Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.311 views

Ayah, Sosok Tegar yang Layak Mendapatkan Surga

 

Oleh: Mira Delvianti, S.Pd.I

Seorang ayah berperan sebagai kepala dalam keluarga. Ia akan memikirkan berbagai cara untuk memenuhi segala kebutuhan anggota rumah yang berada dalam tanggungannya, karena itu tanggung jawabnya.

Ia lakukan semua itu dengan cinta dan kasih sayang, tak peduli siang maupun malam. Tak masalah derasnya hujan maupun teriknya panas. Bahkan ketika sakit pun masih rela mengupayakan, asalkan keluarganya tidak ada yang kelaparan.

Terlebih lagi dalam masa sekarang ini, sangat sulit mendapatkan rezeki untuk memenuhi kebutuhan. Seorang ayah dalam bekerja, kadang rela kaki jadi kepala dan kepala jadi kaki. Karena tuntutan ekonomi, banting tulang terpaksa harus dilakukan.

Bagi sebagian ayah dengan pekerjaan tetap dan bergaji tinggi, mungkin tidak mengalami hal seperti ini. Tapi bagaimana dengan ayah yang bekerja sebagai kuli bangunan, pedagang keliling dan kaki lima, nelayan dan petani?

Mereka berusaha mencukupi kebutuhan seperti sandang, pangan, papan hingga pendidikan, semampunya. Sekalipun nyawa dan harga diri jadi taruhan, demi keluarga tetap diupayakan selagi itu halal dan Allah ridhai.  Tak peduli sekeras apapun upaya mencari sesuap nasi, para kepala keluarga ini mempunyai harapan agar sang buah hati menjadi orang sukses dan berpendidikan tinggi.

Kondisi ini mesti direnungi oleh setiap anak dan wajib jadi wejangan sehari-hari, agar tidak menjadi anak durhaka atas perjuangan yang telah dikorbankan oleh sang ayah. Meskipun ayah tidak mengandung, melahirkan dan menyusui kita secara langsung, tapi dalam diri setiap anak terkandung tetesan darah dan keringat seorang ayah.

Berbaktilah pada ayah dan ibu dengan keshalihanmu, sebagai wujud bakti cintamu sebagai seorang anak. Buatlah mereka menangis haru dan bangga karena bahagia akan semangat serta kegigihanmu dalam upaya membentuk keimanan dan ketakwaan. Karena itu akan jadi tiket surga yang bisa kamu beri pada mereka. 

Terkhusus untuk anak perempuan para kepala keluarga itu. Ada perintah pada diri untuk menutupi tubuh dan aurat dengan kewajiban mengenakan kerudung dan jilbab. Hiasilah kecantikan diri dengan balutan hijab yang menjadi bukti ta'at pada Rabb dan bukti cinta pada ayah.

Maka dari itu wahai kalian yang berstatus anak!

Jangan biarkan mereka bersedih karena kesombongan kita pada mereka. Dan jangan membuat mereka terseret ke neraka, ulah akibat kelemahan kita dalam menjalankan syariat-Nya.

Sungguh sangat disayangkan jika seorang ayah telah berjuang sekuat tenaga untuk anak yang dicintai, tapi balasan yang diberi, justru membuat mereka sakit hati akan sikap dan ketidaksopananmu.

Allah SWT berfirman dalam Surah Al Israa Ayat 23 :

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

“Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan.”

Bersabarlah atas kekurangan mereka. Berbaktilah sekuat tenaga. Ajak mereka bersama dalam keta'atan. Walau emas dan permata yang kau berikan untuk membalas atas segala jasa, maka tak akan mampu menandingi curahan upaya mereka kepadamu.

Walhasil, dengan keshalihanmu pada agama dan keta'atanmu pada Ilahi, ada surga yang tersimpan. Allah akan berikan surga itu pada ibu dan ayahmu di kemudian hari.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

"Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil". Wallahu a'lam bi ash-shawwab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X