Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.007 views

Mengenal Ulama yang Tersembunyi; Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz Al Jibrin

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-keluarga dan para sahabatnya.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqqash Radhiyallahu 'Anhu ia berkata, aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ التَّقِيَّ الْغَنِيَّ الخَفِيَّ

Sesungguhnya Allāh mencintai seorang hamba yang bertakwa , yang merasa cukup, dan yang rajin beribadah secara diam-diam (tersembunyi).” (HR. Muslim)

Maksud al-Khafiy adalah orang yang berusaha menjauhkan dirinya dari pandangan manusia, dia tidak ingin riya’ dan sum’ah. Orang yang tidak mencari popularitas dan penilaian manusia. Dia terus beramal untuk kemashlahatan dirinya dan orang lain dengan ikhlas.

Diriwayatkan al-Imam al-Bukhari dalam Shahihnya, hadits dari Sahal Radhiyallahu 'Anhu, ada seseorang berjalan bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Kemudian beliau bertanya kepadanya tentang orang miskin yang dilaluinya. “Apa komentarmu terhadap orang ini?” tanya beliau.

Dia menjawab, “Ini orang pantasnya bila meminang akan ditolak, jika memberi rekomendasi tak akan digubris, dan bila berbicara niscaya ia tidak didengarkan."

Maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

هَذَا خَيْرٌ مِنْ مِلْءِ الْأَرْضِ مِثْلَ هَذَا

"Sesungguhnya orang ini lebih baik daripada seluruh kekayaan dunia yang seperti ini."

Contoh laki-laki yang bertakwa, berkecukupan, dan tersembunyi dalam beramal ini di abad ini –salah satunya sebagaimana yang kami ketahui- adalah Al Allamah Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz Al Jibrin Rahimahullah Ta’ala.

Berdasar catatan Ustadz Muizz Abu Turob –hafidzahullahu ta’ala- beliau bukan Syaikh Jibrin yang biasa dibicarakan para penuntut ilmu, meskipun hampir sama namanya, karena memang satu marga.

Beliaulah penulis Syarah Umdatul Fiqh 3 jilid, dan Tashil Al Fiqh 12 jilid. Bagi sebagian orang, mungkin beliau pribadi yang tidak begitu tenar, karena memang beliau tidak ingin tenar.

Sebagian kalangan mengenal beliau sebagai seorang profesor fiqih, banyak melakukan penelitian, dan akademisi yang handal.

Namun ternyata, beliau memiliki kegiatan dakwah yang tak banyak diketahui orang, kecuali setelah wafatnya. Sebab beliau sangat menjaga keikhlasan dan pandai menyembunyikan amal shalihnya.

Beliau telah membangun 75 masjid dan menanggung kehidupan 115 dai.

Beliau membangun madrasah di selatan Ethiopia sejak 9 tahun yang lalu dan telah lulus darinya 133 murid yang mayoritas menjadi dai dan Imam masjid.

Beliau juga telah membuat 144 sumur di berbagai lokasi. Membantu banyak orang untuk pembiayaan berangkat haji. Memberangkatkan para dai untuk dakwah di daerah-daerah non muslim, hingga yang masuk Islam telah mencapai 11000 orang.

Beliau juga penulis modul kurikulum untuk berbagai madrasah di banyak daerah di Saudi.

Itu data dari buku yang diterbitkan 2 tahun lalu, tentu sekarang bertambah.

Masya Allah, ini amal shalih yang tercatat dan diketahui, tentunya yang tak diketahui lebih banyak lagi.

Demikianlah para Ulama selalu mengajari kita untuk aktif memperjuangkan Islam, sekaligus ikhlas di dalamnya.

Sudah berapa lama dan banyak perjuanganmu untuk agamamu? Kita tanya diri kita. [PurWD/voa-islam.com]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X