Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.335 views

Meta Rilis Model AI Yang Mampu Terjemahkan Dan Salin Ucapan Dalam Puluhan Bahasa

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms, pada hari Selasa (23/8/2023) merilis model AI yang mampu menerjemahkan dan menyalin ucapan dalam puluhan bahasa, sebuah potensi dasar untuk alat yang memungkinkan komunikasi real-time lintas bahasa.

Perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah postingan blog bahwa model SeamlessM4T-nya dapat mendukung terjemahan antara teks dan ucapan dalam hampir 100 bahasa, serta terjemahan ucapan-ke-ucapan penuh untuk 35 bahasa, termasuk Bahasa Arab Standar Modern, Persia Barat, dan Urdu.

Meta telah membangun inovasi masa lalu yang menggabungkan teknologi yang sebelumnya hanya tersedia dalam model terpisah, seperti No Language Left Behind (NLLB) dan Universal Speech Translator, untuk menciptakan model multibahasa terpadu ini.

CEO Mark Zuckerberg mengatakan dia membayangkan alat seperti itu memfasilitasi interaksi antara pengguna dari seluruh dunia di metaverse, kumpulan dunia virtual yang saling terhubung di mana dia mempertaruhkan masa depan perusahaannya.

Meta sedang membuat model yang tersedia untuk umum untuk penggunaan non-komersial, kata postingan blog tersebut.

Perusahaan media sosial terbesar di dunia ini telah merilis banyak model AI gratis pada tahun ini, termasuk model bahasa besar bernama Llama yang memberikan tantangan serius terhadap model kepemilikan yang dijual oleh OpenAI yang didukung Microsoft dan Google Alphabet.

Zuckerberg mengatakan ekosistem AI terbuka memberikan keuntungan bagi Meta, karena perusahaan memiliki lebih banyak keuntungan dengan melakukan crowdsourcing secara efektif untuk pembuatan alat-alat yang berhubungan dengan konsumen untuk platform sosialnya dibandingkan dengan membebankan biaya untuk akses ke model.

Meskipun demikian, Meta menghadapi pertanyaan hukum yang serupa dengan industri lainnya seputar data pelatihan yang diserap untuk membuat modelnya.

Pada bulan Juli, komedian Sarah Silverman dan dua penulis lainnya mengajukan tuntutan hukum pelanggaran hak cipta terhadap Meta dan OpenAI, menuduh perusahaan tersebut menggunakan buku mereka sebagai data pelatihan tanpa izin.

Untuk model SeamlessM4T, peneliti Meta mengatakan dalam makalah penelitian bahwa mereka mengumpulkan data pelatihan audio dari 4 juta jam “audio mentah yang berasal dari repositori data web yang dirayapi yang tersedia untuk umum,” tanpa menentukan repositori mana.

Seorang juru bicara Meta tidak menanggapi pertanyaan tentang asal usul data audio tersebut. Data teks berasal dari kumpulan data yang dibuat tahun lalu yang menarik konten dari Wikipedia dan situs web terkait, kata makalah penelitian itu.

Meta dikatakan telah melakukan penelitian ekstensif tentang mitigasi toksisitas dan bias dalam model AI generatifnya, sehingga menghasilkan model yang lebih sadar dan responsif terhadap potensi masalah.

Awal tahun ini, Meta bergabung dengan Alphabet, Microsoft, dan OpenAI untuk mengumumkan kerangka kerja bersama mengenai penggunaan AI yang bertanggung jawab guna memitigasi risiko yang terkait dengan alat AI generatif. (Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Tekno lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X