Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.152 views

Smart dan Taat Syariat, Hebat!

 

Oleh: Desi Wulan Sari

Remaja adalah masa seorang anak mencari jati diri. Ia ingin menujukkan siapa dirinya dan bagaimana lingkungan menerima keberadaannya di tengah-tengah masyarakat.

Hakikatnya, dalam Islam sebenarnya tidak mengenal istilah masa remaja. Islam mengenal masa baligh dan pra-baligh. Masa baligh adalah masa seorang muslim sudah terbebani hukum Islam, sehingga sudah memiliki kewajiban untuk melaksanakan syariat Islam yang terbebankan. Sementara masa pra-baligh adalah masa anak-anak yang tidak ada beban hukum kepadanya.

Masa ini dalam proses berlatih untuk taat kepada aturan-aturan Allah. Oleh karenanya masa ini dibutuhkan peranan orang tua untuk memahamkan anak hukum-hukum syariah. Sekolah dan tempat belajar agama juga harus memiliki kurikulum dalam menyiapkan generasi dambaan umat. Karena tanpa persiapan ilmu pada masa pra-baligh, maka dapat ditebak bagimana mereka akan menjalani kehidupan tanpa arah dan pegangan hidup seorang muslim, yaitu jalan kehancuran bagi generasi muda di zaman ini.

Sebagai remaja muslim seharusnya menyadari bahwa Rasulullah adalah teladan yang patut mereka tiru. Ketaatan kepada Allah adalah cermin perilaku sehari-hari, sehingga aktivitas remaja adalah aktivitas yang penuh dengan ketaatan kepada Allah. Semangat dalam menuntut ilmu, berbakti kepada kedua orang tua, tutur kata yang terpancar dari akhlak seorang muslim dan bahkan sebagai remaja yang saling peduli dan mengingatkan kepada sesama.

Bagaimana mungkin bila kita tidak jatuh cinta pada remaja dengan kriteria seperti ini, yang taat syariat. Remaja yang selalu melindungi dirinya karena takut pada perintah Allah,  demi menjaga kehormatan dirinya sebagai seorang  muslim. Banyak karakter bernilai tinggi yang ditawarkan dalam dirinya. Tetapi jangan lupa, karakter dan kepribadian remaja yang selalu membuat jatuh hati siapa pun yang melihat kepribadiannya harus dibina sejak dini dan menanamkan kecintaan pada Rabb sang pencipta alam semesta ini.

Adapun karakter remaja muslim yang harus dimiliki ada 6, antara lain:

✓Pertama, remaja yang selalu menyeru kepada alhaq (kebenaran).

✓Kedua, mereka mencintai Allah dan Allah pun mencintai mereka.

✓Ketiga, mereka saling melindungi dan saling mengingatkan satu sama lain serta taat menjalankan ajaran agama.

✓Keempat, mereka adalah remaja yang memenuhi janjinya kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

✓Kelima, mereka tidak ragu-ragu dalam berkorban dengan jiwa dan harta mereka untuk kepentingan Islam.

✓Keenam, remaja yang (tumbuh) selalu beribadah kepada Allah dan hatinya senantiasa terpaut dengan masjid.

Melalui remaja dengan karakteristik di atas, sejatinya Islam mampu menyingkirkan segala macam bentuk kekuatan kedzaliman. Karena Kemaksiatan masif sedang ditawarkan oleh  sistem sekuler saat ini dengan 3F nya (Food, Fashion, and Fun). 

Godaan yang Mematikan

Layaknya racun, 3F (food, fashion, and fun) ini juga bisa dikatakan racunnya para remaja era sepilis. Terlebih sistem sekulerisme sedang disebarkan secara masif dengan tujuan merusak pemikirian dan ideologi hidup remaja muslim yaitu menawarkan gaya hidup bebas dan menyenangkan. Kelemahan Iman dan kurangnya pemahaman akan bahaya racun sekuleris, para remaja muslim  akan mudah jatuh dalam perangkap kemaksiatan.

