Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.663 views

Renungan: Hijrah Masa Kini

MOMENTUM tahun baru Islam 1441 Hijriyah merupakan tonggak perbaikan diri, masyarakat dan negara. Melakukan renungan (muhasabah) tentang apa yang terjadi didunia Islam saat ini.  Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini negeri-negeri muslim sedang menghadapi berbagai permasalahan yang kian runcing. Akidah umat kian lemah dengan maraknya korupsi, perzinaan, penyalah gunaan narkoba, miras.

Kualitas pendidikan menurun dengan banyaknya tawuran antar pelajar, banyaknya oknum guru yang tersandung kasus kriminal bahkan pelecehan seksual. Biaya hidup kian mahal dengan mahalnya biaya rumah sakit, bahan pokok, pendidikan. Perdamaian dunia juga terkoyak dengan terjadinya berbagai tindakan penindasan kepada kaum muslimin hampir diseluruh dunia. Palestina juga belum terbebas dari kejahatan Israel. Umat Islam juga masih terpecah belah.

Berbagai permasalahan tersebut terjadi akibat lemahnya umat Islam karena telah mengabaikan aturan Allah. Mendustakan ayat-ayat Allah. Memilah-milih syariat Allah hanya mengambil yang dirasa bermanfaat, namun tidak mau seluruh kehidupan ini diatur oleh sang Maha Pengatur yakni Allah Al-Mudabbir. Hal itulah yang menyebabkan problematika umat Islam saat ini sangatlah kompleks. Lalu kapan permasalahan ini akan berakhir? 

Permasalahan tersebut harus segera diakhiri. Tak bisa ditunda lagi. Agar kondisi umat Islam diseluruh dunia kembali dalam kedamaian dan keberkahan. Maka umat Islam harus dicetak menjadi hamba-hamba yang bertakwa agar mendapatkan berkah bukan menjadi hamba-hamba yang mendustakan ayat-ayat Allah sehingga mendatangkan murka seperti yang terjadi dimasa kini.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 96).

Ya. Untuk mengembalikan umat Islam dalam takwa maka umat Islam harus melakukan perubahan. Umat Islam harus berhijrah. Bukan berpindah dari tempat atau negara yang mengalami penindasan ke negara yang lebih tenang. Bukan pula pindah dari umat Islam yang minoritas kepada negeri umat Islam yang menjadi mayoritas. Karena pada dasarnya seluruh negeri-negeri muslim ( negara mayoritas penduduk beragama Islam ) juga mengalami berbagai problematika kehidupan yang serius. Yaitu tidak menerapkan aturan Allah dalam kehidupan dan bernegara. Maka hijrah umat Islam harus mencontoh hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah.

Sebelum itu, umat Islam harus paham tentang makna dan esensi yang terkandung dalam hijrah Rasulullah. Bahwa hijrah beliau tidak cukup dengan pindahnya beliau dari Makkah ke Madinah? Bahwa hijrah beliau bukan berhenti pada masuknya beberapa kaum kafir kepada Islam.

 

Karena sebagai umat Islam kita pasti tahu. Bahwa Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah tidak bersamaan dengan para sahabat. Namun sahabat dan kaum muslimin lebih dulu hijrah ke Madinah. Kecuali sahabat Abu Bakar Ashiddiq dan Ali bin Abi Thalib. Jika makna hijrah hanyalah cukup berpindah tempat. Tidaklah perlu Rasulullah menunggu datangnya wahyu perintah beliau untuk hijrah. Bukankah bisa saja Rasulullah ikut hijrah bersama sahabat dan kaum muslimin yang lebih dulu berhijrah?

Jika hijrahpun hanya berhenti pada masuknya kaum kafir ke dalam Islam. Tentulah Rasulullah dan kaum muslimin sudah melakukan hijrah sejak mereka memeluk Islam. Jika hijrah adalah sekedar mencari tempat yang lebih aman. Pastilah Rasulullah akan hijrah sejak awal dakwah Islam mendapat pertentangan dari kaum kafir Quraisy.

Namun Rasulullah menunggu datangnya waktu yang tepat dengan turunnya Wahyu perintah berhijrah. Dan menanti kesiapan Madinah untuk manyerahkan kepemimpinan kepada beliau. Semua itu karena dalam hijrah ada sebuah misi yang harus diemban. Dalam hijrah, ada sebuah aturan yang harus diterapkan. Ya. Makna hijrah, esensi hijrah Rasulullah adalah untuk menerapkan seluruh aturan Islam secara kaffah. Dan hal tersebut dapat dilaksanakan setelah adanya penyerahan kekuasaan penduduk Madinah kepada Rasulullah untuk menjadi pemimpin seluruh umat Islam.

Ketika sudah berhijrah ke Madinah, barulah umat Islam memiliki Daulah Islamiyyah (Negara Islam). Kemudian mereka memiliki Pusat pemerintahan yaitu Masjid. Lalu mereka juga memiliki tentara, sistem pemerintahan, hubungan luar negeri dan lainnya . Umat islam memilki Rasul sekaligus pemimpin pemerintahan (Khalifah) yang menjaga mereka.

Sebelum nya ketika masih berada di Makkah, mereka hanya memiliki tanah air tanpa memiliki kekuasaan berbentuk Daulah, mereka juga tidak memilki bala tentara, juga tidak memiliki sistem pemerintahan dan lainnya, bahkan untuk Masjid pun mereka belum memilki nya.

