Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
22.089 views

Tauhid Hapuskan Kesalahan

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Berbuat salah dan memiliki dosa adalah keniscayaan setiap kita sebagai hamba Allah. Karenanya, kita merendah dan merasa hina di hadapan-Nya. Serta selalu berharap ampunan dan rahmat-Nya. Inilah yang menyempurnakan penghambaan kita; selalu beristighfar (memohon ampunan) kepada-Nya.

Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dalam hadits Qudsi, Allah berfirman,

يا عبادي، إنكم تُخطِئون بالليل والنهار، وأنا أغفر الذنوب جميعًا، فاستغفروني أَغْفِرْ لكم

Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian melakukan kesalahan di malam dan siang hari, dan Aku mengampuni seluruh dosa, maka mintalah ampunan kepadaKu nisacaya Aku ampuni kalian.” (HR. Muslim)

Dalam hadits lain disebutkan, jika manusia tidak lagi berbuat dosa maka akan dilenyapkan dari dunia ini dan didatangkan manusia pengganti yang akan mengerjakan dosa lalu meminta ampun kepada-Nya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

والذي نفسي بيده، لو لم تُذنِبوا لذهب الله بكم، ولجاء بقومٍ يُذنِبون، فيستغفرون الله فيغفر لهم

Demi Dzat yang Jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya kalian tidak berbuat dosa niscaya Allah akan lenyapkan kalian dan mendatangkan kaum lain yang akan berbuat dosa lalu mereka meminta ampunan (istighfar) kepada Allah dan Allah mengampuni mereka.” (HR. Muslim)

Dampak Buruk Dosa

Sesungguhnya dosa memiliki dampak buruk yang sangat banyak. “Tidak mengetahui detailnya kecuali Allah Subhanahu wa Ta'ala,” kata Ibnul Qayyim dalam Al-Daa’ wa Al-Dawa’.

Dosa menimbulkan keburukan dan kecelakaan pada hati dan fisik; di dunia dan akhirat. Dosa menyebabkan hamba diharamkan mendapatkan apa-apa yang bermanfaat dan bermaslahat untuknya. Sebaliknya, dosa menyebabkan diri tertimpa berbagai bahaya dan keburukan. Dan tidaklah satu umat terdahulu dibinasakan lalu diancam siksa berat di akhirat kecuali karena dosa-dosanya. Siapa yang mengetahui dampak buruk dosa maka ia akan waspada dan menjauhinya. Jika telah mengerjakannya maka akan bersungguh-sungguh menyucikan diri darinya.

Tentu cara paling simple mendapatkan ampunan adalah dengan beristighfar dan bertaubat. Perlu dicatat, bahwa istighfar dan taubat itu tidak akan berguna kecuali pelakunya bertauhid dan menjauhi syirik.

Tauhid adalah sebab pokok untuk seseorang mendapatkan ampunan. Sebaliknya, syirik (menyekutukan Allah dengan selain-Nya) mengharamkan pelakunya dari mendapatkan ampunan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.  Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS. Al-Nisa': 48)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan tentang makna ayat ini, “kemudian Allah Ta’ala mengabarkan bahwa Dia tidak akan mengampuni dosa syirik bagi hamba yang berjumpa dengan-Nya dalam kondisi menyekutukan Allah dengan selain-Nya. Dan Allah akan mengampuni (jika menghendaki) dosa-dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendaki oleh-Nya dari hamba-hamba-Nya.”

Artinya, jika seseorang berjumpa Allah dalam kondisi bertauhid dan tidak berbuat syirik maka berpotensi besar mendapatkan ampunan-Nya. [Baca: Pernah Melakukan Dosa Syirik, Masih Ada Harapan Diampuni?]

Kabar gembira juga datang dari hadits Qudsi, Allah Ta’ala berfirman,

يَا ابْنَ آَدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِيْ بِقُرَابِ الأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لقِيْتَنِيْ لاَتُشْرِكُ بِيْ شَيْئَاً لأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغفِرَةً

Wahai anak Adam seandainya engkau menghadap kepada–Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi kemudian engkau berjumpa dengan–Ku dalam keadaan tidak menyekutukanKu dengan sesuatu apapun, niscaya Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Al-Tirmidzi dan beliau menghassankannya)

Siapa saja yang memurnikan tauhid untuk Allah akan memperoleh hasil berupa penghapusan dosa. Yang pasti, memurnikan tauhid adalah prasyarat bagi terhapusnya dosa-dosa. (34 Amalan Penghapus Dosa, Fahd bin Abdurrahman Asy-Syuwaib: 60)

Orang-orang musyrik yang tidak beriman kepada risalah tauhid yang dibawa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tidak akan memperoleh ampunan. Karenanya, mereka akan kekal abadi di neraka dan haram masuk ke surga.

إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun." (QS. Al-Maidah: 72)

Dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu 'Anhuma mengatakan bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah bersabda kepada seorang laki-laki, “hai fulan, apakah kamu berbuat ini dan itu?” orang itu menjawab, “tidak, Demi Dzat yang tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Dia, sungguh aku tidak melakukannya.”

Lalu datang Jibril kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan memberitahukan kepada beliau, “sebenarnya dia melakukannya, dan Allah telah mengampuninya karena Dia memurnikan ucapan Laa Ilaaha Illallaah.” (HR. Al-Thahawi dalam Musykilul Atsar, no. 452)

Imam al-Thahawi rahimahullah menjelaskan, “mengenai hadits ini ada kemungkinan, seingat dia perkaranya seperti yang disumpahkannya tadi (tidak melakukannya). Tetapi mungkin dia lupa telah melakukannya. Oleh karena itu Allah menghapus dosanya dan tidak menghukumnya sera menjadikan tauhid dan ikhlasnya kepada Allah sebagai kafarat bagi perbuatan yang sebenarnya dilarang dalam agama.”

Intinya, tauhid adalah prasyarat utama untuk mendapatkan ampunan Allah dan penghapusan untuk kesalahan hamba. Bertauhid dan menjauhi syirik menyebabkan seseorang diampuni dosa-dosanya. Sebaliknya, syirik menjadi sebab seseorang diharamkan mendapat ampunan. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X