Godaan kesenangan yang ditawarkan lambat laun  akan mematikan rasa keimanan, bertoleransi dengan kemaksiatan, dan pemikiran yang semakin sempit bagi remaja  muslim manapun saat dihadapkan dengan musuh Islam zaman milenial ini.

Adapun 3F yang dimaksud antara lain:

Food: Dengan aneka jenis makanan yang secara kesehatan merusak, namun harganya mahal, dan bisa jadi pula kehalalannya dipertanyakan.Islam telah menyatakan bahwa apa yang dimakan bisa membentuk sesoerang. Makanan yang haram masuk ke dalam tubuh akan merusak jiwanya. Orang Islam saat ini, kehati-hatian terhadap apa yang dimakan pun semakin sedikit. Tidak peduli lagi mana halal mana haram, yang penting enak dan bergengsi. Atau bahkan makanan sehari-hari pun tidak dipertanyakan kehalalannya. Halal tidak hanya sekedar masalah bahan makanannya, namun juga cara mendapatkan makanan tersebut.

Fashion: Tidak hanya bicara soal pakaian. Mode, gadget dan kendaraan sekarang telah masuk ke jenis barang fashion. Bukan lagi membeli fungsi, namun membeli tampilan. Pakaian sangat ala barat bisa dilihat di negeri-negeri timur. Bahkan para muslimah pun lebih suka mengikuti modenya daripada fashion Islam yang telah dipersepsikan kuno-ketinggalan jaman. Perempuan menjadi objek utama perang fashion ini. Meski laki-laki tidak juga luput, namun dampak perang pemikiran mengenai fashion ini benar-benar sangat terlihat di kalangan perempuan.

Fun:  Hiburan, betapa hiburan masa kini benar-benar telah menjauhkan seseorang dari agamanya. seperti pacaran, musik, game, Dll. Membuat umat  lupa waktu, hingga lupa shalat hanya karena sedang jalan-jalan entah dimana atau sedang ada acara apa. Atau mengakhirkan shalat yang sebenarnya bisa dilakukan ketika nonton acara, padahal lebih tau mana yang harus di dahulukan. Jadwal film yang nabrak waktu shalat (maghrib terutama). Bahkan perlu di pertanyakan pada organisasi atau acara-acara kampus yang tidak peduli waktu shalat. Yang memaksa menunda waktu shalat dan mengakhirkannya dengan alasan, acara belum beres. Atau sengaja menabraknya.

Kerusakan yang telah ditimbulkan 3F ini telah banyak memakan korban remaja diseluruh dunia. Seperti pergaulan bebas, hidup seenaknya tanpa aturan, korban pelecehan seksual, banyaknya penyakit karena makanan tidak sehat, penyimpangan seksual, narkoba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi menjadi satu nilai lebih bagi seorang remaja muslim yang mampu bertahan dan dapat menepis  godaan-godaan racun tersebut dengan istiqomah dan mempertahankan harga diri, pemikiran, ketakwaan serta keimanan yang tidak tergoyahkan.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron [3]: 104).

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bagi remaja muslim saat ini, para orangtua, pengajar, pendidik, ustaz, kyai dan cendekiawan muslim fokus dalam memberikan perhatian, bimbingan, dan kesempatan bagi mereka untuk berkiprah dalam masyarkat, menberikan pencerahan, motivasi atau dengan kata lain menjadi influencer remaja muslim, berbekal ilmu Islam yang kuat.  Remaja muslim taat syariat sebagai penggerak remaja lainnya dalam ketaatan untuk memerangi gaya hidup yang bukan datang dari Islam. Kembali kepada aturan Islam kaffah yang akan membawa keselamatan dunia dan akhirat bagi remaja Islam manapun di seluruh dunia.

