Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.438 views

Komandan RSF Sudan Setuju Kirim 1200 Tentara Bayaran ke Libya untuk Bantu Pasukan Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Uni Emirat Arab (UEA) telah meminta komandan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) Sudan, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, untuk segera mengirim 1.200 petempur ke garis depan Libya untuk mendukung panglima perang Khalifa Haftar dalam perang yang sedang berlangsung di Tripoli selatan dan Sirte barat, Libya Observer malaporkan.

Berbicara dengan syarat anonim, sumber yang dapat dipercaya mengatakan bahwa Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, berjanji untuk memenuhi permintaan UEA meskipun ada tentangan internal, setelah ancaman dari penguasa UEA untuk memotong bantuan keuangan.

Hemedti mendapat kecaman dari tentara Sudan karena mengirim ribuan tentara bayaran Sudan untuk perang di Libya di mana mereka dapat dengan mudah terbunuh dalam serangan pesawat tanpa awak, yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut sumber itu, perwira tinggi militer Sudan tidak menyetujui tindakan sepihak Hemedti yang dapat menempatkan Sudan dalam masalah hukum. Hemedti sudah mulai mengirim para petempurnya ke Libya melalui Eritrea untuk menghindari konfrontasi langsung dengan para perwira oposisi.

"Sekarang ada 350 pejuang RSF di kota Sawa, Eritrea, menunggu pengerahan di Libya," sumber itu mengungkapkan, menambahkan bahwa Hemedti menolak untuk mengirim pasukan elit RSF dan anggota suku dekatnya karena ia mungkin membutuhkan mereka untuk melaksanakan rencananya untuk menjadi presiden Sudan berikutnya.

Sumber itu mengutip perwira militer Sudan yang mengatakan bahwa Hemedti kehilangan kendali atas petempur yang dikerahkan di Libya setelah banyak dari mereka tewas.

Didukung oleh Turki, Angkatan Udara Libya dari Pemerintah Kesepakatan Nasional yang diakui PBB telah meningkatkan serangan pesawat tak berawak terhadap kelompok milisi pemberontak pimpinan panglima perang Khalifa Haftar, memotong jalur pasokan dan menghancurkan konvoi bersenjata menuju dari Libya tengah ke zona pertempuran di Tripoli selatan.

"Beberapa petempur telah berbalik melawan Hemedti dan bergabung dengan pemberontak yang memerangi pemerintah Sudan," kata sumber itu.

Ratusan pejuang RSF telah dikerahkan di Sirte untuk bergabung dalam pertempuran di garis depan Abu Grein. Haftar dan pendukung asingnya berusaha untuk merebut kota Abu Grein dan lebih dekat dengan Misrata untuk menjadi dalam jangkauan rudal mereka.

Pejuang RSF juga telah dikerahkan di wilayah sabit minyak untuk melindungi terminal minyak sementara ratusan lainnya dikerahkan di front Tripoli selatan.

Tentara Nasional Libya gadungan (LNA) pimpinan Haftar, dipenuhi tentara bayaran dari Sudan, Chad, Rusia, dan Suriah. Ada laporan bahwa UEA telah menjalin kontak dengan kelompok-kelompok Syi'ah di Irak untuk bergabung dalam pertempuran untuk Haftar setelah banyak kelompok pemberontak itu menderaita banyak kekalahan oleh pasukan dari Pemerintah Kesepakatan Nasional. (LO)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X