Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.386 views

Pandemi Virus Corona Dorong Jerman Dalam Resesi

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Pandemi virus Corona telah menyebabkan Jerman dalam resesi, data resmi menunjukkan, dengan ekonomi top Eropa itu menderita kontraksi kuartalan tertajam mereka dalam lebih dari satu dekade ketika langkah-langkah karantina mulai menggigit.

Ekonomi Jerman menyusut 2,2 persen pada kuartal pertama 2020, kata badan statistik federal Destatis pada hari Jum'at (15/5/2020), menyebut penurunan kuartal-ke-kuartal "yang terburuk sejak krisis keuangan global" pada 2009.

Badan ini juga merevisi angka produk domestik bruto (PDB) untuk kuartal terakhir 2019 dari nol pertumbuhan menjadi kontraksi 0,1 persen. Itu berarti Jerman sekarang telah mengalami dua perempat penurunan berturut-turut, memenuhi definisi teknis resesi.

Yang terburuk belum datang, namun, dengan ekonom memperingatkan bahwa dampak penuh dari pembatasan coronavirus akan terasa lebih di kuartal kedua.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier bulan lalu memperingatkan bahwa Jerman menuju "resesi terburuk" dalam sejarah pascaperang mereka saat pandemi tersebut membuat sebagian besar perekonomian terhenti.

Seperti negara-negara Eropa lainnya, Jerman menutup pabrik, toko, sekolah, dan restoran mulai pertengahan Maret dan meminta para pekerja untuk tinggal di rumah untuk membantu mencegah wabah.

Toko pusat yang bergantung pada ekspor itu juga dipalu oleh pembatasan perjalanan dan kejutan rantai pasokan di seluruh dunia.

"Konsumsi swasta, ekspor, dan investasi dalam peralatan menyusut akibatnya," kata Kementerian Ekonomi Jerman dalam sebuah pernyataan.

Pengeluaran negara dan industri konstruksi adalah satu-satunya pendorong pertumbuhan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

"Penguncian selama dua minggu serta gangguan rantai pasokan ... membuat ekonomi Jerman bertekuk lutut," kata ekonom ING-Diba, Carsten Brzeski. "Untuk saat ini, keadaan akan menjadi lebih buruk sebelum menjadi lebih baik."

Beberapa ahli memperkirakan ekonomi Jerman dapat mengalami kontraksi 10 persen antara April dan Juni.

Pemerintah Jerman memperkirakan PDB akan menyusut dengan rekor 6,3 persen pada tahun 2020, penurunan yang lebih besar daripada selama krisis keuangan global pada 2008/2009.

Harapan pemulihan

Tetapi ada secercah harapan di cakrawala, dengan banyak ahli mengatakan Jerman berada dalam posisi yang baik untuk menghadapi badai.

Kemerosotan kuartal pertama negara itu lebih kecil dari penurunan PDB yang tajam yang terlihat di Prancis dan Spanyol, dua negara yang paling terpukul oleh virus di Eropa.

Berlin memperkirakan bahwa ekonomi Jerman akan bangkit kembali pada tahun 2021 dan tumbuh sebesar 5,2 persen ketika dampak virus memudar dan bisnis dibuka kembali.

Negara ini mulai melonggarkan pembatasan kuncian pada awal Mei, mengizinkan sebagian besar toko untuk membuka lagi sementara restoran dan pariwisata juga mengambil langkah tentatif pertama mereka.

Pabrik-pabrik juga memulai kembali lini produksi mereka.

"Waktu pencabutan langkah-langkah karantina serta dukungan fiskal besar oleh pemerintah Jerman ... mendukung pandangan bahwa ekonomi Jerman dapat meninggalkan krisis lebih awal dan lebih kuat daripada kebanyakan negara lain," kata Brzeski.

Untuk membantu negara melalui krisis COVID-19, pemerintah Kanselir Angela Merkel telah membuang kebijakannya untuk menjaga anggaran yang seimbang.

Mereka telah meluncurkan paket penyelamatan yang ambisius senilai 1,1 triliun euro (1,2 triliun dolar) yang mencakup jaminan pinjaman yang didukung negara, suntikan uang tunai, dan skema untuk membuat pekerja mengurangi waktu untuk menghindari PHK.

Beberapa perusahaan besar seperti pembuat pakaian olahraga Adidas, maskapai Condor, dan perusahaan perjalanan TUI telah menerima ratusan juta euro dalam bentuk pinjaman yang didukung pemerintah, sementara Lufthansa masih menegosiasikan kemungkinan bailout.

Tetapi ekonomi hanya akan pulih jika mitra dagang terbesar Jerman juga baik-baik saja, Jens-Oliver Niklash, seorang analis untuk bank LBBW, memperingatkan.

Dalam tanda masa depan yang lebih sulit, pembuat mobil Volkswagen mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka akan menunda produksi lagi pada beberapa jalur yang baru saja dibuka kembali. Permintaan mobil sama sekali tidak ada, katanya. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X