Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.766 views

Belajar dari Ibrahim dan Musa

Catatan M. Nigara
Wartawan Senior
Mantan Wa-Sekjen PWI

 

KURANG digdaya apa Raja Namrud? Nimrod atau Namrud bin Kan’an, raja Mesopotamia yang menguasai Timur Tengah dan Asia Barat (sekarang) sekitar tahun 5000-2200 SM. Cerdas dan kuat.

Kurang Dzalim apa Raja Firaun atau dikenal juga sebagai yang Minephtah putra Ramses II yang memerintah pada 1232 SM-1224 SM. Kekuasaan dan kedzalimannya begitu luar biasa. Hampir tak ada bayi laki-laki yang selamat dari cengkramannya.

Ya, di masa keduanya, tidak seorang pun yang bisa menghindarkan diri dari kesewenangannya. Bahkan tidak ada satu kekuatan mana pun yang mampu melawannya. Tidak juga Ibrahim dan Musa, tanpa bantuan Allah SWT. 

Apa saja yang mereka kehendaki, semua harus terjadi. Keduanya tidak segan mengaku dan berperan sebagai Tuhan. Namrud dan Firaun ‘mampu’ mematikan dan menghidupkan, begitu pengakuannya. Bahkan keduanya selalu menebar ketakutan kepada siapa saja.

Adalah Ibrahim dan Musa, rakyat jelata yang dipercaya oleh Allah SWT  menjadi nabi. Keduanya terus berusaha dan terus pula berdoa. Sekecil apa pun keduanya dan sebesar serta sedigdaya apa pun Namrud dan Firaun, ternyata tetap tidak mampu menundukkannya.

Mengapa ada kisah Namrud dan Firaun. Bukankah Allah SWT maha kuasa? Bukankah Allah bisa menghancurkan keduanya sebelum mereka digdaya? Jawabnya sederhana: Allah ingin kita belajar dari Ibrahim dan Musa.

Belajar tentang bagaimana bersabar, berusaha, dan berdoa. Belajar untuk tidak menyerah meski beratnya tekanan. Belajar untuk tidak takut pada ancaman kematian. Belajar tentang keyakinan bahwa Allah pada akhirnya pasti menghentikan kesewenangan dan kedzaliman.

Ibrahim dan Musa tidak berhadap-hadapan dengan Namrud serta Firaun. Tidak perang terbuka. Secara teori jika mereka saling berhadapan, pasti bisa dilibas. Tapi berkat usaha keras melawan dengan caranya serta berdoa dengan penuh keyakinan, Allahlah yang turun tangan langsung.

Namrud, raja besar sepanjang sejarah manusia, telinganya dimasuki seekor nyamuk dan bermukim selama 400 tahun. Namrud akhirnya mati dalam derita dan hina. Sekali lagi ini pelajaran untuk kita manusia sekarang.

Bayangkan, nyamuk, serangga yang kecil, dan sekali tepuk, ploook, mati. Atau sekali leeeep tamat, masuk ke mulut cikcak. Artinya serangga tanpa kekuatan. Tapi, mengapa nyamuk.

Allah ingin kita yakin bahwa tidak ada kekuatan yang lebih hebat kecuali Dia. Allah ingin kita tahu, Namrud itu bukan siapa-siapa.

Firaun, raja dzalim. Ia telah diberi tanda dengan musim panas puluhan tahun, serangan serangga, kodok, dan burung begitu dahsyat. Mengapa Firaun tak menyerah, bukankah mudah bagi Allah membalikkan hati raja dzalim itu?

Sekali lagi, Allah ingin kita belajar bahwa tak ada yang lebih dahsyat selain Dia. Allah ingin kita memahami bagaimana manusia jika hatinya telah dikunci. Kesombongan Firaun kian menjadi-jadi. “Akulah Tuhan kalian!” Pekiknya seolah ingin meruntuhkan alam. Firaun yang mengaku sebagai Tuhan, lalu tenggelam saat mengejar Musa. Ia mati juga dengan hina dan penuh derita.

Sampai di situ, pahamkah kita bahwa kekuatan doa dan kesungguhan usaha akan punya makna? Menghadapi kekuatan apa pun hanya ada dua cara, berusaha dan berdoa. Jika hasilnya masih tetap belum seperti yang kita harapkan, Allah SWT mungkin belum melihat kesungguhan dan keikhlasan. Mungkin Allah masih melihat usaha dan doa kita belum sejalan.

Kita sering berdoa untuk sesuatu hal, tapi saat berusaha, kita justru seolah meminta pihak lain untuk membantu. Kita seolah tidak sepenuhnya percaya bahwa Allah SWT pasti akan membantu kita.

Atau, jika doa dan usaha sudah sejalan tapi tetap hasilnya belum juga seperti yang kita inginkan, jangan menyerah. Mungkin Allah sedang mencoba sekuat apakah tekad kita itu. Atau, Allah sedang membiarkan mereka para pendzalim itu terjerumus lebih dalam.

Lalu, bagaimana kita saat ini? Jawabnya, belajarlah lebih dalam dari Nabi Ibrahim dan Nabi Musa.

Semoga bermanfaat…

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Analysis lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X