Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.476 views

Menlu AS Pompeo Desak Turki Tidak Ubah Hagia Sophia Menjadi Masjid

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pada hari Rabu (1/6/2020) mendesak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk tidak mengubah Hagia Sophia menjadi masjid dan mengatakan bekas katedral Istanbul yang terkenal harus tetap terbuka untuk semua.

Erdogan telah berpikir untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid, memicu ketegangan dengan negara tetangga Yunani.

Pompeo mengeluarkan pernyataan pada malam sebelum keputusan pengadilan Turki yang diharapkan tentang apakah Hagia Sophia seharusnya diubah menjadi museum.

"Kami mendesak pemerintah Turki untuk terus mempertahankan Hagia Sophia sebagai museum, sebagai contoh komitmennya untuk menghormati tradisi agama dan beragam sejarah yang berkontribusi pada Republik Turki, dan untuk memastikannya tetap dapat diakses oleh semua orang," Kata Pompeo.

"Amerika Serikat memandang perubahan dalam status Hagia Sophia sebagai mengurangi warisan bangunan yang luar biasa ini dan kemampuannya yang tak tertandingi - sangat jarang di dunia modern - untuk melayani umat manusia sebagai jembatan yang sangat dibutuhkan antara mereka yang berbeda agama. tradisi dan budaya, "klaimnya dalam sebuah pernyataan.

Turki mengatakan "terpana" dengan pernyataan Pompeo.

"Semua orang bebas mengekspresikan pendapat mereka," kata juru bicara kementerian luar negeri Turki Hami Aksoy.

"Pada saat yang sama, tidak ada yang memiliki hak untuk berbicara tentang hak-hak kedaulatan kita dalam bentuk peringatan," katanya.

Pompeo - seorang Protestan evangelis yang sering berbicara tentang hak-hak minoritas agama - mengatakan bahwa Amerika Serikat berharap untuk mempertahankan dialog dengan Turki mengenai pelestarian situs-situs keagamaan dan budaya.

Ulama Islam pada bulan Mei membacakan doa di dalam landmark untuk merayakan ulang tahun penaklukan kota Istanbul oleh kekaisaran Ottoman pada tahun 1453, yang saat itu dikenal sebagai Konstantinopel.

Bangunan yang menakjubkan pertama kali dibangun sebagai sebuah gereja di abad keenam di bawah Kekaisaran Bizantium sebagai pusat dari Konstantinopel.

Setelah penaklukan Ottoman, itu diubah menjadi masjid sebelum diubah menjadi museum pada masa pemerintahan Mustafa Kemal Ataturk, pendiri sekularisasi Turki modern, pada 1930-an.

Tahun lalu Erdogan memikirkan tentang mengubah museum tersebut kembali menjadi masjid.

Pernyataan itu telah menarik perhatian luas di Yunani, yang Gereja Ortodoksnya mempertahankan patriarkat ekumenisnya di Istanbul.

Turki adalah sekutu NATO dari Amerika Serikat tetapi kedua negara telah melihat gesekan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk atas serangan Ankara ke Suriah dan pembelian senjata dari Rusia. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X