Wallahu a'lam bishawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Politisi Golkar: Larangan Mudik Harus Sertakan Sanksi

Politisi Golkar: Larangan Mudik Harus Sertakan Sanksi

Kamis, 02 Apr 2020 08:30

Saleh Daulay: PSBB Belum Tentu Berjalan Efektif

Saleh Daulay: PSBB Belum Tentu Berjalan Efektif

Kamis, 02 Apr 2020 07:46

Nasir Djamil Apresiasi Pemulangan Tujuh TKA China di Aceh

Nasir Djamil Apresiasi Pemulangan Tujuh TKA China di Aceh

Kamis, 02 Apr 2020 06:55

Corona dan Status Darurat Kesehatan

Corona dan Status Darurat Kesehatan

Kamis, 02 Apr 2020 04:50

Angka Kematian Corona di DKI Tertinggi, DPRD Heran Pemerintah Pusat Tolak Karantina Wilayah

Angka Kematian Corona di DKI Tertinggi, DPRD Heran Pemerintah Pusat Tolak Karantina Wilayah

Kamis, 02 Apr 2020 01:21

Keimanan dan Kemanusiaan

Keimanan dan Kemanusiaan

Rabu, 01 Apr 2020 23:43

Gugur di Medan Juang

Gugur di Medan Juang

Rabu, 01 Apr 2020 22:48

Saudi Akan Bangun Ruang Karantina Raksasa untuk Isolasi Pesien Terinfeksi Corona dalam Sepekan

Saudi Akan Bangun Ruang Karantina Raksasa untuk Isolasi Pesien Terinfeksi Corona dalam Sepekan

Rabu, 01 Apr 2020 22:25

Delegasi Taliban Berada di Kabul untuk Memulai Proses Pertukaran Tahanan dengan Pemerintah

Delegasi Taliban Berada di Kabul untuk Memulai Proses Pertukaran Tahanan dengan Pemerintah

Rabu, 01 Apr 2020 22:06

Menguji Relevansi PSBB dan Darurat Sipil di Tengah Ancaman Corona

Menguji Relevansi PSBB dan Darurat Sipil di Tengah Ancaman Corona

Rabu, 01 Apr 2020 21:56

Tips Cermat Antisipasi Hoaks tentang Virus Corona di Internet

Tips Cermat Antisipasi Hoaks tentang Virus Corona di Internet

Rabu, 01 Apr 2020 20:46

Masyarakat Harus Sabar untuk Tinggal di Rumah Selama Pencegahan Wabah Virus Corona

Masyarakat Harus Sabar untuk Tinggal di Rumah Selama Pencegahan Wabah Virus Corona

Rabu, 01 Apr 2020 20:25

Musibah Tanda Allah Menginginkan Kebaikan

Musibah Tanda Allah Menginginkan Kebaikan

Rabu, 01 Apr 2020 20:11

Menguji Peran Madrasatul Ula di Musim Pandemi

Menguji Peran Madrasatul Ula di Musim Pandemi

Rabu, 01 Apr 2020 19:45

Mengkudeta Anies Baswedan?

Mengkudeta Anies Baswedan?

Rabu, 01 Apr 2020 18:02

Fenomena Mudik di Tengah Sebaran Wabah Corona

Fenomena Mudik di Tengah Sebaran Wabah Corona

Rabu, 01 Apr 2020 17:30

Minimalisir Penularan, 1 Unit Chamber Anti Covid-19 Terpasang di RSUD Haji Sulawesi Selatan

Minimalisir Penularan, 1 Unit Chamber Anti Covid-19 Terpasang di RSUD Haji Sulawesi Selatan

Rabu, 01 Apr 2020 17:20

Update 1 April 2020 Infografik Covid-19: 1677 Positif, 103 Sembuh, 157 Meninggal

Update 1 April 2020 Infografik Covid-19: 1677 Positif, 103 Sembuh, 157 Meninggal

Rabu, 01 Apr 2020 17:04

Jokowi Siapkan RS Khusus Corona di Pulau Galang, Fadli: Bagimana Cara Pasien ke Sana?

Jokowi Siapkan RS Khusus Corona di Pulau Galang, Fadli: Bagimana Cara Pasien ke Sana?

Rabu, 01 Apr 2020 16:39

Hadapi Corona, Muhaimin Iskandar Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang ke Luar Negeri

Hadapi Corona, Muhaimin Iskandar Ingatkan Pemerintah Tidak Berutang ke Luar Negeri

Rabu, 01 Apr 2020 15:43


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X