Keadaan umat muslim berbalik 180 derajat ketika sebelum dan sesudah Hijrah. Alasan inilah yang menjadikan peristiwa Hijrah selalu dikenang oleh Kaum Muslimin, baik Muhajirin maupun Anshar. Serta dengan alasan inilah yang menjadikan bahwa Hijrah itu sangat penting dalam perjalanan dakwah Rasulullah. Inilah makna hijrah Nabi. Hijrah sejati yakni hijrah menuju perubahan hakiki dengan tegaknya Daulah Madinah Al Munawwarah.

Dan kita, sebagai umat Islam wajib meneladani hijrah Rasulullah. Dengan memahami esensi hijrah Nabi, bukan sekedar berpindah tempat. Maka hijrah masa kini adalah dengan mencampakkan cara hidup sekuler kapitalis dan merubahnya dengan menerapkan aturan Islam secara kaffah ( total ).

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 208).

Semoga bulan Muharram tahun ini, 1441 H menjadi tonggak kelahiran umat Islam yang memiliki negara agar aturan Allah dapat diterapkan secara kaffah sehingga seluruh dunia mendapat rahmat dan berkah. In syaa Allah.*

Nusaibah Al Khanza

Pemerhati Masalah Sosial

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Dapur Darurat: Berbagi Makanan untuk Isoman Penyintas Covid. Ayo Bantu..!!!

Lonjakan Covid meningkat tajam, Indonesia menempati nomor 1 di dunia dalam kasus harian dan kematian. Para penyintas Corona yang jalani isolasi butuh uluran tangan. Mari berbagi makanan siap...

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Latest News
Grogi Denny Siregar

Grogi Denny Siregar

Kamis, 05 Aug 2021 23:50

China Gerah Istana Gelisah?

China Gerah Istana Gelisah?

Kamis, 05 Aug 2021 21:48

Gubernur Anies Ingin Kesejahteraan Mustahik Terjamin Selama Masa Pandemi

Gubernur Anies Ingin Kesejahteraan Mustahik Terjamin Selama Masa Pandemi

Kamis, 05 Aug 2021 21:20

Ulama Pemerintah Mesir Samakan Keputusan Sisi Untuk Menaikan Harga Roti Subsidi Dengan Hukum Tuhan

Ulama Pemerintah Mesir Samakan Keputusan Sisi Untuk Menaikan Harga Roti Subsidi Dengan Hukum Tuhan

Kamis, 05 Aug 2021 21:15

Pejabat: Israel Pertahankan Kontak Dengan Hampir Semua Negara Arab Selama 20 Tahun Terakhir

Pejabat: Israel Pertahankan Kontak Dengan Hampir Semua Negara Arab Selama 20 Tahun Terakhir

Kamis, 05 Aug 2021 20:50

Hadiri Undangan FGD Kemensos, Legislator PKS Cecar Mensos Soal Bansos PPKM

Hadiri Undangan FGD Kemensos, Legislator PKS Cecar Mensos Soal Bansos PPKM

Kamis, 05 Aug 2021 20:48

Saudi Tahan 60 Orang Karena Langgar Aturan Karantina

Saudi Tahan 60 Orang Karena Langgar Aturan Karantina

Kamis, 05 Aug 2021 20:13

Covid dan Bertapa 40 Hari

Covid dan Bertapa 40 Hari

Kamis, 05 Aug 2021 19:46

BSI dan Rumah Zakat Salurkan Paket Sembako untuk Warga Isoman

BSI dan Rumah Zakat Salurkan Paket Sembako untuk Warga Isoman

Kamis, 05 Aug 2021 19:45

'Garuda Shiel' Antisipasi 'Dragon Shield'?

'Garuda Shiel' Antisipasi 'Dragon Shield'?

Kamis, 05 Aug 2021 17:43

Rakyat Butuh Sehat, Bukan Cat Pesawat, Mosok Gitu Aja Ga Ngerti Sih!!!

Rakyat Butuh Sehat, Bukan Cat Pesawat, Mosok Gitu Aja Ga Ngerti Sih!!!

Kamis, 05 Aug 2021 16:15

Menteri Agama Kacau

Menteri Agama Kacau

Kamis, 05 Aug 2021 15:41

Tenangkan Hati di Tengah Pandemi dengan Memperbanyak Zikir

Tenangkan Hati di Tengah Pandemi dengan Memperbanyak Zikir

Kamis, 05 Aug 2021 14:46

Presiden Main Sandiwara

Presiden Main Sandiwara

Kamis, 05 Aug 2021 13:19

Parah, Anggota Dewan Isoman di Hotel!

Parah, Anggota Dewan Isoman di Hotel!

Kamis, 05 Aug 2021 13:14

Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Legislator: Lebih Baik Anggarannya untuk Bantu Daerah Rawan Pangan

Pengecatan Pesawat Kepresidenan, Legislator: Lebih Baik Anggarannya untuk Bantu Daerah Rawan Pangan

Kamis, 05 Aug 2021 13:09

Rakyat Malas

Rakyat Malas

Kamis, 05 Aug 2021 11:16

Minimnya Empati Pejabat di Masa PPKM

Minimnya Empati Pejabat di Masa PPKM

Kamis, 05 Aug 2021 11:03

 Ruhul Jihad Asy-Syahid KH. Zainal Musthafa (Bagian 2-Selesai)

Ruhul Jihad Asy-Syahid KH. Zainal Musthafa (Bagian 2-Selesai)

Kamis, 05 Aug 2021 10:57

Di Surga Bersama yang Dicintai

Di Surga Bersama yang Dicintai

Kamis, 05 Aug 2021 08:06


MUI

Must Read!
X