Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.496 views

Mencari Calon Suami; Baik pada Ibu, akankah Baik pada Istri?

 

Oleh: Ameena N

Pernah mendengar soal pernyataan bahwa laki-laki yang sayang dengan ibunya itu pasti sayang dengan istrinya? Seringnya yang mengatakan hal tersebut adalah ibu-ibu yang sedang mencari calon menantu bagi anak perempuannya. Mereka membujuk anak perempuannya agar menyaring calon suami dengan kriteria standar tersebut.  

Sayangnya, setelah perceraian pasangan selebriti Ria Ricis dan Teuku Ryan terjadi, standar tersebut langsung diragukan dan invalid. Ria Ricis yang awalnya disebut-sebut memilih Teuku Ryan sebagai suami lantaran mengagumi perilakunya terhadap ibunya, berakhir mengakhiri pernikahan mereka karena perilaku Teuku Ryan terhadap ibunya juga. Dia merasa bahwa mantan suaminya tersebut terlalu memprioritaskan ibunya dibandingkan dirinya.

Hal ini menuai banyak sekali diskusi di jagat maya soal manakah yang lebih harus diutamakan, apakah ibu dulu atau istri dulu. Padahal dalam Islam pun sudah jelas, keduanya adalah prioritas utama. Laki-laki mengemban amanah sebagai anak, lalu memilih mengambil amanah sebagai seorang suami, lalu ayah. Tidak ada peringkat dalam keutamaan dari ketiganya, karena ketiganya adalah sama-sama besar tanggung jawabnya.

“Kami memerintahkan manusia (untuk berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah kepayahan dan menyapihnya pada dua tahun. ‘Bersyukurlah kepadaKu dan kedua orangtuamu. Hanya kepadaKu tempat kembalimu.’” (QS. Luqman: 14)

“Takutlah kepada Allah perihal perempuan karena kalian mengambil mereka dengan amanat Allah dan menghalalkan farji mereka dengan kalimatNya... Kalian berkewajiban memberi makan dan pakaian secara baik.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Memilih calon suami dengan standar sederhana bahwa jika seorang laki-laki berperilaku baik pada ibunya maka ia akan berperilaku baik pada istrinya adalah dangkal. Mengapa? Karena memang kehidupan pernikahan itu tidak sesederhana itu. Buktinya, banyak juga anak laki-laki yang memperlakukan ibunya dengan baik itu justru ketika sudah menikah, memiliki istri dan anak, masih bingung dengan prioritasnya. Yang dia tahu hanya memprioritaskan ibunya. Selain ibunya, dia sama sekali tidak tahu harus meletakkan istri dan anaknya di skala prioritas yang mana.

Belum lagi jika kebetulan sekali ibunya itu tipe ibu yang sangat berlebihan dalam memperhatikan anaknya sehingga menantunya seringkali ditindas demi mementingkan kebahagiaan anak laki-lakinya. Sedangkan anak laki-lakinya, bukannya dengan bijak mendamaikan keadaan antara ibu dan istrinya, malah lebih membela ibunya. Di sisi lain ibunya juga salah karena memojokkan istrinya demi dia. Yang terakhir ini bahkan lebih sering terjadi.

Walau tidak semua kasus seperti itu, namun tidak ada salahnya berhati-hati dan tidak menyepelekan pernikahan hanya karena standar yang rendah seperti itu. Sekali lagi, pernikahan itu kompleks. Tidak hanya membutuhkan laki-laki yang paham bagaimana cara berbakti pada ibunya, tapi juga paham bagaimana membimbing istri dan anaknya. Karena bagaimana pun, keluarga barunya adalah tanggung jawab terbesarnya.

Begitu pula bagi ibu dari anak laki-laki yang kelak akan menikahi anak perempuan orang. Ingat bahwasannya kebahagiaan dari menantu itu juga penting. Alih-alih keras pada menantu perempuan kalian, keraslah pada anak laki-laki kalian. Karena dia adalah pemimpin dan pembimbing bagi istrinya. Jika istrinya salah, yang harus ditegur pertama kali justru anak laki-laki kalian terlebih dahulu.

Dan untuk para perempuan yang nantinya akan menikah, pilihlah laki-laki karena agama dan ibadahnya yang bagus. Itu adalah standar paling minimal. Dan jangan lupa pula bercermin pada kita sendiri. Apakah kita sudah layak mendampingi calon suami yang kita impikan atau tidak. Karena bagaimana pun, jodoh adalah cerminan dari nilai diri kita. Wallahua’lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Muslimah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X