Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.291 views

Peduli UMKM, Hima PERSIS Ciputat Gelar Diskusi Strategi UMKM Menghadapi Ancaman Inflasi

JAKARTA (voa-islam.com) - Pimpinan Daerah Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PD Hima PERSIS) Ciputat, bekerja sama dengan Qurban Asyik dan tokokeramik.id, menyelenggarakan Webinar Ekonomi Kerakyatan yang bertajuk "Strategi UMKM Menghadapi Ancaman Inflasi", Ahad (24/04), secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Topik tersebut dinilai sangat penting sebagai respons kondisi ekonomi yang mengancam UMKM, mengingat kondisi saat ini harga bahan pokok yang meninggi. Sehingga, diharapkan acara ini bisa memberikan sudut pandang para pelaku UMKM dalam menyikapi kondisi saat ini.

Webinar tersebut dihadiri empat pemateri inspiratif, yaitu Adam Rahmatulloh (Ketua DPD KNPI Tanggerang Selatan), Ceceng Kholilulloh (Komisaris PT Cesar Niaga Semesta), Fauzan Nasrullah (CEO Qurban Asyik) dan Fahkrizal Lukman (CEO tokokeramik.id). Tiga dari pemateri tersebut merupakan pelaku usaha, dan satu pemateri lagi merupakan tokoh pemuda Tangerang Selatan.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi, diawali dengan pemaparan dari masing-masing pemateri dan diakhiri dengan sesi diskusi. Sebelum membahas persoalan inti, keempat pemateri membagikan pengalaman dan pandangannya terkait situasi dan kondisi ekonomi secara umum.

Keempat pemateri memaparkan strategi yang beragam dalam menanggapi isu ancaman inflasi sehingga membuat peserta webinar menjadi antusias, dan diskusi menjadi lebih atraktif. 

Adam Rahmatulloh dalam paparannya menekankan bahwa UMKM harus cerdas dalam melihat peluang usaha dan mengedepankan inovasi. Sementara itu, Ceceng Kholilulloh menyampaikan bagaimana pengalamannya membangun usaha yang tahan banting dari inflasi dengan notabene pasar yang segmented.

Adapun Fauzan Nasrullah membagikan lima strategi UMKM dalam menghadapi inflasi. Pertama, analisis pasar. Kedua, efisiensi biaya produksi. Ketiga, fleksibilitas dan inovasi. Keempat, menghindari biaya penyimpanan.

“Dan kelima, menaikkan harga produk,” paparnya seperti dikutip dari laman persis.or.id.

Kemudian, CEO tokokeramik.id Fakhrizal Lukman menekankan ICT Literacy untuk pegiat UMKM, serta mendorong kebijakan moneter dan fiskal pemerintah yang tepat sasaran. 

Ia juga memaparkan data yang dirilis oleh Bank Indonesia, bahwa persentase kontribusi UMKM terhadap PDB sebesar 61,1%, terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 97,1%, dan ekspor sebesar 14,4%. Artinya, kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa sangatlah besar dan penting.

"UMKM adalah tiang penyangga pertumbuhan ekonomi Indonesia yang harus selalu diperhatikan, diskusi kali ini adalah bagian dari perhatian pelaku UMKM terhadap kondisi ekonomi Indonesia," pungkas Fakhrizal Lukman.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X