak yang dibutuhkan dalam perusahaan adalah kaum hawa.

Akibat himpitan ekonomi yang dialami oleh rakyat negeri ini maka seolah-olah perempuan yang menjadi penyebab kemiskinan. Padahal jika kita melirik persoalannya yang begitu sistemik terletak pada sistem yang diterapkan saat ini yaitu kapitalisme sekuler dan ekonominya berbasis liberal. Maka terjadinya penyempitan lapangan pekerjaan di negeri ini dan semakin susah karena negara hari ini tidak memberikan fasilitas lapangan kerja melainkan diserahkan kepada swasta. Sumber daya alam dirampas oleh kaum oligarki yang seharusnya bisa dinikmati oleh rakyat khususnya pada perempuan.

Berbeda halnya dengan penerapan Islam. Dalam Islam, perempuan itu sejatinya bukan pencari nafkah melainkan dinafkahi oleh suaminya. Jika suaminya meninggal atau bercerai maka dikembalikan kepada walinya yaitu ayahnya. Jika ayahnya tidak ada, maka diserahkan kepada saudara laki-laki. Kemudian jika tidak punya saudara laki-laki, maka penafkahan diserahkan kepada paman. Jika tidak ada anggota keluarga dan kerabat yang menafkahi, maka perempuan dinafkahi oleh negara.

Sistem ekonomi yang diterapkan adalah sistem ekonomi Islam. Di mana negara memberikan lapangan pekerjaan seluas-luasnya kepada laki-laki untuk mencari  nafkah. Layanan publik didapatkan dengan mudah dan terjangkau seperti pendidikan, kesehatan, keamanan, dan transportasi. Hasil sumber daya alam wajib diberikan kepada rakyat agar kesejahteraan yang sebenarnya dapat dirasakan oleh rakyat.

Jika Islam diterapkan secara sempurna, maka perempuan bisa maksimal menjalankan sebagai fitrahnya sebagai pengatur rumah tangga, mendidik putra-putrinya menjadi generasi shalih shalihah. Kalaupun perempuan bekerja, negara mengatur jam kerja yang sesuai dengan kondisi perempuan dan benar-benar merupakan pilihan bukan karena terpaksa.

Jati diri perempuan akan kembali seutuhnya jika negara tersebut menerapkan aturan Islam secara paripurna. Kesejahteraan perempuan hanya didapatkan dengan Islam tidak ada jalan lain selain kembali kepada aturan Allah di tengah kondisi yang serba rusak dan tidak ideal. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X