Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.892 views

Kiai Lutfi tentang Mati, ''Yang Penting Akhir Perkataan Kite Laa Ilaaha Illallah''

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Mati adalah pasti. Setiap yang hidup pasti akan mati. Hanya Allah, Dzat Maha Hdup yang tak akan mati. Selain-Nya pasti akan mati. Waktu, tempat, dan sebab mati tidak ada yang tahu kecuali Allah saja.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (QS. Ali Imran: 185)

Soal cara meninggal, Allah yang menentukan. Waktunya tidak bisa ditunda-tunda. Kita tidak bisa memilih. “Ada yang caranya jatuh, ada yang caranya tabrakan, ada yang caranya jantungan, ada yang caranya covid-an,” tutur Dr. Kh. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc, MA di salah satu kajian umumnya.

Yang terpenting adalah akhir perkataan kita saat meninggal bisa mengucapkan kalimat thoyyibah “Laa Ilaaha Illallah.”

“Yang penting kan, akhir perkataan kite, kite bisa ngucap Laa Ilaaha Illallaah, Muhammadur Rasulullah, kite meninggal dalam keadaan mukmin, muslim, muttaqin,” tutur Kiai Lutfi.

Seperti yang telah tersiar, Pakar Hadits dari Betawi, Dr. Kh. Ahmad Lutfi Fathullah, Lc, MA wafat pada Ahad, Pukul 18.22 Ba’da Maghrib, Kemarin (11 Juli 2021).

Kiai Lutfi –panggilan akrabnya- wafat sekitar satu jam setelah zoom dzikir dan doa bersama yang diikuti puluhan hingga ratusan tokoh dan ulama.

Mengenang sosok KH. Ahmad Lutfi Fathullah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan bahwa "Pernah liat masjid megah di Jalan Gatot Subroto, dekat jalan tembus ke Mega Kuningan? Namanya Masjid Baitul Mughni," tulis Anies dalam akun Instagramnya.

Masjid tersebut awalnya didirikan oleh Guru Mughni dengan nama lengkapnya KH. Abdul Mugni. Beliau adalah salah satu ulama paling terkenal di masanya. Dan menjadi sebuah tempat yang sangat tersohor serta legendaris di tanah Betawi ini.

"Cucu Guru Mughni yaitu KH. Lutfi bin Fathullah bin Abdul Mughni merupakan ahli hadits yang wawasannya sangat luas, pengetahuannya amat dalam dan sangat melek iptek," jelas Anies Baswedan, seperti yang dilansir detik.com.

Anies juga menambahkan KH. Lutfi juga inovatif, ia membuat berbagai macam aplikasi penunjang belajar agama dan untuk kegiatan ibadah. KH. Luthfi juga dikenal sebagai Direktur Pusat Kajian Hadits Jakarta. Seorang ustadz, mubaligh yang sangat alim, sangat energik dan dinamis.

Sejak tahun 2019, KH. Lutfi memegang amanah sebagai Ketua Basnas-Bazis DKI Jakarta, yang dalam kepemimpinannya amat banyak membuat terobosan dan menggelarluaskan manfaat yang luar biasa pada kaum dhuafa dan anak-anak yatim di Jakarta.

"Selama pandemi beliau luar biasa aktif membantu meringankan beban begitu banyak orang," tulis Anies Baswedan.

Kita doakan untuk beliau, semoga Allah mengampuni dan merahmati beliau serta mengumpulkannya di surga bersama orang-orang shalih. Amiin, [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X