Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.101 views

Turki Akan Kerahkan Batalion Komando Ke Kosovo Utara Untuk Bantu NATO

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki bersiap untuk mengirim batalion komando ke Kosovo utara sebagai tanggapan atas permintaan NATO untuk bala bantuan pasukan untuk membantu mengekang kerusuhan kekerasan, setelah militan Serbia melukai 30 tentara internasional.

Pada hari Senin pekan ini, etnis Serbia di Kosovo bentrok dengan pasukan dari Pasukan Kosovo NATO (KFOR), melukai 11 tentara Italia dan 19 Hongaria melalui bentrokan dan penggunaan alat pembakar bahan peledak improvisasi yang menyebabkan patah tulang dan luka bakar. Dilaporkan juga ada peluru tajam yang ditembakkan ke pasukan penjaga perdamaian selama insiden tersebut.

Bentrokan terjadi setelah konfrontasi oleh orang Serbia yang berusaha untuk memblokir pejabat etnik Albania yang baru terpilih untuk menduduki jabatan di daerah tersebut, menambah ketegangan yang telah meningkat di Kosovo utara selama setahun terakhir.

Dalam pernyataan pers yang diposting di akun Twitter resminya, Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa Ankara mengikuti dengan cermat perkembangan di wilayah Balkan "di mana kami memiliki nilai sejarah dan budaya yang sama," dan mendesak "pengekangan dan dialog untuk menyelesaikan perkembangan ini di Kosovo utara yang membahayakan keamanan dan stabilitas regional."

Menanggapi permintaan dari Komando Pasukan Gabungan Naples NATO, pernyataan Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan bahwa batalyon komando akan bergabung dengan misi aliansi penjaga perdamaian KFOR sebagai unit cadangan, di mana ia akan dikerahkan ke Barak Sultan Murat di Kosovo hari ini dan Senin.

Menurut kementerian, pasukan Turki yang menuju ke Kosovo akan berjumlah sekitar 500, menambah sekitar 350 tentara Turki yang saat ini sudah berada di total kekuatan KFOR hampir 3.800. Pengerahan itu tampaknya merupakan bagian dari pengumuman NATO pada hari Selasa bahwa mereka akan memperkuat kehadirannya di daerah itu dengan 700 tentara lagi.

Langkah Ankara dipandang sebagai representasi terbaru dari peran Turkiye yang semakin menonjol di Balkan dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada saat Amerika Serikat – pendukung kemerdekaan bersejarah Kosovo – telah berbalik melawan pemerintah Kosovo dengan mengumumkan sanksi atas tindakan mereka mencoba untuk mengambil kendali bangunan kota dan pemerintah di utara wilayahnya.

Washington menuduh Pristina memicu ketegangan melalui upaya tersebut, karena wilayah utara Kosovo didominasi oleh etnis Serbia berbeda dengan bagian lain negara yang didominasi oleh Albania dan Muslim.

Meskipun telah mengkritik dan memberi sanksi kepada Kosovo, AS telah menghindari mengkritik Serbia karena perannya dalam ketegangan, dalam kebijakan yang menurut banyak analis adalah taktik untuk menjaga Beograd agar tidak tergelincir lebih jauh ke sisi Rusia – sekutu dekat dan hegemon tradisionalnya – untuk membendung dukungan Serbia untuk invasi Moskow yang sedang berlangsung ke Ukraina dan pengaruh regional yang lebih luas.

Namun, banyak orang Kosovo dan kritikus AS menuduh sanksi terhadap Pristina hanya sebagai hukuman karena gagal menjalankan proses pengambilan keputusan Kosovo melalui Washington terlebih dahulu. (MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X