Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.403 views

Pasukan Chechnya Pimpinan Kadyrov Diperintahkan Aktif Dalam Pertempuran Di Ukraina

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Para petempur dari wilayah Chechnya Rusia di bawah komando pemimpin Ramzan Kadyrov kemungkinan telah diperintahkan untuk mengambil peran utama dalam pertempuran di Ukraina dalam sepekan ketika gubernur wilayah Belgorod Rusia mengumumkan evakuasi anak-anak di tengah serangan lintas-perbatasan yang sedang berlangsung dari Ukraina.

Institute for the Study of War (ISW), sebuah think tank yang berbasis di Washington, DC, mengatakan dalam laporan terbarunya pada hari Kamis (1/5/2023) bahwa komandan militer Rusia kemungkinan telah memerintahkan orang-orang Chechnya untuk berperang setelah penarikan pasukan tentara bayaran Grup Wagner dari kota yang hancur Bakhmut.

Menurut ISW, Kadyrov mengklaim pada hari Rabu bahwa pasukannya telah menerima perintah baru dan akan dikerahkan untuk "aktivitas pertempuran aktif" untuk "membebaskan" serangkaian pemukiman setelah mengambil tanggung jawab untuk garis depan di wilayah Donetsk tenggara Ukraina, yang meliputi kota Bakhmut yang diperebutkan.

Kadyrov mengatakan bahwa pasukan khusus Chechnya sedang mempersiapkan operasi ofensif menjelang serangan balik Ukraina yang diperkirakan untuk merebut kembali wilayah dari pasukan Rusia.

“Kembalinya pasukan Chechnya ke operasi ofensif akan mematahkan Kadyrovites dari jeda hampir setahun untuk berpartisipasi dalam operasi tempur intensitas tinggi” di Ukraina, kata ISW.

Para petempur Chechnya terutama beroperasi di daerah di belakang garis depan menyusul keterlibatan mereka dalam pertempuran berdarah di kota Mariupol, Severodonetsk, dan Lysychanak, Ukraina, kata lembaga itu.

“Kremlin mungkin menganggap unit Chechnya sebagai kekuatan serangan yang belum dimanfaatkan yang dapat memulihkan kemampuan Rusia untuk mempertahankan upaya ofensif simultan di berbagai sumbu kemajuan,” tambah ISW. Namun, ISW juga mencatat bahwa jika laporan 7.000 tentara Chechnya di Ukraina benar, pasukan Kadyrov tidak akan memiliki jumlah “untuk berhasil melakukan beberapa operasi ofensif yang signifikan”.

Menggambarkan dirinya sebagai "prajurit" Presiden Rusia Vladimir Putin, Kadyrov sebelumnya mengerahkan pasukan Republik Chechnya untuk mendukung operasi militer Rusia di Suriah dan Georgia.

Laporan tentang kemungkinan kembalinya pasukan Chechnya ke operasi ofensif datang di tengah intensifikasi penembakan di wilayah perbatasan Belgorod Rusia, di mana pihak berwenang mulai mengevakuasi anak-anak dari distrik Shebekino dan Graivoron.

Gubernur regional Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan di Telegram pada hari Rabu bahwa 300 anak pertama yang dievakuasi akan dibawa ke Voronezh, sebuah kota sekitar 250 km lebih jauh ke Rusia. 1.000 anak lainnya akan dipindahkan ke provinsi lain dalam beberapa hari mendatang, katanya.

“Masalah keselamatan anak-anak di dua distrik itu… sangat penting,” kata Gladkov. "Kita semua, orang dewasa, sangat khawatir."

Seorang koresponden untuk badan milik pemerintah RIA Novosti dekat Voronezh mengatakan bus telah tiba dengan sekitar 150 orang di dalamnya pada hari Rabu.

Gladkov mengatakan situasi semakin memburuk di desa Shebekino, di mana dia melaporkan lebih banyak penembakan pada siang hari yang melukai empat orang tetapi tidak menyebabkan kematian.

Gubernur pada hari Rabu juga mendesak pasukan Rusia untuk melancarkan serangan dan merebut wilayah Kharkiv Ukraina, termasuk kota Kharkiv, untuk membuat zona penyangga antara Belgorod dan Ukraina, menurut ISW.

'Situasinya cukup memprihatinkan'

Penembakan hebat di Shebekino dilaporkan pada Kamis pagi oleh sumber berita lokal. Pada hari Selasa, satu orang dilaporkan tewas dan dua lainnya luka-luka dalam serangan di sebuah pusat pengungsi di Belgorod. Beberapa depot minyak di wilayah tersebut juga terkena dampak dalam beberapa pekan terakhir.

Serangan di tanah Rusia terjadi saat Kyiv mengatakan sedang mempersiapkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Moskow.

“Situasinya cukup memprihatinkan,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Rabu tentang penembakan di Belgorod.

“Sejauh ini kami belum mendengar sepatah kata pun kecaman dari Barat,” kata Peskov tentang serangan yang berdampak pada warga sipil Rusia di wilayah tersebut.

Lebih dari setahun dalam kampanye Ukraina, Rusia telah mengalami serangan intensif di wilayahnya, dengan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh pejuang anti-Putin Rusia minggu lalu ke Belgorod dan serangan pesawat tak berawak di Moskow pada hari Selasa.

Serangan drone menghantam Moskow, menimbulkan kemarahan di Kremlin

Serangan ke Rusia dari Ukraina oleh Korps Sukarelawan Rusia (RVC) dan sekutu Legiun Kebebasan Rusia minggu lalu adalah yang terbesar sejak invasi skala penuh Rusia tahun lalu.

Kremlin juga mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka tidak mempertimbangkan penerapan darurat militer di Rusia meskipun ada serangan pesawat tak berawak di Moskow dan penembakan di wilayah perbatasan yang sedang berlangsung.

Peskov dari Kremlin mengatakan penerapan darurat militer di Rusia saat ini tidak sedang dibahas.

Menurut laporan media, Peskov bereaksi terhadap tuntutan pemimpin Chechnya Kadyrov untuk serangan yang lebih keras di Ukraina dan deklarasi darurat militer setelah serangan pesawat tak berawak di Moskow.

Peskov mengatakan keputusan seperti itu ada di Moskow dan bukan di daerah. Dia juga menyatakan keprihatinan tentang penembakan Belgorod yang sedang berlangsung.

“Tindakan sedang diambil,” kata Peskov. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X